Tip Lanjutan bagi Pengembangan Diri Anda mencapai Kesuksesan Karir

pengembangan diri salah satunya adalah on timePengembangan Diri sudah menjadi menu wajib setiap profesional menghabiskan waktu dalam rutinitas kerja, dan akan selalu ada perubahan dan peningkatan kualitas pribadi untuk menjaga performa kinerja Individu dan Tim.  Banyak hal yang perlu mendapat perhatian lebih Anda dalam meningkatkan performa sebagai Profesional dan membangun kinerja Tim Organsisasi.

Berikut ini adalah beberapa Tip Manajemen dalam Personal Development yang dapat Anda kembangkan dan pelajari lebih lanjut dalam keseharian.

1.       Tepat Waktu (Be On Time for Your Appointments)

Ketika Anda berjanji walau hanya perkara kecil maka tepatilah, hal ini menjadi citra diri Anda yang sangat peduli terhadap Apppointment, sehingga mereka akan menganggap Anda sebagai orang yang memiliki Nilai Integritas Tinggi dan patut mendapatkan lebih.  Tepat Waktu terhadap janji sangat riskan jikalau dikesampingkan, karena Anda telah membeli waktu orang lain demi kepentingan Anda.  Bangunlah respek orang lain dengan selalu tepat waktu dengan janji meeting dan pertemuan.

2.       Ciumlah Aroma Mawar Sesaat

Percaya atau tidak, bahwa dengan sejenak mengistirahatkan otak Anda, maka akan tercipta produktivitas lebih tinggi dikemudian hari.  Berjalan-jalanlah disekitar kantor Anda dengan sekedar meminum kopi atau berbincang ringan kepada Office Boy.  Setelah itu ketika Anda kembali pada meja kerja, ketahuilah bahwa Anda akan lebih Kreatif dan Stressless.

3.       Perhatikan Orang dihadapan Anda

Karir Anda akan tergantung siapa orang didepan Anda yang tengah dihadapi dalam proses tersebut.  Berhati-hatilah dalam berhubungan dengan mereka, karena mereka pula yang akan membuat Anda turun nantinya.

4.       Anda tidak Lebih Pintar dari Semua Orang.

Anda mungkin lebih pintar dan kreatif dibandingkan seseorang, namun ingatlah bahwa Anda tidak lebih pintar dari semua orang.  Cobalah mencari Inputan dan Masukan dari Kelompok Anda, dan simaklah dengan baik.  Sedemikian Anda akan terkejut betapa banyaknya hal yang mungkin Anda pelajari dari mereka.

5.       Ikut Terlibat (Get Involved).

Keterlibatan Anda dalam urusan profesional mungkin sudah biasa, namun pernahkah Anda bayangkan ikut serta dalam kegiatan sosial dan penggalangan dana.  Kepuasan Hati adalah Harga Terbaik yang mungkin Anda dapatkan melalui kegiatan sosial, yang mungkin tidak Anda temui dalam kehidupan rutin kantor.

6.       Selesaikan Pekerjaan Rumah (Do Your Homework).

Persiapan adalah kebiasaan seorang profesional, bahkan walau Anda seorang Ahli pun, tetap sealu melakukan persiapan.  Persiapan Data Pendukung, Akar Permasalahan, dan Koordinasi dengan Pihak Terkait sedikitnya akan membuat Anda melakukan sesuatu Lebih Baik.

7.       Bukan Seberapa Keras Anda Bekerja namun Apa yang Telah Anda Selesaikan.

Setiap orang dapat bekerja keras dan hampir semua orang melakukannya.  Namun kesuksesan seseorang terletak pada sejauh mana dia menyelesaikan masalah bukan Tenaga dan Usaha yang telah dikeluarkan.

8.       Belajar dari Kesalahan Orang Lain.

Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan semuanya sendiri. Anda juga tidak mungkin menyelesaikan semua masalah seorang diri.  Pastikan banyak pelajaran yang Anda serap dari kesalahan dan pengalaman orang lain.

9.       Fokuskan Energi Anda.

Banyak tuntutan bagi Waktu dan Energi Anda, namun ketahuilah bahwa Anda hanya memiliki Waktu dan Energi yang terbatas.  Carilah Prioritas dalam kehidupan Anda dan tentukan yang terpenting untuk dilakukan pertama kali.  Sedikit yang Anda lakukan dengan Lebih Baik memberikan dampak yang cukup besar daripada banyak hal yang tidak selesai satupun.

10.   Perbaiki Kelemahan Anda Pertama Kali

Terkadang Anda melakukan pekerjaan dengan sangat baik, dan terkadang Anda melakukannya sebagaimana orang lain melakukan.  Namun terkadang pula Anda tidak dapat melakukan sesuatu hal dengan baik.  Untuk meningkatkan diri Anda, maka pertama kali, perbaiki kelemahan Anda yang menjadi area paling lemah dari pribadi Anda.

11.   Berani Mimpi Anda (Dare to Dream)

Jangan pernah berharap Maju jika selalu melihat ke Belakang.  Anda tidak akan pernah menemukan solusi jika percaya bahwa itu tidak mungkin.  Jadilah pribadi yang berani mempunyai Keyakinan dan Impian dan kejarlah mimpi tersebut.

12.   Jangan Batasi Kemampuan Anda (Don’t Limit Yourself)

Perbedaan seorang Leader dan Manager adalah, seorang pemimpin tidak pernah membatasi kemampuan dirinya.  Banyak orang diluar sana yang akan menghalangi potensi Anda, namun janganlah menjadi salah satu dari mereka.

13.   Setiap Orang dapat Mengemudi Kapal di Air Tenang

Perbedaan Anda dalam karir adalah bagaimana Anda menghadapi masa-masa sulit.  Jangan pernah berpuas diri dan bersantai karena semua hal berjalan dengan baik.  Perencanaan dalam kondisi sulit akan membuat Anda lebih berkembang.

14.   Buatlah Perbedaan (Make a Difference)

Tim Anda harus menjadi Lebih Produktif dan Efektif ketika Anda memimpin dibandingkan saat mereka sendiri.  Ketika produktivitas mereka masih sama dengan keadaan sebelumnya, maka tidak ada alasan bagi sebuah bisnis mempertahankan Anda.  Lakukan perubahan menjadi lebih baik.

Leave a Reply