Tips Mencari Kerja Bagi Yang Berusia Di Atas 40 Tahun

Tips Mencari Kerja Bagi Yang Berusia Di Atas 40 Tahun

Tips Mencari Kerja Bagi Yang Berusia Di Atas 40 Tahun

Ikhtisar.com – Mencari pekerjaan bukan hanya permasalahan lulusan baru sebuah sekolah, baik di tingkat SMA hingga Universitas. Hal ini sudah menjadi perbincangan juga bagi kalangan pengalaman yang telah berusia 40 tahun ke atas. Biasanya mereka yang masih mencari pekerjaan pada usia tersebut dikarenakan menolak mutasi dari perusahaan karena lokasi yang jauh dari keluarganya. Selain itu ada juga karena perusahaan telah dinyatakan pailit atau bangkrut. Keduanya mengakibatkan seseorang pensiun dini.

Melihat usia yang telah menginjak kepala empat menjadi dilema sendiri bagi para pekerja yang mendapat pesiun dini. Terlebih lagi, biasanya perusahaan ingin mencari pekerja yang belum berpengalaman agar meminimalisir pengeluaran dengan memberikan gaji yang relatif rendah. Namun, bagi Anda yang telah memiliki usia 40 tahun tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan baru. Menurut situs JobsDB, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang baru.

  1. Jangan pernah berhenti belajar

Orang yang telah memasuki usia 40 tahun dianggap sebagai orang yagn cenderung kolot akan perubahan. Mereka cenerung bertahan terhadap cara yang telah lama dipelajari padahal sudah ada beberapa teknologi yang lebih membantu. Sadari akan hal itu, lalu lakukan perubahan dengan cara belajar terhadap perubahan yang tengah terjadi di lingkungan pekerjaan yang sedang dibutuhkan.

  1. Buat portofolio

Portofolio membantu perusahaan dalam melihat Anda sejauh mana cocok dengan kebutuhan perusahaan yang bersangkutan. Bagi Anda yang telah memiliki banyak pengalaman kerja, cobalah untuk mencantumkan pengalaman tersebut selangkapnya. Bila ada lampiran berupa sertifikat atau penghargaan, Anda bisa menyertakannya. Semakin banyak pengalaman yang sesuai, maka perusahaan akan semakin tertarik merekrut Anda.

  1. Mempunyai objektif karir yang jelas

Seorang pelamar yang belum berpengalaman biasanya tidak memiliki arah pekerjaan yang jelas. Mereka cenderung memasukkan lamaran dengan cara gambling. Kesempatan bagi Anda yang berusia 40 tahun untuk menentukan tujuan karir yang jelas dalam perusahaan yang bersangkutan. Hal ini bisa dilakukan dalam portofolio atau ketika wawancara. Yakinkan diri mereka bahwa Anda sangat ingin memberikan kontribusi yang lebih.

  1. Tunjukkan niatmu

Indonesia sedang dihadapkan dengan masa Ekonomi yang sulit. Hal ini praktis membuat perusahaan memiliki dua alternatif besar, mencari orang yang belum berpengalaman dengan gaji yang rendah, atau memilih orang yang memiliki pengalaman untuk meningkatkan perusahaan. Bila Anda telah berusia 40 tahun tetapi memiliki pengalaman yang banyak, manfaatkan kesempatan tersebut untuk meraih pekerjaan yang baru. Anda bisa menunjukkan niat tersebut dalam wawancara baik user atau HRD.

  1. Tetaplah bersemangat

Tidak semua perusahaan bisa menerima kemampuan dan membutuhkan orang seperti Anda. Mungkin saja kriteria perusahaan tersebut berbeda dengan perusahaan yang selami ini Anda tekuni. Tetapi jangan patah semangat, tetap ingat apa yang bisa Anda peroleh dari pekerjaan. Semakin lama Anda terpuruk dalam penyesalan, maka semakin banyak kesempatan yang Anda buang.

Leave a Reply