Tips Bagaimana Memegang Kendali dalam Negosiasi Bisnis Anda

Tips Memegang Kendali Negosiasi Bisnis Anda

Tips Memegang Kendali Negosiasi Bisnis Anda

Menjadi seorang pengusaha atau pebisnis kini sedang banyak diminati kalangan muda. Namun perlu diingat bahwa menjalankan bisnis untuk menjadi besar akan dihadapkan pada berbagai ujian dan tantangan. Hal tersebut harus Anda tangani dengan baik dan memang tidak mudah.

Ujian dan halangan akan membuat Anda menjadi pengusaha yang tangguh. Dengan begitu Anda akan semakin handal dan lincah dalam melangkah. Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa sendiri. Ada waktu tertentu yang membuat kita membutuhkan orang lain atau pihak lain.

Untuk mengembangkan bisnis pun sebenarnya Anda perlu bekerja sama dengan pebisnis lain. Agar mendapatkan kesediaannya, Anda harus melakukan negoisasi. Negosiasi diperlukan untuk membicarakan kerja sama serta keuntungan yang didapatkan oleh kedua belah pihak. Berikut Beberapa Tips untuk memegang kendali negosiasi bisnis Anda.

1.  Buat Kerangka Perjanjian

Untuk memegang kendali Anda bisa mengajukan draft surat perjanjian. Dengan surat perjanjian yang Anda buat biasanya lawan akan mulai mendapatkan gambaran. Anda harus menanyakan pula beberapa bagian yang menyangkut pihak lain. Diapun akan segera menambahkan beberapa hal yang perlu ditambahkan. Untuk penambahan point Anda perlu mendiskusikan dan mempertimbangkan sarannya.

2.  Visi untuk Bersama

Dalam sebuah kerja sama tentu tidak ada pihak yang ingin diinginkan. Oleh karena itulah sebelum terjalin kerja sama tentukan tujuan untuk dicapai bersama. Sampaikan keinginan Anda dan tanyakan pula mitra tentang tujuannya. Setelah itu, tuliskan pada kertas perjanjian agar kejelasan terus terjaga selama kerja sama berlangsung.

3.  Selalu Terbuka

Agar negosiasi dan kerja sama dengan lancara janganlah memiliki tujuan terselubung di baliknya. Hal itu hanya akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Perlu diketahui bahwa sudah banyak negosiasi serta kerja sama yang berujung tidak baik karena ada yang ditutupi. Oleh karena itu, terbukalah satu dengan yang lain dalam keberjalanan kerja sama. Dengan begitu akan timbul komunikasi dan timbal balik yang seimbang. 

4.  Tentukan Langkah Bersama

Bukan hanya tujuan yang harus ditentukan bersaman, langkah untuk mencapai tujuan juga harus ditetukan dalam negosiasi. Dengan begitu kedua belah pihak sama sama tahu tentang langkah yang diambil mitranya. Sehingga timbul kepercayaan satu sama lain. 

5.  Komunikasikan dengan Baik

Semua hal yang menyangkut kerja sama harus dituangkan dalam sebuah kertas perjanjian. Komunikasikan tiap point dengan baik agar sang mitra juga mengerti tujuan Anda. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan sehingga Anda tampil berkelas maupun profesional. Dengan begitu mitra akan semakin percaya  untuk bekerja sama dengan bisnis milik Anda.

Memang wajar dalam sebuah negosiasi ada yang menjadi pemegang kendali. Berusahalah menjadi pemegang kendali agar bisnis Anda menjadi lebih lancar. Pemegang kendali tidak harus menjadikan Anda sebagai orang yang dominan dalam sesi negosiasi, karena yang terpenting adalah bagaimana Anda memenangkan negosiasi tanpa harus menyakiti.

Leave a Reply