6 Tipe Bos dan Cara Kerja Terbaik dengan Mereka

tipe bos dan cara kerja terbaik dengan mereka
tipe bos dan cara kerja terbaik dengan mereka

Untuk memaksimalkan kesuksesan Anda, pelajari tipe bos dan cara kerja terbaik dengan mereka sebagai atasan Anda.  Dari Tipe Bos seorang Visioner ke tipe Komandan, dan berbagai tipe bos lainnya. Dengan memahami gaya kepemimpinan manajer Anda, Anda dapat bekerja sama dengan lebih baik dan menciptakan jalan menuju sukses.

Dengan mengetahui tipe bos dan cara kerja terbaiknya, maka jika atasan Anda adalah “Visioner,” mereka mungkin akan memimpikan hal-hal besar namun mengalami masalah dalam pikiran mereka. Untuk membantu tipe pemimpin ini, bantu mereka memahami tujuan mereka dan ciptakan jalan yang jelas untuk mencapainya.

Jenis bos lainnya adalah “Pelatih.” Orang ini suka memotivasi dan mendorong karyawan untuk mencapai potensi maksimal mereka. Saat bekerja dengan mereka, penting untuk bersikap jujur, realistis dan lugas.

Jika Anda memiliki “Pembuka Jalan” untuk seorang atasan, orang yang suka menerima tantangan bagi karyawan mereka dan mengharapkan hasil terbaik, Anda harus siap untuk bekerja sangat keras dan terus menginformasikan atasan Anda dalam kemajuan Anda.

Tipe Bos dari model Pelatih hingga ke Visioner, penting untuk Anda memahaminya untuk memastikan kesuksesan.  Berikut ini adalah 6 Tipe Bos dan Cara Terbaik Bekerja dengan Mereka.

1. Visioner (Visionary)

Seorang Bos yang visioner mampu melihat jauh kedepan, menggambarkan masa depan yang akan datang, potensi peristiwa yang dapat terjadi.  Bos ini mampu membaca pergerakan pasar, konsumen, ekonomi dan lainnya, serta mempunyai naluri untuk memprediksi kejadian yang perlu disikapi.  Namun demikian mereka tidak memiliki ketrampilan dan kemampuan untuk mencapai kesana.  Bagaimana caranya, seperti langkah Taktisnya atau Perencanaan yang Komprehensif menjadi penghalang bagi Tipe Bos Visioner ini.

Bos Tipe ini membutuhkan tim yang solid, yang mampu membaca Ultimate Goal (Tujuan Utama) dan mencari Jalannya.  Anggota tim yang mumpuni menjadi keharusan dalam merealisasikan cita-cita bos Visioner tersebut.  Karakter bos ini sangat Inspiratif dan Empatik.  Mereka akan sangat dekat dengan tim dan sangat mendukung langkah-langkah tim dalam pencapaian goal.

Tipe Bos dan Cara Kerja terbaik bersama sosok yang Visioner adalah :

  • Tunjukkan antusias Anda dengan terlibat langsung dalam visi mereka.
  • Dengarkan ide mereka dengan seksama, ambil catatan Anda untuk menulis semua tujuan kunci.
  • Lakukan Brainstorming dengan tim Anda untuk mencapai tujuan.

2. Pelatih (Coach)

Tipe Bos Pelatih merupakan model yang sangat motivatif, dengan sering memberikan tantangan kepada anggota tim mereka agar mencapai target mengerahkan semua potensi yang ada.  Percakapan dan kata-kata yang mendorong akan sering terdengar, dan target-target yang menantang menjadi senjata harian mereka menggerakkan orang-orang.

Bos Tipe Pelatih mempunyai karakter yang Motivatif dan Percaya kepada tim mereka.  Mereka sangat senang mendorong anggotanya untuk sukses.  Ungkapan semangat akan membangkitkan performa anggota tim, dan rasa percaya kepada anggota tim akan mampu memperbaiki level percaya diri masing-masing orang.

Bagaimana Anda dapat bekerja dengan Bos Pelatih ini:

  • Jujur terhadap semua masalah yang Anda alami, terbuka dengan kondisi yang ada, baik itu kondisi pribadi keluarga, atau profesional.
  • Tetapkan tujuan yang realistik, yang Anda pastikan yakin dapat dicapai.
  • Berani bertanggung jawab saat Anda tidak sukses dan belajar dari pengalaman tersebut.

3. Afiliasi (Affiliate)

Bos ini senang membangun koneksi dan harmoni dalam perusahaan.  Mereka menjaga sisi emosional tim agar tetap seirama dan stabil.  Faktor emosi dalam bekerja dapat berpotensi merusak performa, dan inilah yang sangat diwaspadai Bos Afiliasi.  Tingkatan stress terhadap pekerjaan menjadi fokus mereka, sehingga setiap anggota tim dapat melaluinya.

Bos Afiliasi memiliki rasa Percaya yang cukup tinggi kepada anggotanya dan juga Empati yang baik.  Tiap anggota tim memberikan kinerja sesuai kondisi emosi mereka, dan jika terganggu, maka akan muncul peluang kegagalan pencapaian yang lebih tinggi.

Berhadapan dengan Bos Afiliasi perlu disikapi dengan cara berikut :

  • Perhatikan kondisi emosi Anda setiap saat. Sehingga potensi yang merusak akan dapat diminimalisir.
  • Membangun hubungan yang sangat erat dengan kolega Anda. Hubungan yang kuat tentu memudahkan komunikasi dua arah yang tidak terkait dengan faktor emosional.
  • Berikan dan Terima umpan balik yang ada dengan jujur atau senang hati. Tidak mudah bagi seseorang menerima saran atau kritik, meski bersifat membangun.  Itulah mengapa Anda dapat berhubungan dengan Bos Afiliasi, usahakan selalu menjaga perasaan dengan mampu memberi atau menerima saran.

4. Demokrasi (Democratic)

Bos tipe demokrasi sangat mengedepankan pendapat masing-masing anggotanya.  Mereka berpendapat bahwa Kolaborasi Efektif dan Konsensus akan memberikan jalur terbaik untuk sukses.  Setiap anggota tim pastinya memiliki pendapat yang unik dan mempunyai kemungkinan untuk berhasil dalam tim.  Bos tipe ini memiliki karakter Kolaboratif dan Percaya yang tinggi kepada anggota timnya.  Tiap anggota akan difasilitasi untuk mengemukakan pendapat dan saran mereka.  Kepercayaan yang diberikan Bos Demokrasi mampu menggugah setiap orang berbicara dengan jujur.

Bekerja dengan Bos ini merupakan sebuah keleluasaan yang perlu juga dijaga dengan tanggungjawab moral, yakni :

  • Berikan pendapat yang jujur disetiap meeting atau rapat. Pendapat Anda adalah hasil dari pemikiran yang benar dan baik, tidak hanya ingin terlihat sebagai orang yang proaktif.
  • Dengarkan pendapat kolega Anda saat terjadi diskusi atau meeting. Bos Demokrasi sangat menghargai setiap pendapat timnya, dan jika Anda tidak peduli terhadap rekan Anda, maka Anda telah mencederai nilai yang ditanamkannya.
  • Jangan pernah berkomitmen terhadap keputusan yang Anda sendiri tidak jelas. Pastikan penjelasan yang Anda harapkan sehingga juga membantu anggota lainnya mengerti dan paham.

5. Komandan (Commander)

Bos tipe ini senang memberi intruksi langsung kepada anggota tim nya.  Arahannya jelas dan tegas, tanpa basa basi. Terkadang memberikan ketakutan tersendiri kepada anggota timnya, namun tetap meminta hasil yang sesuai dengan aturan.  Terlepas Anda setuju atau pun tidak dengan ide mereka, Bos tipe ini sangat dominan terhadap tim mereka.  Inilah Tipe Bos dan Cara Kerja Terbaik berikutnya yang Anda perlu pahami.

Karakter Bos tipe Komandan adalah Diktatorial dan Langsung, mereka akan mengesampingkan faktor emosional, dan hanya fokus pada kinerja dan hasil.  Mungkin bagi Anda yang masih baru bergabung dalam sebuah perusahaan proses beradaptasi dengan yang bersangkutan akan cukup rigit. Untuk itulah perlu sikap yang perlu Anda kuasai dalam bekerja sama dengan Bos Komandan ini.

  • Kerja Keras (Banting Tulang) dan mengerjakan apa yang dimintanya dari Anda. Tanpa alasan yang kuat untuk bargain, Anda tidak disarankan menolak permintaan atau perintahnya.
  • Anda wajib fokus pada hasil akhir yang ditargetkan, tidak hanya menyelesaikan tugas atau pekerjaan namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Selesai dan Target adalah tagline Bos Komandan, yang perlu Anda sikapi dengan serius setiap saat.
  • Berikan alternatif penyelesaian masalah, jika Anda sendiri tidak yakin apa yang harus dipersiapkan dengan baik. Bos Komandan tidak ingin tim mereka datang dengan masalah, namun harus datang dengan solusi.

6. Pembuka Jalan (Pace Setter)

Bos tipe ini adalah pemimpin memiliki karakter Demanding dan Direct.  Mereka akan banyak permintaan kepada anggota tim, karena yakin masing-masing mempunyai kelebihan dan kemampuan dari semua potensi yang ada.  Mereka yakin setiap orang belum berbuat maksimal dengan potensinya, sehingga Bos ini selalu menentukan tantangan kepada tim dan meminta dampak hasil yang terbaik.  Mereka tidak berkeberatan bekerja keras demi menyelamatkan sistuasi dan kondisi.

Bagaimana Anda berhubungan dengan Bos Pace Setter ini, bukanlah perkara mudah dan bukan tidak mustahil pula.

  • Kerja Keras dan Berikan hasil terbaik yang Anda bisa. Tidak ada proses yang Anda modifikasi atau bahkan manipulasi untuk tidak memberikan yang terbaik.
  • Anda perlu mempertegas apa yang Anda butuhkan untuk achieve to target
  • Berikan informasi terbaru secara rutin, sehingga mereka memiliki gambaran progress sudah sejauh mana.

Tipe Bos dan Cara Kerja terbaik bersama mereka sangat berpengaruh pada kondisi dan situasi Anda dalam sebuah perusahaan.  Semakin Anda paham gaya mereka akan semakin mudah Anda berhasil dalam pekerjaan.

Leave a Reply