Tips Menyeimbangkan antara Karir Dan Keluarga Bagi Ibu Rumah Tangga

Tips Menyeimbangkan antara Karir Dan Keluarga Bagi Ibu Rumah Tangga
Tips Menyeimbangkan antara Karir Dan Keluarga Bagi Ibu Rumah Tangga

Ikhtisar.com – Masih banyak solusi yang bisa dilakukan oleh para wanita karir untuk memastikan anaknya dalam kondisi yang baik-baik saja di rumah, sementara mereka tetap berada di kantor untuk bekerja. Biasanya beberapa dari wanita karir menggunakan jasa pengasuh anak sampai asisten rumah tangga (ART) yang memiliki tugas mengawasi segala kegiatan anaknya saat berada di rumah, sekolah atau lingkungan luar lainnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menitipkan anaknya kepada orang tua atau saudara terdekat.

Tetapi kondisi seperti itu hanya akan menjadi sebuah masalah yang baru untuk para wanita karir. Karena tidak jarang, anak akan merasa sangat dekat dan juga nyaman dengan para pengasuh atau keluarga lain yang menjaganya setiap hari. Di dalam masalah ini, sangat dibutuhkan kepandaian dalam membagi peran wanita untuk mengatur waktu sebagai wanita karir dan juga ibu rumah tangga. Untuk menyeimbangkan posisi keduanya anda hanya perlu melakukan beberapa tips berikut ini, antara lain :

Membuat Daftar Pekerjaan

Membiasakan diri anda untuk selalu mencatat semua daftar pekerjaan yang akan dilakukan dan yang telah menjadi rutinitas setiap harinya. Dengan berpegangan pada catatan yang telah di buat, maka anda akan lebih mudah untuk mengingat beberapa hal yang terjadi di luar catatan tersebut.

Menepati Agenda Harian yang telah dibuat

Apabila ada agenda yang terlewat tanpa sebuah alasan yang cukup jelas, maka sebaiknya anda menulis kembali dan menghitung ulang serta memperbaiki kebiasaan tersebut supaya dapat memberikan waktu yang banyak bagi sang anak. Luangkanlah waktu Anda hanya untuk sekedar berkomunikasi atau ngobrol dengan anak melalui cara apapun. Seperti melalui telepon, pesan pendek atau bahkan melalui skype.

Menjaga Kondisi Tubuh Anda agar tetap Rileks

Sebagai seorang ibu rumah tangga sekaligus wanita karir sudah pasti sangat banyak sekali pekerjaan yang dapat menyita waktu anda. Oleh karena itu, kesehatan tubuh menjadi yang sangat penting untuk dijaga. Selain itu konsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Sebaiknya anda juga bisa untuk meluangkan olahraga bersama anak. Meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan anak, seperti pergi liburan atau sekedar jalan-jalan bersama di akhir pekan dapat menjalin hubungan menjadi semakin erat satu sama lain.

Beberapa hal tersebut dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan antara karir dan rumah tangga. Anda juga sebaiknya tidak melupakan hal yang kecil tetapi bermakna sangat besar untuk diri sendiri dan keluarga, seperti melakukan ucapan sebelum tidur untuk anak. Dengan begitu kehidupan di dalam berkarir dan rumah tangga akan berjalan dengan seimbang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang bingung dalam menjalani peran sebagai seorang wanita karir dan ibu rumah tangga.

Leave a Reply