Tips mengelola Generasi Millennial di Indonesia

tips mengelola generasi millennial di indonesia
tips mengelola generasi millennial di indonesia

Ketika Anda mulai mempekerjakan generasi yang terlahir sejak 1980-an atau disebut dengan Generasi Millenial, perlu kiranya formulasi khusus dalam mengatasi mereka.  Tips mengelola Generasi Millenial di Indonesia juga menjadi manajemen strategi wajib bagi perusahaan Anda.  Tidak dapat dipungkiri kehadiran mereka akan mewarnai struktur organisasi, dan pengelolaan yang baik akan membantu pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

Generasi Millennial adalah generasi paling terhubung di seluruh dunia termasuk Indonesia, dimana mereka akan terkoneksi dengan email, internet, text messages dan lainnya. Kondisi ini menjadi konsentrasi penting dalam pengelolaan Generasi Millenial.  Generasi ini senang bekerja dalam kelompok mereka, berhubungan dengan orang-orang dan mempunyai karakteristik kerja yang sistematik.  Mereka selalu mencari tantangan namun juga menginginkan keseimbangan dalam hidup dan pekerjaannya.  Dikutip dari about.com, berikut Tips mengelola Generasi Millennial di Indonesia untuk membuat perusahaan Anda tumbuh berkesinambungan.

1.  Struktur yang Jelas

Anda perlu mendefinisikan agenda kerja dan faktora-faktor yang harus mereka capai, seperti laporan bulanan, jadwal kerja harian, meeting dan lainnya. Generasi millennial menginginkan kejelasan to do list atau task list yang mereka harus selesaikan secara harian atau periodik.  Dan sebagai pemimpin mereka, Anda perlu membuat definisi kerja dan faktor sukses bagi mereka.

2.  Kepemimpinan dan Guidance

Meski Generasi Millenial adalah anak-anak kreatif, namun mereka pun memerlukan sosok untuk dijadikan role model.  Yang terdekat tentu adalah Anda sebagai atasannya, dan mereka menginginkan feedback secara rutin dari Anda.  Mereka mengharapkan terlibat secara keseluruhan pada bidang pekerjaannya, dan memerlukan bimbingan yaitu teaching and coaching dengan komitmen tinggi.  Keinginan Anda melakukan investasi pada perkembangan kompetensi mereka adalah hal yang paling mereka cari.

3.  Mendorong Kemandirian

Terlahir dalam kondisi ekonomi dunia yang tengah tumbuh pesat, Generasi Millennial ingin diakui sebagai orang yang berkarakter “mampu” atau mandiri.  Mempunyai atau mendapatkan penilaian positif (positive image) adalah harga yang mereka inginkan, sebagaimana orang tua mereka menanamkan nilai-nilai tersebut sejak dini.

4.  Manfaatkan Tabiat Kerja Kelompok

Generasi muda ini terbiasa bekerja dalam kelompok mereka dan sangat nyaman dengan kondisi tersebut.  Mereka lebih percaya diri kepada tim dibandingkan attitude generasi sebelumnya yang one man show atau lone rangers.  Generasi Millennial lebih yakin akan sebuah super team dibandingkan superman, dan mereka mempunyai banyak pengalaman dengan hal tersebut.  Dan Tips Pengelolaan Generasi Millennial dapat dimulai dengan memberikan kesempatan pada mereka bekerja dengan kelompoknya.

5.  Dengarkan Pendapat Millennial

Generasi ini sangat mencintai orang tua mereka, yang selalu mengalokasikan waktu untuk mereka sejak dini.  Inilah yang menjadikan mereka sebagai generasi yang senang didengarkan pendapat atau keinginannya.  Opini dan pendapat mereka jangan langsung dibantah, namun dengarkanlah dengan seksama, karena sebaliknya pun mereka adalah anak-anak yang sangat baik dalam “mendengarkan”.

6.  Generasi Millennial penuh Tantangan dan Perubahan

Rasa bosan adalah hal yang buruk dan harus dihilangkan.  Dan Gen Y ini merupakan orang-orang yang sangat tidak suka dengan hal-hal monoton, dan dengan mudah mereka mengubah cara atau gaya kerja.  Melihat perubahan mereka maka Anda perlu akomodasi dengan bijak sehingga tidak merusak moral dan mentalnya.

7.  Multitasking

Istilah Multitasking menunjukkan bahwasanya karyawan Anda yang terlahir pada masa Millennial ini merupakan orang-orang dengan kompetensi dan kapasitas tinggi.  Daya analisa mereka sebanding dengan kemampuan komunikasi yang handal.  Tugas-tugas yang menumpuk tidak akan mengganggu mereka, dan beberapa macam tugas yang harus diselesaikan setiap hari atau setiap minggu adalah suasana kerja yang mereka inginkan.

8.  Manfaatkan Teknologi

Bagi generasi awal, teknologi adalah sebuah pelengkap yang mungkin belum menjadi tabiat harian.  Anda mungkin sebagai Baby Boomer atau Gen-X akan masih berkirim surat, namun generasi Millennial akan menggunakan internet atau text messages, dan mereka akan merespon dengan sangat cepat.  Pemanfaatkan teknologi lebih mempermudah Anda mengelola Generasi millennial di Indonesia.  Terlebih dengan pertumbuhan pengguna internet yang eksponensial dan pertambahan demografi usia produktif muda, mau tidak mau organisasi Anda perlu pemberdayaan internet lebih dalam lagi.

Leave a Reply