Tips Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Sulit Menabung

Tips Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Sulit Menabung

Tips Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Sulit Menabung

Ikhtisar.com – Setiap orang ingin bekerja karena ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini wajar dan dilakukan oleh semua orang. Namun bagaimana dengan yang berpenghasilan tinggi. Tentu akan memiliki sisa dari pemenuhan kebutuhan pokok bukan? Sebaiknya sisa penghasilan yang masih ada Anda simpan.

Penyimpanan tersebut pasti akan berguna bagi Anda di waktu terdesak atau di hari tua nanti. Menabung juga akan memberikan efek baik bagi Anda, yaitu menjadi tidak membeli hal-hal yang tidak diperlukan. Sering kali hanya karena hasrat Anda menjadi ingin membeli ini itu yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Bagi Anda yang sulit menabung, berikut terdapat berbagai tips yang bisa dilakukan. Inilah ulasannya.

Visi Menabung

Untuk memudahkan munculnya niat menabung, cobalah pikirkan tujuan dalam melakukannya. Misal Anda ingin membeli rumah, mobil atau ingin memiliki toko sendiri. Tentukanlah tujuan yang memang menjadi keinginan Anda. Sehingga Anda akan lebih bersemangat dalam menabung.

Alihkan Segera

Menunda memang bukanlah hal yang baik, begitu juga dalam menabung. Begitu mendapatkan gaji segeralah mengalihkan bagian dari gaji untuk menabung. Jangan menunggu akhir bulan karena uang Anda bisa habis. Namun tentu uang yang ditabungkan harus ditentukan setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Sebenarnya penghasilan kecilpun bukan menjadi alasan untuk tidak menabung, alokasikanlah walaupun sedikit.

Tempat Khusus

Sediakanlah tempat khusus untuk menyimpan uang tabungan Anda. Misal di dalam celengan atau Anda juga bisa membuat rekening khusus hanya untuk menabung. Sebaiknya pisahkan rekening gaji dengan rekening tabungan. Dengan begitu uang tabungan akan terbebas dari tangan Anda.

Membuat Anggaran

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengontrol uang adalah dengan membuat anggaran. Buatlah berdasarkan kebutuhan Anda namun tidak berlebihan. Rencanakanlah keuangan per bulannya. Tak perlu dengan menganggarkan uang “mendadak” karena sudah ada tabungan. Anda bisa menggunakan tabungan sebagai uang cadangan penting. Dengan membuat anggaran tidak ada pula pengeluaran yang tidak jelas.

Pengeluaran Seperlunya

Gunakanlah uang Anda benar-benar seperlunya. Janganlah membeli sesuatu yang memang dibutuhkan namun memiliki harga tinggi. Selalu biasakanlah opsi yang memiliki harga terjangkau. Hal ini dilakukan supaya tidak ada istilah tekor di akhir bulan.

Bagi Anda yang berstatus wanita, jangalah mudah terayu dengan diskon. Seringkali mengetahui ada diskon atau promo wanita menjadi lupa untuk menabung. Jauhilah hal-hal yang membawa Anda menjadi lebih mudah tergoda. Jika perlu hindari pusat perbelanjaan atau mall.

Mulai Sekarang

Tidak usah menabung dengan menunggu momen yang tepat. Momen yang paling tepat adalah sekarang juga. Jika Anda menundanya selama 1 hari maka esoknya pun akan tertunda lagi. Sebenarnya menabung tidaklah menunggu suatu moment, mulailah segera.

Lakukan tips di atas dengan disiplin dan penuh amanah. Hasil tabungan Anda pun tidak sia-sia. Apabila suatu saat nanti penghasilan pun bertambah maka alokasi untuk tabugan pun harus ditambahkan. Selamat menabung!

Leave a Reply