Uang adalah Penting namun Kebahagiaan Anda jauh lebih Utama

kebahagiaan jangka panjangDalam bekerja tidak dapat dipungkiri tujuan akhirnya adalah memiliki uang atau memperoleh materi yang diimpikan. Uang dapat membeli apapun yang Anda inginkan, dan tidak jarang Anda berpindah pekerjaan demi penghasilan (baca : uang) lebih banyak, meski alih-alih Anda berkata bahwa semua demi karir, profesi atau aktualisasi diri. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa uang adalah penting, dan Anda akan berusaha menggapai prestasi demi “uang” lebih banyak.

Menilik lebih jauh mengenai uang yang Anda incar, bahkan Anda rela berganti pekerjaan setiap dua atau tiga tahun sekali demi pendapatan atau penghasilan lebih, apakah Anda memang hanya mencari uang yang lebih banyak ataukah Anda mencari kebahagiaan dalam bekerja dan dalam kehidupan.

Tanpa mengesampingkan arti uang, karena memang uang itu penting, Anda sebenarnya sangat ingin menjadi pribadi yang bermanfaat dan berguna, dan mendapatkan kebahagiaan dari apa yang Anda kerjakan. Yaitu: Kebahagiaan karena Anda dapat memberikan sebagian “uang” kepada orang tua, membelanjakan “uang” untuk kesenangan anak-anak, atau menghabiskan “uang” demi cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Uang adalah penting, namun kebahagiaan Anda jauh lebih utama, dan uang harus membantu Anda meraihnya. Hasil survey mengatakan bahwa lebih dari 93% orang mengatakan bahwa mereka sangat ingin pekerjaannya terkait langsung dengan kesenangan pribadi.

1.  Kebahagiaan Berdampak dalam Jangka Panjang

Saat Anda membeli sepatu baru, atau baju model terbaru, perasaan Anda akan sangat bergairah dan senang. Anda akan merasakan kebahagiaan setelah memakainya, namun apakah Anda merasakan kebahagiaan selama seminggu penuh dengan pakaian baru tersebut? Tentunya Anda yakin bahwa kesenangan karena barang baru hanya berlangsung sesaat. Kebahagiaan jangka panjang tidak terjadi dengan uang Anda, namun terjadi pada diri Anda. Saat dimana Anda tengah bercengkrama dengan anak-anak, atau saat Anda tengah bersenda gurau dengan pasangan, atau saat Anda tengah menghabiskan waktu bersama teman lama. Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan uang dan kebahagiaan adalah kesenangan mental dan jiwa yang diperoleh dengan memasukan banyak memori indah kedalam diri Anda. Semakin sering Anda mengisi pikiran dengan hal-hal yang positif, dan pastinya tidak harus dengan materi, akan semakin panjang dampak bahagia bagi Anda. Rumah baru adalah sesuatu yang “penting” dan dapat membahagiakan, namun apakah Anda akan bahagia jika melarang anak-anak bermain di kursi tamu atau berlarian di dalam rumah, karena takut dengan rumah baru menjadi berantakan atau ada barang yang jatuh karenanya. Kebahagiaan Anda terletak pada kebersamaan dan kedekatan bersama orang-orang yang Anda cintai, dan barang baru hanya pelengkap rasa kebahagiaan tersebut.

2.  Kebahagiaan Memperbaiki Kondisi Fisik

Jika Anda bekerja hanya demi penghasilan, maka secara fisik Anda akan menguras energi lebih dari 8 jam sehari, bahkan waktu diakhir pekan dapat kerja tambahan yang mengorbankan waktu pribadi (me time) Anda. Dampaknya sangat jelas, Anda akan terkuras secara fisik dan mental, dimana konsentrasi dan fokus Anda adalah mencari materi lebih dengan mengorbankan waktu istirahat. Stephen Covey mengibaratkan bahwa Stress terjadi bukan karena beban yang Anda tanggung, namun lebih karena waktu yang Anda jalani. Misalkan Anda mengangkat sebuah gelas dalam waktu lima atau sepuluh menit, kemudian meletakkannya kembali, dan kembali mengangkatnya selama lima atau sepuluh menit. Jika Anda melakukannya berulang-ulang, maka waktu sehari 8 jam tidak akan terasa berat. Dan bandingkan jika Anda mengangkat gelas tersebut selama 8 jam tanpa henti, maka dapat dipastikan Anda akan sangat terbebani dan bahkan tidak lagi mampu mengangkat gelas. Inilah yang disebut dengan kebahagiaan sangat berdampak pada kondisi fisik Anda. Lakukanlah pekerjaan Anda dengan senang hati dan istirahatlah pada waktunya, maka beban yang Anda angkat tidak lagi menjadi beban, dan untuk itu Anda perlu mencari pekerjaan yang dapat menyenangkan diri sendiri, bukan sekedar uang yang berlebih.

3.  Kebahagiaan Menjadikan Pribadi Lebih Baik

Menjaga fisik dan mental akan berpengaruh langsung pada pribadi Anda. Dengan fisik dan mental yang baik, Anda akan menjadi seseorang yang jauh lebih baik, selalu berpikir positif, dan jauh dari rasa kekurangan. Untuk itulah perlu menjadikan pekerjaan sebagai sesuatu yang membangkitkan rasa bahagia, bukan hanya uang yang berlimpah, namun juga waktu atau me time yang berkualitas. Rasa bahagia Anda akan selalu muncul setiap hari manakala Anda selalu menjaga fisik dan mental dengan baik, dan bekerja pada koridor yang Anda sukai. Kebahagiaan Anda akan menjadi landasan membangun kepribadian yang lebih baik dan dengan demikian Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kebahagiaan tidak terjadi dengan uang yang Anda habiskan demi barang-barang yang dibeli. Jika bahagia jangka panjang yang Anda cari, maka carilah pekerjaan yang sesuai dengan kesenangan Anda dan pekerjaan yang paling Anda sukai. Pekerjaan yang dilakukan berdasarkan kesenangan dan hobi, akan menjadikan Anda seseorang yang tidak pernah merasa mempunyai pekerjaan selamanya, dan ini sangat memperbaiki kepribadian dan karakter hidup Anda.

Leave a Reply