Tips Untuk Bertahan Pada Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai

Tips Untuk Bertahan Pada Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai

Tips Untuk Bertahan Pada Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai

Ikhtisar.com – Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan passion/bakat merupakan dambaan setiap orang. Hal ini karena memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri kita akan membuat kita menjadi lebih nyaman dan senang untuk mengerjakannya. Namun sayangnya seringkali tidak semua orang memiliki pekerjaan sesuai dengan harapan mereka. Seringkali kebanyakan diantaranya mendapat pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion mereka.

Alhasil mereka pun akan menjadi tidak menyukai pekerjaan tersebut, padahal untuk keluar dan berhenti dari pekerjaan tersebut adalah keputusan sulit ketika terdesak ekonomi. Nah jika begini kita pun akan pusing ketika menghadapi masalah tersebut. Namun Anda tak perlu khawatir karena dengan tips berikut ini Anda akan tetap bertahan pada pekerjaan yang tidak anda sukai atau Anda benci sekalipun :

1.  Evaluasi

Salah satu penyebab yang membuat kita tidak menyukai pekerjaan adalah karena kita belum mengenal dan memahami pekerjaan tersebut. Oleh karenanya cobalah untuk mengenali pekerjaan Anda tersebut lebih dalam, jika perlu Anda bisa melakukan evaluasi untuk mengetahui hal apa yang membuat Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Jika Anda mampu menjawab dua pertanyaan tersebut, maka Anda dapat bertahan pada pekerjaan tersebut.

2.  Fokus

Pekerjaan yang tidak Anda sukai biasanya akan menimbulkan kejenuhan. Oleh karenanya jika hal tersebut sudah Anda rasakan maka Anda perlu keluar sebentar dari ruangan dan menghirup udara segar, setelah itu cobalah fokus pada tujuan hal apa yang membuat Anda harus bekerja. Jangan biarkan pikiran dan bayangan negatif pada pekerjaan tersebut membuat Anda menjadi down dan tidak bersemangat.

3.  Berfikir Positif

Jika pekerjaan tersebut membuat Anda menjadi sangat tertekan, cobalah untuk menenangkan hati dan pikiran Anda dengan pikiran positif. Beberapa penelitian telah menyebutkan jika berfikir positif dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia. Oleh karenanya Anda dapat berfikir positif dengan menganggap pekerjaan tersebut akan membawa manfaat dan berkah tersendiri untuk Anda meskipun Anda tidak menyukainya sedikitpun. Selain itu Anda juga bisa melakukan meditasi atau yoga untuk menambah energi positif Anda.

4.  Bersyukur

Mensyukuri apapun mampu membuat kita tidak mudah mengeluh terhadap sesuatu hal termasuk mensyukuri pekerjaan yang tidak Anda sukai. Meski terdengar klise, namun nyatanya bersyukur adalah solusi untuk menghilangkan kejenuhan dan mampu membuat Anda menjadi lebih menikmati pekerjaan tersebut. Selain itu pekerjaan pun akan terasa lebih menyenangkan.

5.  Susun Rencana

Apabila Anda sudah tidak mampu lagi bertahan dengan pekerjaan tersebut, maka Anda harus menyusun rencana terhadap masa depan Anda setelah keluat dari pekerjaan tersebut. Apabila Anda belum memiliki rencana yang matang untuk memikirkan masa depan Anda, maka Anda harus bersabar dan belajar untuk menikmati pekerjaan Anda tersebut.

Demikian lima tips yang bisa Anda terapkan untuk mempertahankan pekerjaan yang tidak Anda sukai. Meskipun sulit untuk menerima pekerjaan yang Anda benci, namun Anda harus mencoba untuk sabarm bersyukur, dan berpositif thinking agar Anda mampu menikmati pekerjaan tersebut.

Leave a Reply