Tips Sederhana bagi Anda dalam Merencanakan Pensiun

Tips Sederhana Merencanakan Pensiun

Tips Sederhana Merencanakan Pensiun

Ikhtisar.com – Bagi Anda yang telah memasuki usia lanjut, maka terdapat satu hal yang perlu Anda perhatikan. Hal tersebut yaitu merencanakan pensiun. Tidak semua orang bisa merencanakan pensiun sesuai dengan apa yang diinginkannya sebab merencanakan pensiun tidaklah mudah untuk dilakukan. Akan tetapi hal yang terpenting adalah rencana pensiun tersebut sebaiknya dikendalikan penuh oleh diri Anda sendiri. Di samping itu, Anda juga akan memerlukan waktu dan rincian penting sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan pensiun Anda.

Seperti yang dilansir US News terdapat 5 tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merencakan pensiun. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Fokus Pada Apa yang Bisa Anda Kontrol

Anda bisa melakukan perhitungan nilai dan pertumbuhan portofolio dalam jangka panjang dengan mengestimasi tingkat pengembalian investasi. Besarnya realisasi pengembalian investasi tidak diketahui oleh siapapun, termasuk Anda dan ada kemungkinan Anda memperoleh hasil yang berbeda setiap tahunnya. Anda pun harus fokus pada hal-hal yang dapat Anda kontrol.

  1. Jangan Mengejar Mode Investasi Terbaru

Ada baiknya jika Anda berhati-hati dalam memilih informasi mengenai strategi investasi dari orang lain. Selain investasi, pasar juga mengalami kondisi naik turun. Tetaplah berada pada rute yang sama dalam waktu yang panjang untuk pertumbuhan investasi meskipun terdapat lebih dari satu rute. Hal tersebut akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

  1. Jangan Menunda Berhemat

Segeralah menabung tanpa perlu menunggu memiliki rencana investasi yang sempurna. Dengan pengalaman kerja yang Anda peroleh selama ini, pastinya Anda memahami tentang keuangan dan dapat melakukan penyesuaian. Karena itulah sudah seharusnya Anda mulai menabung sedini mungkin.

  1. Menentukan Kapan Uang Anda Cukup Untuk Pensiun

Tidak sedikit orang yang rela bekerja dengan giat demi memenuhi keinginannya untuk menabung cukup uang. Uang tersebut nantinya dipersiapkan untuk pensiun. Fakta bahwa hari tua akan diisi dengan waktu-waktu dimana investasi dan tabungan mulai berkurang untuk berbagai macam pengeluaran, tetap tidak bisa dikalahkan dan digantikan dengan kehidupan bebas yang lepas dari beban pikiran. Selain itu, di masa pensiun, Anda lebih baik meluangkan waktu untuk hidup nyaman.

  1. Rencanakan Tujuan Non-Keuangan

Sebagian besar orang yang telah pensiun masih belum mengetahui rencana apa yang akan dilakukan selanjutnya. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan yang baik dan matang dari jauh-jauh hari untuk melakukan hal-hal yang Anda inginkan di masa-masa pensiun Anda.

Itulah 5 tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan pensiun. Dengan mengetahui dan menerapkan kelima tips tersebut diharapkan Anda akan bisa memperoleh rencana pensiun yang Anda inginkan. Pensiun adalah kondisi yang akan datang dan akan terjadi, mau tidak mau.  Tentunya tanpa mengindahkan usia hidup, maka pensiun pasti terjadi, dan ketika itu terjadi, Anda sudah siap melakoninya.

Leave a Reply