Tips Memilih Karier Berdasarkan Minat Dan Kepribadian

Tips Memilih Karier Berdasarkan Minat Dan Kepribadian

Tips Memilih Karier Berdasarkan Minat Dan Kepribadian

Ikhtisar.com – Hidup seseorang yang sebenarnya bermulai saat Anda memiliki pekerjaan. Akan menjadi hal yang menyenangkan untuk setiap orang jika memiliki pekerjaan yang sesuai dengan Minat dan Kepribadian. Sehingga Anda akan merasa senang saat bekerja dan lebih sukses dalam berkarir. Tentu ini sudah banyak dibuktikan oleh semua orang, bahwa dengan Memilih Karir berdasarkan Minat dan Kepribadian Anda akan bekerja layaknya melakoni hobi dan permainan.

Menemukan Pekerjaan yang sesuai Minat dan Kepribadiaan memang menjadi hal yang sulit. Namun tentu bisa dilakukan dengan kesabaran dan usaha yang keras. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu minat dan kepribadian diri sendiri. Berikut beberapa minat dan kesesuaian pekerjaanya.

  • Ide – Orang yang selalu memiliki rasa ingin tahu dan kreatif artinya ia mempunyai minat terhadap ide. Bidang pekerjaan yang sesuai dengan orang seperti ini adalah bidang kepenulisan, Tim Kreatif Acara, Pengobatan, Artistik, dan pengetahuan Alam. Apakah Anda termasuk itu? Pilihlah lowongan pekerjaan seperti itu.
  • Interaksi dengan Orang – Apakah Anda termasuk orang yang lebih senang berinteraksi sosial? Orang seperti itu biasanya memiliki sifat mudah bergaul, berjiwa sosial tinggi, dan mudah beradaptasi. Sifat ini sebenarnya kurang cocok bagi Anda yang harus bekerja di depan komputer selama seharian. Akan lebih baik jika Anda bekerja di bagian Public Relation, Konsultan, Marketing, dan Sales.
  • Produk – Jika Anda termasuk orang yang memiliki disiplin tinggi, rapi, dan sistematis namun kurang berminat interaksi dengan orang, sebaiknya Anda bekerja di depan komputer. Anda akan sangat cocok untuk mengisi lowongan seperti Akuntan, Administrasi, atau Bagian Keuangan.

Lalu bagaimana dengan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian? Berikut kami mengulasnya untuk Anda.

  • Pemecah Masalah – Orang seperti ini biasanya suka memecahkan persoalan namun tidak senang memimpin orang. Mereka bekerja dengan teliti dan berdasarkan ilmu pengetahuan serta wawasan. Sifat ini disebut dengan realistik. Tipe ini sebaiknya bekerja sebagai Dokter, Ahli Kimia, Ahli Sains.
  • Si Realistik – Orang “realistik” biasanya kurang cocok bekerja di bagian sosial. Mereka akan lebih baik dengan mesin atau peralatan sehingga lebih baik sebagai Mekanik, Insinyur, Pilot, atau Masinis.
  • Sosialis – Tipe ini sangat menyukai menolong orang dan mengikuti kegiatan sosial sehingga banyak berinteraksi dengan orang. Sebaiknya mereka bekerja sebagai Guru, Konsultan, Perawat, atau Public Relation.
  • Penggila Angka – Orang ini lebih berminat pada berkas, data, dan angka. Mereka sangat sistematis dan teratur. Tipe seperti ini disebut dengan konvesional. Pekerjaan yang baik untuk tipe konvesional adalah Administratif, Sekretaris, dan Akuntan.
  • Seniman – Orang yang menyukai seni dan sastra biasanya tidak menyukai hal yang rutin. Umumnya mereka sangat ekspresif dan tidak suka terikat terhadap perintah. Sebaiknya Anda berkarir sebagai Desainer, Penari, atau Editor Buku.

Itulah berbagai pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya, penuh dengan semangat dan hasrat sesuai Minat dan Kepribadian Anda.

Leave a Reply