Trik Jitu Menjadi CEO di Umur 30-an

Trik Jitu Menjadi CEO di Umur 30-an
Trik Jitu Menjadi CEO di Umur 30-an

Ikhtisar.com – Kebanyakan orang pasti menginginkan memiliki karir yang baik dan cemerlang bahkan saat usia mereka masih muda. Saat ini perkembangan zaman telah mengalami kemajuan yang cukup pesat, salah satu contohnya yaitu di bidang teknologi dan informasi. Kemajuan teknologi dan informasi tersebut memunculkan banyaknya perusahaan rintisan atau startup secara global. Hal itulah yang membuat seseorang dapat mengembangkan karirnya dengan lebih mudah untuk menjadi Chief Executive Officer (CEO).

Terdapat banyak CEO baru yang memiliki latar belakang bermacam-macam maupun yang kurang berpengalaman lahir dari perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Dari situlah terbukti bahwa perkembangan teknologi begitu berpengaruh pada dunia ketenagakerjaan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menjadi seorang CEO ada baiknya untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dan berusaha meraih keinginan tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman entrepreneur.com, berikut ada 3 hal yang bisa dilakukan apabila Anda ingin menjadi seorang CEO di usia 30-an.

  1. Ciptakan Sebuah Tim Solid

Meskipun seseorang telah menjadi CEO berpengalaman akan tetapi ia tetap membutuhkan bantuan dan petunjuk dari orang lain yang lebih ahli dari dirinya di bidang tertentu. Di samping itu, bagi CEO yang masih muda sebaiknya berusaha untuk tidak melakukan kesalahan serius seperti misalnya mempekerjakan orang yang salah, mengeluarkan banyak uang untuk hal yang tak terlalu penting, dan lain sebagainya. Di dalam sebuah tim sangatlah penting membangun kerjasama yang solid. Tim yang solid tersebut bisa diwujudkan jika Anda menghindari bekerja dengan orang yang memiliki karakter sama seperti Anda. Sebaiknya Anda bekerja dengan orang yang dapat melengkapi diri Anda dan membuat Anda bisa berkembang. Perbedaan karakter kerja akan memperluas wawasan dan cara pandang dalam membangun sebuah tim yang solid.

  1. Gunakan Kekuatan Berpikir Positif dan Negatif

Bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis pada usia 20-an, Anda bisa memperoleh keuntungan sekaligus kerugian apabila tidak menghadapi tantangan maupun kegagalan ketika mengelola bisnis tersebut. Bentuk kerugian yang didapatkan yaitu Anda hanya memiliki track record yang sedikit. Track record tersebut cukup penting sebab calon investor akan intens mengevaluasi kesuksesan Anda dari pengalaman yang dimiliki. Selain itu, hal yang paling penting dari kesuksesan atau kegagalan adalah proses yang harus dijalani. Sedangkan bentuk keuntungan yang dapat peroleh adalah waktu, dimana usia muda masih memberikan semangat, energi dan stamina untuk terus mencoba dan berhasil.

  1. Terapkan Kerendahan Hati

Menjadi seorang CEO haruslah memiliki kerendahan hati baik dalam hal pengetahuan maupun pengalaman. Perlu diketahui bahwa salah satu kekuatan terbesar seorang CEO adalah kerendahan hati. Dengan memiliki kerendahan hati maka Anda sebagai seorang CEO bisa belajar dan mendengarkan saran dari orang lain. Rendah hati tidak identik dengan rendah diri, meski seorang anak muda, Anda dapat belajari dari para mentor yang lebih dewasa dan matang dalam pengambilan keputusan, sehingga tidak menghalangi Anda bekerja dengan energik namun tetap membumi.

Itulah 3 hal yang bisa dilakukan apabila Anda ingin menjadi seorang CEO di usia 30-an. Usia muda bukan halangan mustahil namun juga bukan peluang mudah, keduanya adalah kombinasi positif dan negatif. Dengan menerapkan 3 hal tersebut diharapkan keinginan Anda untuk menjadi seorang CEO akan dapat terealisasi. Yang terpenting Anda mampu untuk tetap konsisten dan komitmen dengan cita-cita.

Leave a Reply