Tips Meningkatkan Karier Dengan Memperbaiki Bahasa Tubuh Anda

Tips Meningkatkan Karier Dengan Memperbaiki Bahasa Tubuh
Tips Meningkatkan Karier Dengan Memperbaiki Bahasa Tubuh

Setiap orang yang bekerja pasti menginginkan jenjang karir yang baik. Hal ini memang menjadi hal yang wajar supaya pemasukan atau gaji yang didapatkan pun semakin tinggi. Agar jenjang karir bisa terus meningkat terdapat satu kunci suksesnya, yaitu bahasa tubuh.

Bahasa tubuh sangat berperan penting dalam membangun hubungan maupun kesan orang lain terhadap Anda. Bahasa tubuh yang baik pun akan memberikan motivasi positif untuk lingkungan tempat bekerja. Dengan mudah Anda akan dapat memotivasi rekan kerja, pimpinan, bahkan orang yang baru dikenal.

Bahasa tubuh memang memegang peranan penting dalam pembawaan diri. Anda akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan menyakinkan. Berikut beberapa tips untuk memperbaiki bahasa tubuh Anda.

1.  Bawa Audience

Suatu presentasi dikatakan sukses jika informasi yang disampaikan dapat tercerna dengan baik oleh pendengar. Namun sayang tidak semua pendengar mampu selalu fokus dalam presentasi Anda. Oleh karena itu, kuasailah ruangan sehingga audience merasa ruangan penuh karena Anda. Buatlah presentasi yang menarik dan pembawaan yang percaya diri. 

2.  Penampilan yang Menarik

Salah satu cara untuk menarik perhatian para audiens adalah dengan berpenampilan rapi. Gunakanlah pakaian sesuai dengan tema acara dan serapi mungkin. Dengan begitu Anda pun enak dipandang dan terpercaya. Saat berbicara berdirilah tegak. Biasakanlah hal ini pada keseharian Anda. 

3.  Berikan Senyuman

Senyum merupakan bagian dari ibadah sehingga akan didapatkan pahala dengan melakukannya. Namun tak hanya itu, senyum juga memberika aura positif dan menyenangkan hati orang. Sebab senyum adalah bagian dari simbol keramah-tamahan. Mulailah percaya diri dengan tersenyum kepada orang di sekitar Anda mulai sekarang juga. Dengan begitu, orang menjadi tidak takut atau diam terhadap Anda. 

4.  Kontak Mata

Pandangan mata juga akan mempengaruhi kesan orang lain terhadap kita. Biasanya orang tertutup akan menghindari tatapan mata dengan orang lain. Hal ini melambangkan kelemahan dan tidak adanya rasa percaya diri. Lihatlah mereka yang sukses, mereka melakukan kontak mata sehingga informasi tersampaikan dengan baik. Tatapan juga berbicara saat kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. 

5.  Volume suara

Saat berbicara Anda juga harus menjaga volume dari suara yang dikeluarkan. Jaga intonasi dan cara bicara. Berbicaralah dengan volume sewajarnya. Sebab volume tinggi mengartikan Anda kurang peduli, gugup, dan sok berkuasa. 

6.  Gerakan Tangan

Saat berbicara memang diperlukan ekspresi untuk menghidupkan suasana. Namun sebenarnya bukan hanya wajah yang bisa berekspresi. Tangan dan anggota gerak tubuh lainnya bisa ikut berbicara. Hal itu tentu sebagai pendukung informasi yang kita sampaikan. Dengan menggerakan tangan maka Anda akan semakin mudah dalam mengingat hal yang harus disampaikan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki bahasa tubuh. Lakukanlah dengan memperhatikan tiap detail agar semua berjalan dengan lancar.  Bahasa Tubuh menunjang pengembangan karir Anda, yang dipergunakan saat berkomunikasi dengan rekan kerja atau kolega maupun partner.

Leave a Reply