Tips Menyiapkan Dana Pensiun Bagi Karyawan

Tips Menyiapkan Dana Pensiun Bagi Karyawan
Tips Menyiapkan Dana Pensiun Bagi Karyawan

Ikhtisar.com – Setiap manusia dilahirkan dengan rizki, jodoh, dan usia yang telah ditentukan oleh Sang Kuasa. Untuk memiliki hidup yang sejahtera tentu harus ada perencanaan yang baik. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan usia produktif. Gunakan usia tersebut dengan seefektif mungkin agar di masa tua Anda tidak perlu merasa khawatir.

Jika Anda seorang pegawai negerti sipil tentu bisa tenang karena mendapat jaminan dari negara. Namun bagaimana dengan mereka yang menjadi karyawan perusahaan? Tentu harus ada persiapan matang untuk menginjak masa tua. Sebab masa tua nanti kemampuan fisik akan terbatas. Berikut beberapa tips bagi karyawan dalam menyiapkan dana pensiun.

Tentukan Aktifitas

Pada masa pensiun nanti hal apakah yang Anda ingin lakukan? Tentu Anda harus menentukannya dari sekarang agar lebih memudahkan dalam persiapan. Anda bisa menjadi pengusaha, tentor, atau lainnya. Sehingga Anda akan lebih memiliki gambaran yang jelas. Tak hanya itu, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu motivasi kuat Anda dalam mempersiapkannya. Jangan lupa untuk menentukan Anda termasuk ivestor konservatif, moderat, atau agresif.

Tipe konservatif termasuk yang tidak ingin kehilangan uang dan lebih baik mendapatkan keuntungan sedikit, misal deposito. Tipe moderat adalah investor yang mau mengambil risiko namun mendapatkan keuntungan jangka waktu menengah, misal tanah, emas, reksadana. Sedangkan investor agresif termasuk yang berani mengambil risiko dan keuntungan dalam jangka panjang.

Disiplin

Dalam mengerjakan sesuatu tetaplah menjaga disiplin Anda. Nantinya akan bermanfaat di hari tua, Anda bisa tetap menjadi energik. Hasil dari disiplin akan membuahkan sesuatu yang manis. Sehingga setelah tua nanti hidup akan tetap teratur meski tidak harus bekerja keluar rumah lagi.

Evaluasi Rencana

Dalam kurun waktu tertentu Anda harus sesekali merubah rencana pensiun. Hal ini dilakukan untuk menghadapi perubahan yang ada. Perubahan tentu tidak bisa dihindari lagi, oleh karena itu Anda harus mengevaluasi rencana secara berkala. Sehingga di masa tua nanti Anda tetap mampu hidup tenang yang sesuai dengan zaman.

Menjalin Relasi yang baik

Suatu pekerjaan atau bisnis akan lebih sukses dengan adanya relasi yang kuat. Anda pun tidak perlu merasa khawatir dalam menghadapi masa tua dengan jaringan yang sudah kuat. Hidup akan tetap menarik dan berisi dengan relasi baik. Jadi selalulah berusaha menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja.

Ketahui Inflasi

Tidak bisa dipungkiri inflasi sering membuat harga menjadi meningkat. Inflasi terjadi karena beberapa hal seperti permintaan yang tinggi atau distribusi produk tidak berjalan lancar. Nilai mata uang pun menjadi turun sehingga Anda harus berhati-hati dalam menghadapi inflasi. Sebaiknya Anda mulai mencari investasi yang lebih tinggi dibandingkan inflasi, seperti emas, reksadana, properti.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam persiapan masa pensiun setelah purna tugas sebagai karyawan. Pilihlah langkah yang memang sesuai dengan rencana dan tujuan Anda. Yang terpenting, jangan jadikan masa tua hanya bermalas-malasan.

Leave a Reply