Perilaku Penting Tugas dan Fungsi Frontliner sehari-hari

Menjadi barisan terdepan dalam pelayanan pelanggan, seperti seorang Customer Service maupun Teller dan jenis tugas fungsi lainnya sebagai Front Liner dapat menunjukkan dan memperbaiki Citra Perusahaan (Brand Image).  Hal inilah bagi beberapa perusahaan yang sangat mengandalkan Customer Services dalam Core Business mereka, sangat intensif menjadi PERHATIAN UTAMA.  Berikut ini adalah Perilaku Penting Tugas dan Fungsi Frontliner sehari-hari.

1.  Senyum Tulus

Untuk  seorang Front Liner, Senyum ini merupakan senjata paling ampuh sebagai modal utama dalam menghadapi Pelanggan, Senyum yang tulus bukan senyum yang dibuat – buat. Karena itu Anda saat mau bekerja harus mempersiapkan Mental yang Positif atau Kondisi Fisik maupun Hati yang tidak Kusut, mulailah pagi hari dengan senyuman maka akan ditutuplah hari kerja Anda penuh semangat dan kenyamanan walau puluhan Pelanggan dilayani pada hari itu.

2.  Wajah Hangat dan Bersemangat

Kesiapan Mental dan Fisik mempengaruhi Tugas dan Fungsi Frontliner  saat bekerja dan  hal ini perlu motivasi tinggi dalam bekerja, sehingga akan mendukung penampilan dan senyum tulus tersebut diatas

tugas dan fungsi frontliner
Tugas dan Fungsi Frontliner

3.  Pelanggan adalah Orang Penting

Petugas Front Line harus menempatkan Pelanggan sebagai orang penting, sehingga baru kita bisa melakukan Service. Untuk pelanggan yang bermasalah front liner harus yakin bahwa mereka adalah orang penting yang tidak perlu mencari atau membuat masalah.  Disinilah Tugas dan Fungsi Frontliner sangat krusial menjaga situasi kondisi.  Peran pentingnya Customer Service sangat menentukkan dampaknya.

4.  Dengarkan Kebutuhan Pelanggan

Petugas Front Line dalam hal ini perlu melatih mendengarkan pelanggan lebih dahulu apa yang mereka kehendaki atau mendengarkan dahulu apa keluhannya atau pendapatnya, baru kita mengambil langkah tindakan.  Sebagai seorang FrontLiner tidak perlu bersikap Arogan dan Egois karena merasa lebih paham dan mengerti tentang hal yang diinginkan Pelanggan.

5.  Sebutkan Nama Pelanggan

Petugas front line  harus menggunakan metode menghafal nama yang sangat tepat atau dengan metode suatu pertanyaan sehingga nama pelanggan akan kita ketahui dan selama berkomunikasi kita menyebut nama pelanggan, hal ini menunjukkan Atensi atau Perhatian yang sederhana tapi membawa dampak yang besar.  Pelanggan akan sangat merasa ditempatkan pada posisinya sebagai Orang Penting dalam pelayanan tersebut.

6.  Bahasa Tubuh yang baik

Bahasa tubuh bagi petugas front line sangat penting dan mempunyai makna yang Berguna, seperti Mengangguk, Sikap Tangan, Sikap Duduk, Pandangan Mata, dan lainnya. Bahasaa Tubuh ini sangat mengandung arti dalam berkomunikasi. Perlu dihindari hal yang menghambat komunikasi dengan pelanggan. Semisal : Suka Menggaruk garuk Tangan, Sikap Duduk yang agak Miring, Sikap Berdiri yang kurang baik.  Bahasa Tubuh lebih mudah dibaca pelanggan, apakah seorang frontliner bersikap positif atau negatif.

7.  Bicarakan tentang Minat Pelanggan

Banyak petugas front line  kurang memperhatikan akan hal ini, kebanyakan yang dibaca hanya Berita Selebritis, sebaiknya kita meng-update informasi dari koran yang favorit misalnya Kompas, Tempo, Suara Pembaharuan, Media Indonesia, dan lainnya, hal ini akan bisa mengimbangi saat Anda berkomunikasi dengan pelanggan, karena dengan mengerti Minat Pelanggan memudahkan komunikasi kita dengan mereka dan sangat menunjukkan Anda memiliki wawasan luas.

8.  Tata Bahasa yang Halus

Petugas front line penting menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Mengerti akan situasi saat terjadinya pembicaraan, sehingga tepat menggunakan tata bahasa yang baik. Standar pelayanan konsumen tidak terkesan dibuat – buat  atau tidak sopan.  Peran Tugas dan Fungsi Frontliner memerlukan kecerdasan secara emosional pula.

9.  Proses yang dikerjakan

Yang dimaksud dengan ini adalah bagaimana kita meyakini proses yang sedang ditunggu oleh pelanggan sedang dikerjakan sehingga pelanggan yakin bahwa kebutuhannya terpenuhi dan diperhatikan, dan seorang Front Liner harus memahami cara menyampaikan proses pelayanan tersebut dengan bahasa yang mudah diterima pelanggan.

10.  Product Knowledge

Petugas front line  sangat perlu untuk mengetahui tentang produk apa yang kita punya baik secara konsep maupun hal teknis global sehingga saat mereka berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan tidak terhambat.  Product Knowledge dalam hal ini merupakan bagian dari prosedur dan proses yang terjadi di perusahaan kita

11.  Tampil Rapi

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Front Liner berpenampilan selalu rapi dalam setiap kesempatan. Hal ini bukan berarti selalu mahal, atau bahkan glamor. Perlu pula mencocokkan setelan baik warna maupun bentuk pakaian, termasuk riasan wajah agar tidak mencolok.

Front Liner akan menjadi Duta Perusahaan dan secara tidak langsung akan mengangkat Brand Image atau Citra Perusahaan. Sosok kesederhanaan (tampil sederhana) bukan jaminan seorang Front Liner akan berpenampilan buruk. Dan bukan pula kemewahan akan menjadikan keberhasilan seorang sebagai Front Liner yang baik.  Bagaimanapun Simple is Beauty, dengan Kesederhanaan akan ditemui Keindahan.  Perilaku Penting dalam Tugas dan Fungsi Frontliner sehari-hari akan banyak membantu kesuksesannya. Pun akan mengangkat pamor perusahaan sebagai organisasi yang intelek.

do donts perilaku frontliner
Do & Donts Perilaku Penting Seorang Frontliner

2 thoughts on “Perilaku Penting Tugas dan Fungsi Frontliner sehari-hari

  1. lestari September 29, 2014 at 11:34 PM

    Terima kasih, sangat bermanfaat bgi para ptugas front liner 🙂

  2. PUTRI HAPSARI N. January 19, 2015 at 7:57 PM

    terimakasih atas informasi yang diberikan karena saat ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai frontliner sehingga hal ini dapat memberikan pengetahuan bagi saya sebelum saya melamar kerja..

Leave a Reply