Tips Meningkatkan Kemampuan Persuasi Anda bagi Pengembangan Diri

Tips Meningkatkan Kemampuan Persuasi Anda
Tips Meningkatkan Kemampuan Persuasi Anda

Setiap pengusaha pasti menginginkan agar bisnisnya berkembang dan sukses. Hal itu diraih dengan bantuan atau kerja sama yang dijalin dengan pihak lainnya. Untuk menggaet mereka juga Anda harus berupaya supaya hatinya terketuk dalam menerima kerja sama.

Tak hanya mitra yang harus Anda ajak untuk bekerja sama. Karyawan Anda pun harus diajak untuk berupaya bersama. Berikanlah deskripsi yang tepat untuk mereka agar karyawan benar-benar paham. Kepahaman mereka terhadap job description masing-masing tentu akan membawa perusahaan menjadi lebih sukses.

Semua upaya itu harus diimbangi dengan kemampuan persuasif yang baik. Kemampuan persuasif merupakan kemampuan untuk mengajak seseorang mengikuti apa yang Anda sampaikan. Persuasif yang baik ditandai dengan orang yang menjadi audients mengerti tentang apa yang kita sampaikan dan mereka mampu melakukannya.

Anda harus terus mengembangkan kemampuan ini, sebab sangat bermafaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut Beberapa Tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan Kemampuan Persuasif Diri. 

1.  Latihan dengan Orang Terdekat

Untuk mengembangkan kemampuan ‘mengajak’ seringlah berlatih. Anda bisa berlatih dengan mengajak orang terdekat dengan hal kecil. Misal dengan anak, mengajak anak untuk sholat atau mengajak rekan dekat untuk membeli sesuatu. Dengan begitu kemampuan Anda akan semakin bertambah.  Latihan yang sering dilakukan, meski dengan bobot ringan akan lebih baik dibandingkan tidak berlatih sama sekali. 

2.  Penampilan dan Pembawaan yang Menarik

Seseorang yang sudah handal dalam sikap persuasif selalu mudah untuk menarik audiensnya. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu berpakaian rapi dan berpenampilan yang enak dipandang mata. Anda juga harus latihan berbicara di depan cermin. Dengan begitu bisa terlihat jelas bagaimana mimik dan pembawaan saat berbicara. Anda pun bisa menilai cara bicara sendiri bukan? Kemudian mengubahnya menjadi lebih baik. 

3.  Melihat Video Orang

Anda bisa menjadi beberapa motivator sebagai contoh seperti Mario Teguh, Christian Adrianto, dan lainnya. Amati baik-baik saat mereka berbicara, begitu menarik dan enak untuk diikuti terus. Setelah mendapatkannya cobalah untuk berlatih kembali. Tidak perlu menjadi orang lain, namun dengan mempelajari apa yang mereka lakukan, Anda pun akan menemukan gaya dan cara tersendiri.

4.  Tidak hanya Berfokus pada Tujuan

Dalam mengajak seseorang untuk melakukan hal yang kita inginkan janganlah selalu beracuan pada tujuan yang sebenarnya. Jika Anda selalu beracuan untuk pada tujuan yang sebenarnya hanya akan membuat audiens menjadi bosan dalam mendengarkan. Berinteraksilah yang sewajarnya, tidak usah terlalu memaksa. Dengan begitu Anda akan lebih elegan dan berkelas. Perilaku Persuasif adalah perilaku “mengajak” atau “membujuk” orang lain tanpa sikap “memaksa”.

5.  Mencari tahu Latar Belakang Lawan Bicara

Untuk mengajak mitra atau karyawan, Anda harus menggaet perhatiannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, carilah informasi tentang latar belakang audiens. Dengan begitu interaksi yang terjadi akan lebih natural dan lebih enak. Mereka pun akan senang berbicara dengan Anda. Perasaan senang tentu akan membantu Anda agar membujuk mereka.

6.  Membaca atau Menonton Lelucon

Untuk menarik perhatian orang meluculah. Membuat seseorang untuk berfokus dalam waktu yang lama tentu tidak mudah. Oleh karena itu, Anda harus menyelipkan beberapa lelucon saat berbicara. Sehingga menjadi hal yang penting untuk menambah pengetahuan akan hal lucu.

Lakukan tips di atas secara rutin maka kemampuan persuasif Andapun akan meningkat. Memiliki kemampuan ini dengan baik akan memberikan banyak keuntungan. Seperti mudah menggaet mitra bisnis, mudah mengajarkan anak sesuatu, dan lainnya. Sikap Persuasif merupakan bagian dalam Pengembangan Diri Anda, baik sebagai Karyawan, Pengusaha, ataupun Professional Mandiri.

Leave a Reply