Trik Mempertahankan Mood Kerja Saat Anda Merasa Lelah

Trik Mempertahankan Mood Kerja Saat Anda Merasa Lelah
Trik Mempertahankan Mood Kerja Saat Anda Merasa Lelah

Ikhtisar.com – Dalam menghadapi pekerjaan apapun, tentu akan ada masa-masa dimana Anda merasa enggan dan tidak terinspirasi dalam bekerja. Bahkan, pada bidang profesi yang Anda minati sekalipun. Hal ini merupakan suatu kewajaran. Umumnya, peristiwa ini terjadi karena Anda merasa lelah dan jenuh dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

Walaupun Anda merasa lelah, terkadang deadline tugas di kantor tidak bisa menunggu, sehingga Anda tetap harus bekerja. Untuk mempertahankan hasil kinerja yang baik, Anda tentu harus menyiasati suasana kerja Anda agar Anda tetap terinspirasi saat bekerja.

1.  Mengganti aktivitas Anda

Apakah pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk berada pada posisi duduk yang lama? Ataukah Anda orang lapangan yang harus mobile setiap pekerjaan Anda? Ada baiknya Anda mencoba untuk mengganti aktivitas Anda untuk sejenak. Kalau Anda sering duduk, coba bangkit sejenak untuk berjalan-jalan di luar ruangan karena sinar matahari juga dapat meningkatkan mood Anda. Sebaliknya, apabila Anda lebih sering berada di luar ruangan, Anda dapat mampir sejenak di cafe untuk duduk dan bersantai.

2.  Mencuci muka

Kalau Anda banyak menggunakan komputer, bisa jadi radiasi dari komputer dan sentralisasi cahaya dari LCD menyebabkan mata Anda mudah lelah. Dengan membasuh muka, dengan sendirinya Anda juga menyegarkan mata Anda, sehingga mood Anda menjadi lebih baik.

3.  Mengonsumsi buah atau salad

Seringkali kelelahan dipicu oleh stres berlebih. Untuk itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang dapat membuat Anda rileks. Anda dapat mencoba kudapan buah atau salad, karena keduanya dapat membantu mengembalikan energi Anda. Selain itu, rasanya yang segar akan me-refresh pikiran Anda. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula karena akan membuat Anda mudah mengantuk.

4.  Tetap menjaga kondisi tubuh

Saat tengah berkonsentrasi pada pekerjaan, seringkali Anda menunda untuk melakukan aktivitas lain yang penting untuk tubuh, seperti makan atau minum. Padahal, keduanya justru akan membuat Anda lebih segar dalam menjalankan aktivitas. Maka, Anda tetap harus menjaga vitalitas Anda dengan makan teratur, serta meminum air mineral secara berkala.

5.  Melakukan peregangan ringan

Terfokus pada pekerjaan kadang membuat tubuh Anda tetap dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini juga dapat membuat tubuh Anda merasa lelah dan penat. Karena itu, melakukan peregangan-peregangan ringan akan meningkatkan sirkulasi darah yang akan menyegarkan Anda. Tentu saja, Anda hanya perlu melakukannya sembari duduk.

6.  Mengatur kondisi pencahayaan ruangan

Selain itu, kondisi ruangan juga harus Anda perhatikan, terutama pencahayaan yang dapat mengganggu kondisi penglihatan. Pencahayaan berlebih akan membuat mata cepat lelah. Sebaliknya, kondisi pencahayaan yang kurang akan memicu produksi hormon melatonin yang membuat Anda mengantuk. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur kondisi pencahayaan ruangan agar kerja Anda menjadi lebih maksimal.

Leave a Reply