Waspada dengan Pencuri Waktu Anda ditempat Kerja

Waspada dengan Pencuri Waktu Anda ditempat Kerja
Waspada dengan Pencuri Waktu Anda ditempat Kerja

Pekerjaan yang menumpuk tidak selalu mengambil waktu kerja Anda lebih banyak dibandingkan pekerjaan yang sedikit. Kemampuan dan ketrampilan Anda dalam pengelolaan waktulah yang menjadi pertaruhan selesai atau tidaknya sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang sudah disiapkan dengan matang akan cenderung lebih efektif dan efisien dibandingkan pekerjaan dadakan tanpa dasar tata kelola yang baik. Sebagai profesional yang dituntut untuk mampu tepat waktu, maka perlu diwaspadai adanya pencuri waktu ditempat kerja Anda. Apa saja yang berpotensi menggagalkan pencapaian harian Anda dalam pekerjaan, berikut ulasannya.

1.  Interupsi

Tidak salah memang rekan kerja datang ke meja Anda dan meminta bantuan, atau sekedar mengajak diskusi. Interupsi mungkin sesuatu hal yang sulit dihindari, semisal lainnya yaitu telepon, email atau berkas-berkas kertas. Namun demikian dengan Anda masih dapat meminimalisir potensi kehilangan waktu berharga dari adanya interupsi ini jika mampu melakukan perencanaan harian yang lebih matang.

2.  Pengaturan Diri yang Lemah

Jika Anda mendapati pekerjaan yang berserakan atau overload, maka segera benahilah kondisi tersebut. Semakin Anda sulit mengorganisir pekerjaan, akan semakin banyak waktu yang terbuang. Sebaliknya jika Anda mampu mengatur diri lebih baik, maka pekerjaan akan makin efektif dan efisien.

3.  Perencanaan yang Buruk

Pekerjaan yang baik selalu diawali dengan sebuah perencanaan yang baik pula. Meskipun seseorang profesional sejati dapat melakukan persiapan singkat namun efektif karena pengalaman kerjanya. Namun demikian, sejatinya seorang pekerja akan mempersiapkan diri untuk pekerjaan jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang apapun jenis pekerjaannya. Cara membuat rencana yang baik sudah populer dikenal dengan istilah SMART, dan pada perkembangannya menjadi SMARTERS – Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely, Evaluate, Rewarding, Strategic.

4.  Hilang Fokus dan Motivasi

Untuk menghindari kehilangan waktu dalam pekerjaan Anda, maka segeral selesaikan pekerjaan satu per satu dan konsisten. Hindari mengerjakan pekerjaan secara bersamaan, atau bergantian. Multitasking berpotensi mengganggu konsentrasi dan fokus Anda, dan pastinya mengurangi efisiensi waktu atau sumber daya lainnya.

5.  Mengerjakan yang Bukan Pekerjaan

Kehilangan waktu lainnya yang sering terjadi adalah Anda mengerjakan pekerjaan yang bukan seharusnya. Rasanya tidak aneh jika Anda menolak permintaan seseorang terutama jika loading kerja Anda cukup tinggi. Cara menolak dengan elegan dapat dilakukan menggunakan metode UNER – Understand, No, Explain, Recommend.

6.  Menunda Pekerjaan

Pastinya penundaan lebih berdampak negatif dibanding manfaatnya. Jika Anda menunda pekerjaan karena perlu berpikir lebih jernih dan lebih mendalam, maka lakukanlah. Namun jika Anda menunda pekerjaan karena dateline yang masih cukup lama, maka jangan lakukan. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada pekerjaan saat ini, dan jika dilakukan penundaan, akan terjadi potensi penumpukkan tugas pada waktu yang akan datang.

Pencuri waktu bisa datang kapan saja, dan dimana saja. Yang terpenting sebagai profesional Anda mampu mengelola pekerjaan seefektif mungkin, sehingga pencuri waktu yang muncul tiba-tiba tidak akan berdampak dominan pada kinerja Anda.

Leave a Reply