Tips Pemasaran : Apa yang Sesungguhnya dibeli Orang dari Bisnis Anda?

Anda akan bertanya-tanya ketika hendak membeli sesuatu barang, baik barang kebutuhan pokok atau sesuatu yang Anda inginkan. Setidaknya Anda akan bertanya pada diri sendiri apakah barang ini memang saya butuhkan atau sekedar ingin punya.  Pada dasarnya Anda akan selalu meluangkan beberapa menit waktu sebelum memutuskan membeli barang.

Dalam dunia pemasaran, hal ini menjadi obyek penting dalam pengembangan pemasaran yang handal.  Sejauh mana Anda sebagai Produsen mampu memberikan Apa yang diinginkan orang dari sebuah barang dan atau Jasa.

Berikut beberapa kriteria kenapa seseorang akan memindahkan uangnya dari dompet mereka kepada dompet Anda karena suatu barang,yaitu:

Manfaat bukan Rupa – Benefit

Anda pastinya membeli Handphone pertama kali karena fungsinya,seperti SMS, MMS,e-mail,Komunikasi Suara dan lainnya.  Setelah fungsi utama ini terpenuhi mungkin Anda akan beralih kepada kriteria berikutnya.  Maka maksimalkan Manfaat produk Anda sebelum dipasarkan.

beli sesuatuSolusi Masalah Mereka – Solution

Selanjutnya mereka akan mempertimbangkan apakah produk tersebut akan menjawab kesulitan mereka ataukah tidak, semisal handphone yang mampu menangkap sinyal dipegunungan bagi seorang Pecinta Alam tentu lebih menjanjikan dibandingkan feature internet.

Nilai yang Sesuai – Value

Harga produk juga menjadi pertimbangan sebelum membeli, jikalau fungsi dan manfaat yang didapat tidak sebanding, tentunya akan menjadi pemikiran lebih mereka membeli.

Harapan – Expectations

Dengan adanya manfaat dan fungsi yang jelas tentu sebuah produk harus memberikan kepastian akan kebutuhan pelanggan, inilah yang harus menjadi konsentrasi Anda selanjutnya dalam pemasaran sebuah produk.

Kepastian – Certainty

Harapan akan selalu diikuti oleh Kepastian (Certainty)dimana setelah Anda menjelaskan sekelumit mengenai produk, maka dapat dipastikan hal tersebut “harus” berlaku sebagaimana adanya setelah pelanggan menerima barang. Jangan sampai sebuah Handphone yang diharapkan memiliki daya tahan baterai 3 jam hanya bertahan selama 2 jam.

Ketetapan dan Kemantapan – Consistency

Ketetapan dalam hal ini seperti daya tahan(Usia Pakai), dimana pelanggan berharap barang yang mereka beli memang memiliki spesifikasi sesuai yang Anda jelaskan dalam pemasaran.

Bebas Resiko – Risk Free

Hal lain yang membuat seseorang membeli barang adalah minimnya resiko mereka ketika membayar sejumlah harga pada produk tertentu, misal membeli Handphone seharga 5 juta rupiah dan mendapatkan jaminan “Tukar Baru” jika rusak dalam waktu 1 bulan.

Reputasi, Jaminan dan Nama Baik Anda – Reputation, Guarantee, Good Name

Hubungan lanjutan dari bebas resiko tentunya berupa Jaminan dan Garansi barang yang dibeli. Pelanggan tentu tidak akan mengambil resiko tinggi bagi barang-barang dengan Jaminan yang tidak jelas. Jaminan barang merupakan salah satu kesatuan dari Reputasi dan Nama Baik Anda dan Organisasi dalam memproduksi sesuatu.

Selanjutnya masih banyak lagi kriteria lain kenapa seseorang Membeli sesuatu, yang mana ini merupakan bentuk Kualitatif yang melekat dalam Personality Anda sebagai Pemasar.  Untuk itu Anda harus berlaku sebagaimana seorang Marketing Handal yaitu:

  • Janji  yang Anda Buat – Promises
  • Kepercayaan pada Anda – Credibility
  • Anda dan orang-orang Anda – You and Your Employee
  • Kekayaan dan Keamanan – Wealth and Security
  • Opini Orang Lain – Other Peoples Opinion
  • Penerimaan Orang Lain – Other Peoples Acceptance
  • Merek Dagang – Brand Name
  • Aneka Ragam Pilihan – Selection
  • Kenyamanan (Membeli,               Membayar,Menemukan Alamat, dll) – Convenience
  • Kejujuran Anda – Honesty

Pahami dan Pelajari satu per satu kriteria tersebut akan mampu meningkatkan Ketrampilan Pemasaran dan Penjualan Anda (Sales and Marketing Skill).  Dan ini akan menjadi proses yang berkelanjutan dalam pengembangan diri seorang Marketer.

Leave a Reply