Tips Mengatur Kebahagiaan Hidup dan Keamanan Finansial

Tips Mengatur Kebahagiaan Hidup dan Keamanan Finansial
Tips Mengatur Kebahagiaan Hidup dan Keamanan Finansial

Ikhtisar.com – Hidup memang tidak dapat dibeli dengan sejumlah uang. Namun tidak bisa diingkari bahwa hampir semua bagian dan aktifitas hidup membutuhkan uang. Betul bukan? Untuk memenuhi kebutuhan yang semakin banyak sebaiknya Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan.

Hal ini perlu dilakukan agar hidup tetap bahagia dan keamanan keuangan pun terjaga dengan baik. Keamanan finansial tentu harus dipikirkan semuda mungkin umur Anda. Sebab tidak ada yang tahu bagaiaman kebutuhan Anda mendatang nanti. Untuk menggapai keinginan atau cita-cita tentu juga membutuhkan keuangan yang tidak sedikit. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kebahagiaan hidup dan keamanan finansial.

1.  Bicarakan Keuangan dengan Pasangan

Apabila Anda sudah memiliki calon pasangan hidup jangan ragu untuk membicarakan keuangan berdua nantinya. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa membangun rumah tangga bukan hanya soal cinta. Diperlukan keuangan yang matang untuk membangun keluarga yang harmonis.

Pembicaraan ini dilakukan untuk menghindari persilisihan hanya karena uang. Cobalah untuk menyamakan pandangan serta ekspektasi masing-masing tentang keuangan dan pekerjaan. Utarakan apa adanya dari pemasukan, pengeluaran, tabungan, bahkan tentang hutang yang ditanggung.

2.  Berhaji di Usia Muda

Sebagai muslim yang baik, pasti ingin memenuhi semua rukun Islam. Salah satu rukun Islam adalah menunaikan ibadah haji di tanah suci sekali yang wajib dilakukan minimal 1 kali. Tentu bagi kita yang tinggal di Indonesia membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena letaknya yang jauh. Jarak yang jauh menuntut kita untuk mengumpulkan uang sambil memenuhi kebutuhan lainnya.

Sebenarnya terdapat cara yang paling mudah untuk menabung, yaitu dengan menggunakan tabungan emas. Sebab emas termasuk yang tidak terpengaruh dengan inflasi dan nilainya tergolong stabil. Atau Anda juga bisa menggunakan tabungan haji langsung. Tabungan tersebut akan membantu Anda menentuka waktu keberangkatan dan besar setoran tabungan.

3.  Pemeriksaan Keuangan

Anda harus menyadari bahwa tidak hanya kesehatan yang membutuhkan pemeriksaan rutin. Keuangan tentu membutuhkan pemeriksaan rutin pula. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan atau masalah keuangan. Jadi jika ada keadaan terdesak nanti Anda sudah bisa menghadapinya dengan adanya ketersediaan uang yang terjamin.

Pada saat pemeriksaan Anda harus memperhatikan poin-poin seperti sumber pemasukan dan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan. Anda bisa melakukannya dengan berbagai aplikasi keuangan atau program yang memudahkan perhitungan seperti ms-excel.

4.  Mata Pencaharian Sampingan

Sering kali meskipun sudah bekerja Anda, penghasilan belum mampu menutupi kebutuhan sehari-hari. Hal ini bisa diatasi dengan memiliki mata pencaharian sampingan. Anda pun tidak perlu sampai meninggalkan pekerjaan utama. Cukup pilihlah pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan di waktu senggang namun tidak menguras tenaga berlebih. Banyak jenis pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan, seperti menulis lepas, translator, trainer dan lainnya.

Beberapa tips tersebut bisa Anda lakukan. Lakukanlah secara rutin dan penuh tanggung jawab sehingga rasa keinginan menabung Anda tidak akan goyah. Keuangan tidak langsung berhubungan dengan kebahagiaan, namun masalah yang sering timbul karena masalah finansial dapat mengganggu kehidupan Anda.

Leave a Reply