Tips Memprediksi Gaji 5 Tahun Mendatang

Tips Memprediksi Gaji 5 Tahun Mendatang
Tips Memprediksi Gaji 5 Tahun Mendatang

Ikhtisar.com – Menjelang akhir dan awal tahun merupakan saat yang menentukan untuk seorang karyawan. Akhir tahun merupakan saat untuk survey upah minimum yang dilakukan Dewan Pengupahan Daerah yang nantinya akan dijadikan acuan untuk menentukan berapa besar upah minimum regional (UMR) pada tiap daerah. Upah Minimum Regional merupakan suatu standar minimum yang digunakan para pelaku industri untuk memberikan upah atau gaji kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usahanya. Berikut beberapa tips dalam memprediksi gaji 5 tahun mendatang, antara lain :

Keahlian yang dimiliki
Tentukan secara spesifik kemampuan yang dimiliki untuk sebuah posisi yang ingin dicapai. Kemampuan atau skill yang berbeda tentu akan memiliki perbedaan pula di dalam beberapa hal seperti contohnya sertifikar, gelar, pengalaman, dan lain sebagainya. Semua hal itu tentu saja ada harga yang harus dibayarkan, tetapi jangan selalu bergantung pada beberapa hal tersebut. Terkadang menginvestasikan seseorang yang memiliki atribut lain juga dapat membantu meningkatkan kemampuan di perusahaan. Sebagai contoh, seorang sales manajer yang tidak mempunyau pengalaman atau karyawan baru dengan sertifikat profesional akan memberikan peluang tambahan layanan yang mungkin saja diperlukan oleh perusahaan untuk berkembang, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan gaji yang besar pula.

Tingkat kepentingan
Berpikirlah secara objektif mengenai seberapa kritis posisi tersebut untuk anda. Ketika membuat sebuah struktur perusahaan, pikirkan peranan mana yang paling kritis. Lakukan beberapa cara untuk mengurangi potensi pada kerusakan dengan melakukan pelatihan silang dan membagi tanggung jawab sehingga tidak ada orang yang memiliki terlalu banyak kontrol terhadap perusahaan. Sadari juga bahwa semakin kritis suatu peranan untuk perusahaan, maka akan semakin besar pula sumber daya yang harus dikeluarkan untuk membayar posisi tersebut.

Permintaan dan penawaran
Apabila keadaan ekonomi sedang membaik dan banyak peluang pekerjaan, mungkin upah yang akan dikeluarkan oleh perusahaan akan menjadi lebih rendah. Tetapi ketika pekerjaan sangat sulit dicari, mungkin anda mempunyai talenta yang baik dengan biaya yang lebih tinggi. Situs tenaga kerja atau beberapa perusahaan outsourcing profesional dapat menjadi salah satu sumber informasi yang sangat baik dalam mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Itulah beberapa tips dalam memprediksi gaji 5 tahun mendatang yang dapat anda ketahui. Setiap orang bekerja pasti ingin mendapatkan gaji yang sesuai atau bahkan lebih tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu mereka akan berlomba-lomba untuk memperoleh pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang tinggi. Tentu hal itu tidak mudah, karena sekarang ini persaingan akan semakin ketat. Banyak sekali orang yang memiliki kemampuan yang berbeda dan berpengalaman tetapi tidak bekerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply