Tips Melakukan Penjualan untuk Anda yang Introvert

Tips Melakukan Penjualan untuk Anda yang Introvert

Tips Melakukan Penjualan untuk Anda yang Introvert

Seorang Introvert mungkin bukanlah orang yang menyenangkan, karena lebih banyak diam ketika berada dalam sebuah kelompok.  Pernahkan Anda memperhatikan teman duduk Anda dalam pesawat lebih  banyak diam tanpa sedikit pun untuk membuka pembicaraan?  Mungkin dia sulit untuk memulai komunikasi kepada orang yang tidak dikenal.

Anda akan melihat relasi Anda yang cenderung diam pada suatu acara pesta yang dia tidak kenal, namun begitu bersemangat dan Ekstrovert dalam sebuah Seminar Penjualan.  Anda sebagai tenaga pemasaran sangat tidak nyaman pada saat berbicara kepada calon pelanggan, namun kondisi memaksa Anda melakukannya, bahkan ternyata Anda telah menjadi seorang Salesman Handal.  Apakah Anda termasuk seorang Introvert? Namun kenapa Anda bertahan lama untuk Profesi yang melakukan Penjualan?

Jadi, bagaimana Anda menjadi Ekstrovert dalam situasi penjualan ketika Anda tidak secara alami nyaman dengan hal itu?  Ini adalah beberapa Tips yang dikutip dari entrepreneur.com bagaimana Anda keluar dari zona nyaman tersebut:

Temukan Gairah. Anda perlu menjadi begitu bersemangat tentang apa yang akan dijual sebagai bagian dari berbagai kepada sesama. Menjadi bergairah tentang produk atau jasa Anda membuat Anda kurang tertarik pada apa yang dirasakan dan lebih peduli tentang menunjukkan kegembiraan Anda tentang apa yang tawarkan.

Lakukan Hal yang Anda Takuti setiap Hari. Ini sangat penting bagi Anda melakukan hal-hal yang membuat kondisi paling tidak nyaman. Seperti berbicara dengan orang baru, bertanya tetang alamat dan lainnya.  Anda harus berani dan membuat jelas titik ketakutan Anda, tidak peduli seberapa besar atau kecil. Hal paling menakutkan bagi Anda mungkin mengunjungi Pelanggan atau Prospek Pribadi. Itulah yang harus Anda lakukan setiap hari untuk menghadapi rasa takut. Ini akan menanamkan Keberanian, Kepercayaan Diri dan Mengubah Fokus dari keterbatasan yang ada (Rasa Takut).

Gigih ketika ada Kritikan. Dalam kehidupan dan dalam bisnis, terutama penjualan, Anda tidak akan menjadi sukses jika Anda tidak pernah dikritik. Menindaklanjuti kebutuhan pelanggan karena mereka benar-benar mengeluh tentang hal itu, dan begitu mereka lakukan kritisi, terus follow-up sampai mereka kagum akan Ketekunan dan Kegigihan Anda. Jika Anda percaya dan yakin pada Produk dan Jasa Perusahaan dan Diri Sendiri, maka Anda tentu akan Kukuh dengan Resiko Kritik.

Menyapa Setiap Orang yang dilalui. Anda mungkin enggan untuk berjalan melewati setiap orang tanpa menyapanya. Anda perlu memaksa diri untuk melihat semua mata dan menyapa. Ini akan membangun kekuatan yang memungkinkan Anda tahu kapan harus menjadi seorang Extrovert, baik Penjualan atau situasi lain.

Amati Perbedaan Orang-orang. Ketika penawaran pertama Anda mendapat penolakan, seolah Anda melihat semua prospek akan menjadi sumber penolakan. Apa yang perlu anda lakukan adalah rehat sejenak dan mengamati bagaimana perbedaan orang satu dan lainnya. Ini akan menghentikan cara pikir Anda bahwa semua orang akan merespon yang sama seperti prospek terakhir.

Paksa Diri Anda tampil dimuka. Pergilah keluar dari rumah dan kantor sehingga Anda dapat bersosialisasi dengan orang-orang. Ketika Anda berpindah ke kota baru, pergilah ke suatu tempat yang sama berulang-ulang sampai terasa nyaman dan tahu semua orang di sana. Anda pun dapat melakukan hal yang sama terhadap anak-anak, sehingga mereka bisa berbicara dengan orang yang ada di sana, seolah sebagai keluarga.

Memberikan Ceramah Umum. Satu-satunya cara untuk nyaman berbicara kepada orang-orang adalah tampil dimuka umum. Bergabung dengan kelompok dimana setiap orang belajar bagaimana berbicara di depan orang lain.

Sibukkan Diri Anda. Ketika Anda harus terus-menerus berjalan, maka Anda tidak akan punya waktu untuk menjadi tidak nyaman. Anda mungkin harus meminta bantuan, mendapatkan bantuan dan berbicara dengan banyak orang karena aktivitas dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya. Jadi, bisakan selalu  bergerak.

Membantu Orang Lain Melakukan Penjualan. Kecemasan Anda sebagai Tenaga Pemasaran akan makin besar jika ditopang Pribadi yang Introvert.  Untuk itu setiap kali Anda tidak mendapat penjualan untuk diri sendiri, cobalah segera menawarkan bantuan kepada orang lain dalam penjualan.  Hal ini sebagai cara yang bagus untuk mengeluarkan Rasa Cemas. Setelah banyaknya kegagalan tentu akan membuat penjual menjadi Introvert dan Cemas. Tapi dengan bekerja sama pada orang lain tanpa harus takut kehilangan apapun, Anda akan merasa lebih Santai dan Percaya Diri. Setelah terjadinya penjualan untuk orang lain, maka segera kembali kepada prospek Anda.

Introvert tidak melulu orang yang sulit berkomunikasi atau bahkan tidak mampu menjual.  Justru dengan cara mereka yang uniklah seorang Introvert bisa menjelma sebagai Salesman Sejati.

Leave a Reply