Tips Hidup Tenang dan Bahagia Tanpa Hutang

Tips Hidup Tenang dan Bahagia Tanpa Hutang
Tips Hidup Tenang dan Bahagia Tanpa Hutang

Ikhtisar.com – Kehidupan memang selalu dipenuhi dengan adanya berbagai kebutuhan. Entah dari makan, pendidikan, listrik bahkan kesehatan. Oleh karena itu setiap manusia selalu dituntut untuk memiliki sumber penghasilan atau pekerjaan. Namun fakta di lapangan menyebutkan bahwa sebagian pendapatan seseorang belum mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Hal tersebut menyebabkan mereka merasa terdesak. Tak jarang desakan ini membuat mereka yang tidak puas dengan penghasilan memilih untuk mengambil hutang. Padahal perlu Anda ketahui sekali berhutang maka jeratan tersebut sulit untuk dilepaskan. Sehingga Anda akan memiliki kecenderungan untuk berhutang dan berhutang.

Berikut beberapat tips yang bisa Anda lakukan supaya hidup bahagia tanpa hutang.

1.  Keinginan tidak sama dengan Kebutuhan

Mulai detik ini pisahkanlah mana yang kebutuhan dan yang menjadi keinginan Anda. Sadarilah bahwa keinginan bukan berarti suatu kebutuhan. Keinginan tidak harus dipenuhi saat ini juga. Jangan lupa untuk mempertimbangkan sesuatu sebelum membeli, apakah itu kebutuhan atau keinginan. Utamakanlah kebutuhan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda berhutang hanya demi sebuah ‘keinginan’ bukan karena kebutuhan.

2.  Membayar Tagihan Rutin tepat Waktu

Bayarlah semua tagihan (listrik, air, telepon, dsb) dengan tepat waktu. Hal ini dilakukan supaya menghindari penumpukan tagihan. Menunda pembayaran sama saja dengan Anda berhutang dan pada jatuh tempo berikutnya pasti akan terasa berat kembali. Tentu hal tersebut terjadi karena uang yang dikeluarkan pun menjadi lebih banyak.

3.  Waspada saat Belanja Bulanan

Kebutuhan seperti sabun, shampoo, pasta gigi, dan lainnya termasuk pada kebutuhan jangka menengah. Oleh karena itu Anda dapat membelinya cukup 1 bulan sekali di supermarket. Namun jangan terlalu lama di dalam supermarket atau mall, sebab hal tersebut hanya akan membuat Anda tergoda untuk membeli yang lainnya. Ambilah barang yang memang menjadi kebutuhan Anda dan segeralah pulang berlalu dari sana.

4.  Bayar Tagihan lebih dari Minimum

Banyak orang kini memakai hutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika Anda termasuk yang menyenangi hutang dengan bank, cobalah membayar tagihan tidak sesuai dengan batas minimum. Bayarlah lebih dari itu, agar hutang cepat selesai. Jika Anda terus membayar sesuai ketentuan bank maka penyelesaian hutang semakin lama dan bank semakin banyak menerima keuntungan dari bunga yang dibayarkan.

5.  Kurangi Anggaran Hiburan

Setiap keluarga tentu membutuhkan rekreasi sesekali. Sehingga hiburan sering menjadi salah satu bagian dari point pada anggaran. Hal ini memang tidak disalahkan namun akan lebih baik jika tidak terlalu besar dalam menganggarkannya. Lebih baik Anda menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda berhutang hanya untuk melakukan liburan.

Beberapa tips tersebut dapat Anda lakukan dan cobalah menceritakan dengan anggota keluarga di rumah. Agar mereka memaklumi penghematan yang harus dilakukan. Dengan berhemat bukan berarti mengurangi kualitas hidup Anda.

Leave a Reply