Tips Cara Menghadapi Perilaku Bullying di Kantor bagi Karyawan Baru

Tips Menghadapi Bullying Di Kantor

Tips Menghadapi Bullying Di Kantor

Ikhtisar.comBullying adalah suatu bentuk tindakan penindasan yang menyakiti orang lain dan merupakan salah satu kekerasan yang akan menimbulkan trauma tersendiri bagi sang korban. Perilaku bullying tidak hanya ditemui di sekolah-sekolah, namun juga di lingkungan kerja atau kantor. Bentuk tindakan bullying dikantor tentu adalah suatu hal buruk yang akan menimbulkan suatu perasaan tak berguna, putus asa, bahkan korban bullying tekadang memiliki rasa untuk bunuh diri.

Sasaran bullying yang terjadi dilingkungan kantor biasanya adalah anak baru. Bertahan atau keluar terkadang menjadi pilihan sulit bagi mereka korban bullying di kantor. Oleh karenanya ada tips untuk mengahadapi bullying dikantor agar mereka yang sering dibully dapat bertahan dan menjalankan tugas sebagai karyawan dengan sebaik mungkin. Berikut tipsnya:

1.  Terima Kenyataan

Hal yang harus di lakukan ketika menerima bullying adalah menerima kenyataan. Memang bukanlah hal yang mudah dapat menerima kenyataan jika ada orang-orang yang membenci dan menindas Anda. Namun percayalah jika dengan menerima kenyataan perasaan Anda akan menjadi lebih tenang dalam menghadapi situasi tersebut.

2.  Tunjukkan Prestasi

Jika mengalami penindasan cobalah untuk menunjukkan prestasi pada mereka. Anda dapat menunjukkan prestasi selama bekerja atau menunjukkan prestasi diluar pekerjaan, seperti hobi dan minat yang anda salurkan ke berbagai perlombaan. Semisal jika Anda hobi menulis, maka Anda dapat menyalurkan karya tulisan Anda ke berbagai media massa. Tulisan yang dimuat dan mendapat honor akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

3.  Selalu ingat bahwa ada orang – orang yang menyayangi kita

Ketika Anda dibenci dan ditindas dikantor mungkin seringkali Anda dihinggapi perasaan putus asa dan merasa sendiri. Namun ingatlah bahwa Anda sebetulnya tak sendirian, masih ada keluarga, pasangan,dan teman-teman lain yang peduli dan menyanyangi Anda dengan tulus. Anda juga memiliki Tuhan yang tidak akan membiarkan Anda sendirian.

4.  Tetap Tersenyum

Meskipun ada perasaan sakit hati dan Anda ingin menangis, usahakanlah diri Anda untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah dengan mereka. Jika hal ini lakukan maka Anda akan terlihat kuat dihadapan mereka yang membullying Anda. Mereka yang membullying Anda bahkan akan merasa kaku hati karena perbuatan mereka tidak berhasil membuat Anda menjadi menderita.

5.  Motivasi Diri

Mengalami penindasan yang dialami selama dikantor harus membuat Anda menjadi termotivasi untuk lebih baik. Anda harus membuktikan kepada mereka yang membullying Anda bahwa suatu hari Anda akan menjadi orang sukses dan menunjukkan jika Anda akan membuat mereka kagum.

6.  Ucapkan Terima Kasih

Setelah Anda menjadi orang sukses, maka Anda akan merasa berterima kasih kepada mereka yang membullying Anda. Hal ini dikarenakan berkat mereka Anda menjadi lebih baik dan sukses. Mungkin mereka akan merasa malu, namun inilah cara terbaik balas dendam Anda kepada mereka.

Tindakan Bullying biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai Rasa Takut atau Rendah Diri dengan kemampuan mereka.  Dan dengan demikian mereka akan “berusaha” mempertahankan status De-facto nya sehingga tidak tampak bodoh dihadapan karyawan baru.  Cukup dengan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang layak bekerja dan bahkan siap membantu mereka, sikap dan perilaku bullying akan terpinggirkan dengan sendirinya.

Itu adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika mendapatkan bullying atau penindasan dikantor. Mungkin pada awalnya akan membuat Anda merasa lemah dan tak berguna, namun berkat mereka Anda akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dan menjadi orang sukses.

Leave a Reply