Inilah Tipe Manajer menurut Permasalahan yang Dihadapinya, Manakah Pilihan Anda?

tipe manajer menurut permasalahanKetika terdapat permasalahan dalam sebuah proses atau pekerjaan, sebagai seorang manajer Anda memiliki peranan sangat penting dalam pengambilan keputusan atas permasalahan tersebut. Kemampuan Anda untuk problem solving and decision making sangat diuji pada suatu waktu.  Biasanya masalah yang dihadapi berkaitan dengan performa kerja karyawan atau seluruh Tim. Berdasarkan kutipan buku Schermerhorn berikut terdapat beberapa tipe manajer yang dikaitkan dengan penyelesaian permasalahan dan pengambilan keputusan. Manakah Anda dari kriteria tersebut, dan bagaimana Anda akan menyikapinya, berikut ulasannya kepada Anda dikutip dari portalhr.com. 

1. Problem Avoiders

Anda termasuk ke dalam tipe problem avoiders ketika mengabaikan informasi yang berkaitan dengan performa kerja yang menurun atau peluang yang bisa diambil. Anda yang termasuk dalam tipe ini biasanya cenderung pasif dalam mencari tahu informasi dan tidak ingin membuat keputusan dalam menangani permasalahan.  Anda akan menjadikan penyelesaian sebagai tanggungjawab tim dibawah supervisi Anda, dengan dalih sebagai pendelegasian tugas dan wewenang. 

2. Problem Solvers

Anda termasuk ke dalam tipe problem solvers ketika membuat keputusan dan memecahkan permasalahan saat situasi menuntut Anda untuk melakukannya. Anda cukup reaktif dan memantau permasalahan ketika sudah berlalu. Anda dapat menangani dengan baik permasalahan performa kerja namun kurang jeli dalam melihat peluang. Anda tidak ingin permasalahan berlarut sehingga mengganggu performa tim secara keseluruhan.

3. Problem Seekers

Terakhir adalah Anda yang termasuk ke dalam problem seekersProblem seekers di sini bukan berarti Anda yang menjadi sumber masalahnya, namun Anda aktif dalam mencari informasi dan permasalahan untuk dipecahkan. Anda biasanya proaktif dan visioner. Anda mampu untuk mengantisipasi permasalahan performa kerja sekaligus jeli dalam melihat peluang. Anda mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang didapatkannya. Anda yang termasuk ke dalam tipe ini biasanya dianggap sebagai ‘bukan manajer biasa.’ Inilah tipe ideal seorang manajer, dimana Anda mampu melihat situasi dan kondisi dari berbagai sudut pandang, untuk meminimalisir masalah.

Leave a Reply