Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Bokek di Akhir Bulan

Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Bokek di Akhir Bulan

Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Bokek di Akhir Bulan

Ikhtisar.com – Menjelang pertengahan bulan, sebaiknya anda memeriksa kembali pengeluaran – pengeluaran supaya uang bulanan bisa tetap bertahan sampai akhir bulan. Jangan sampai anda harus mencari pinjaman karena uang bulanan sudah habis di tengah bulan. Jangan salah, menghemat uang bulanan itu sama sekali bukan hal yang mustahil. Apabila anda cermat dalam menata keuangan, maka uang bulanan pasti akan bertahan sampai akhir bulan. Bahkan, anda dapat mempunyai kesempatan untuk menabung. Inilah beberapa tipa mengatur keuangan agar tidak bokek di akhir bulan, yaitu :

Berhati-hati dengan Pengeluaran Kecil

Barang diskon atau makanan ringan yang harganya terlihat murah sangat mungkin menjadi penyebab utama bokek di tengah bulan. Justru karena harganya yang murah, jadi anda tidak segan mengeluarkan uang. Kemudian, tanpa terasa pengeluaran kecil akan semakin banyak dan tidak terkontrol. Untuk mencegah pengeluaran membengkak karena pengeluaran kecil seperti itu, maka anda perlu mencatat daftar dari belanjaan bulanan dan mengurutkannya berdasarkan skala prioritas.

Menyisihkan Uang di Awal Bulan

Setelah anda mencatat pengeluaran pokok bulanan, sebaiknya juga langsung mencatat target tabungan bulan itu. Setelah itu, langsung simpan uang tabungan kalau perlu buatlah rekening khusus dan buat komitmen untuk tidak menggunakan uang tersebut kecuali keadaan darurat. Hal itu bisa menjadi salah satu cara untuk menekan beberapa pengeluaran kecil. Akan tetapi, anda harus memperhatikan pengeluaran pokoknya, sebelum menentukan uang tabungan pada bulan itu.

Menghindari Kredit

Hindari hutang dalam bentuk apapun, baik itu dengan menggunakan kartu kredit, meminjam uang atau jenis kredit lainnya. Sebaiknya, pikir-pikir kembali niat untuk membeli barang secara kredit, kecuali anda berniat membeli rumah atau kendaraan yang sangat penting untuk mendukung kegiatan operasional. Selain itu, apabila anda memang benar-benar harus berkredit, maka sesuaikan cicilan bulanan dengan besarnya pendapatan. Jangan sampai terburu-buru dan memilih pembayaran bulanan yang terlalu besar dan membuat anda merasa keberatan pada akhirnya.

Mencari Pendapatan Tambahan

Apabila kondisi keuangan anda memang sudah benar-benar tidak baik, sebaiknya mencoba mencari pendapatan tambahan, bisa dengan mencari pekerjaan tambahan atau sambilan pada hari Sabtu-Minggu. Walaupun tidak banyak, anda bisa mendapat tambahan uang yang di butuhkan untuk bertahan selama 1 bulan.

Demikianlah beberapa tips mengatur keuangan supaya tidak bokek pada akhir bulan. Apabila kondisi keuangan anda sudah membaik, maka ada baiknya menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi. Anda bisa membeli emas atau bahkan mencoba untuk investasi dalam usaha. Akan tetapi, harus tetap waspada apabila memilih untuk menginvestasikan uang dalam bisnis. Jangan sampai orang yang dipercaya untuk mengelola uang malah kabur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply