Tips Tetap Produktif Meski Anda dalam Masa Liburan

Tips Tetap Produktif Meski Anda dalam Masa Liburan
Tips Tetap Produktif Meski Anda dalam Masa Liburan

Libur memang selalu menjadi momen yang membahagiakan. Sebab setiap orang bebas ingin melakukan apapun yang tidak biasa seperti hal pada hari kerja. Di hari kerja pasti Anda selalu disibukan berbagai tugas, task list, to do list, dan lainnya dari atasan atau para pelanggan yang selalu ingin dilayani. Sedangkan hari libur Anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga atau mengkualitaskan waktu untuk diri sendiri. Namun demikian bagi pengembangan diri, Anda tetap perlu produktif dalam masa liburan.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang begitu menunggu momen liburan. Waktu bisa dijalani dengan santai, jadi Anda bisa menonton film, mandi lebih siang, dan lainnya. Namun bagi Anda yang terbiasa rajin dan tidak menyukai hal tersebut, ada cara lain untuk menikmati liburan. Cara lainnya adalah dengan selalu membuat waktu libur tetap produktif. Berikut berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan produktivitas pada masa liburan.

  • Lakukan hal yang tak Sempat

Waktu liburan merupakan momen yang harus diubah menjadi menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu dengan memuaskan rasa penasaran. Rasa penasaran dipuaskan dengan melakukan berbagai hal yang belum pernah Anda lakukan. Misal memasak, membaca buku, berkunjung ke restauran yang belum pernah didatangi, atau lainnya. Hal tersebut tentu akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

  • Bersua dengan Lingkungan

Anda juga bisa memanfaatkan liburan dengan bertemu dengan kawan, tetangga, atau kolega. Hal ini akan menunjang silaturahmi yang sebelumnya pernah renggang. Dengan bertemu mereka Anda bisa saling bertukar cerita dan pengalaman sehingga pertemuan tersebut semakin bernilai. Pertemuan tersebut dapat membuka ide-ide segar baru bagi produktivitas Anda selanjutnya.

  • Mengembangkan Passion

Setiap manusia selalu diberkahi dengan suatu kemampuan atau ketrampilan yang orang lain tidak menguasainya. Anda tentu tidak boleh menyia-nyiakannya sebab itu nikmat yang tidak semua orang miliki. Manfaatkanlah waktu liburan untuk mengembangkan passion, sebab mungkin dihari lain Anda tidak memiliki banyak kesempatan guna mengembangkannya.

  • Membuat Rencana Kerja

Meski dalam masa liburan Anda tetap bisa merencanakan pekerjaan dengan baik untuk mengembangkan diri. Seperti mengikuti pelatihan, seminar, atau berlatih sendiri dengan bantuan internet. Anda juga perlu menyelesaikan persiapan pekerjaan berikutnya sebelum berlibur. Jangan sampai Anda berlibur dengan pekerjaan yang masih menumpuk.

  • Mengevaluasi Diri

Liburan juga bisa dijadikan sebagai ajang merenung. Perenungan ini dilakukan untuk mengevaluasi diri selama ini. Anda pasti akan menemukannya dan catatlah. Setelah itu pikirkan cara untuk memperbaiki. Hal tersebut tentu menjadi aktifitas yang positif untuk hidup Anda.

  • Menyulap Rumah

Seringkali sibuk beraktifitas di hari kerja membuat Anda tidak memiliki waktu untuk bebersih rumah. Sulaplah rumah dengan menata ulang dekorasi, tata ruang, dan membersihkannya. Dengan begitu akan menghindarkan diri dari rasa jenuh dan dapat membantu Anda memberikan suasana baru di rumah. Anda juga bisa menggunakan waktu untuk menyortir barang lama yang sudah tidak terpakai.

Ingat yang jelas, tetap jadikan liburan Anda sebagai hal yang positif. Jika perlu terus kembangkan hobi dan kemampuan lain yang bisa mendatangkan hasil positif. Hal-hal positif tentu akan sangat membantu pengembangan diri Anda, meski dalam masa liburan. Selamat berlibur dan keep productive!

Leave a Reply