Tingkatkan Performa Karyawan Anda dengan Coaching

tingkatkan performa karyawan anda dengan coaching
tingkatkan performa karyawan anda dengan coaching

Memperbaiki performa atau kinerja setiap karyawan menjadi beban tanggung jawab Anda sebagai Leader.  Bukan hanya menagih atau meminta mereka untuk achieve to target, namun perlu dan wajib melakukan sesuatu, yakni Tingkatkan Performa Karyawan Anda dengan CoachingCoaching & Counseling sudah menjadi hal yang common dalam industri apapun, baik barang ataupun jasa, manufacturing  atau pelayanan konsumen.  Dengan adanya Coaching dan Counseling Anda membantu tidak hanya karyawan untuk perform, namun juga diri pribadi menjadi lebih dewasa (mature) dan lebih ber-kepemimpinan. Ingatlah selalu, suksesnya sebuah tim bukan karena anggota mereka, namun karena pemimpinnya.  Inilah mengapa Anda bertanggungjawab memperbaiki performa kerja tim dengan melakukan coaching.

Karyawan akan sangat senang dengan coahing yang mereka dapatkan, karena hal itu sangat menunjukkan bukti perhatian dan keseriusan Anda untuk membangun kompetensi mereka.  Sebab, akan menjadi bumerang jika mereka merasa tidak memperoleh perhatian yang serius, yakni mereka akan berpindah kepada perusahaan lain atau bahkan yang paling buruk yakni melakukan pencurian atau kecurangan (fraud).

#Manfaat Coaching bagi Anda

  • Karyawan mendapatkan feedback untuk perkembangan karir mereka, dengan adanya interaksi personal yang terjadi secara daily.  Kontribusi setiap karyawan akan semakin jelas bagi perkembangan bisnis perusahaan Anda.  Dan perbaikan masalah pun akan cepat teratasi dengan adanya komunikasi yang intens.
  • Selain itu dengan adanya coaching Anda dapat membantu karyawan untuk improve pekerjaan mereka.  Dengan bekerja lbih efektif dan efisien maka sudah pasti nilai produktivitas menjadi naik signifikan.  Karyawan yang selalu berpikiran untuk bekerja efektif dan efisien akan membantu Anda lebih berpikir yang strategis dibandingkan berpikir operasional.

#Langkah-langkah Coaching

Sebagaimana dikutip dari about.com, berikut ini adalah langkah dalam melakukan coaching, sehingga peningkatan performa karyawan Anda akan lebih sukses.

  1. Tunjukkan Rasa Percaya Diri Anda bahwa setiap karyawan mampu untuk melakukan tugas dan tanggung jawab mereka. Anda harus yakin dengan kompetensi mereka menyelesaikan masalah, dan sesekali tanyakan kepadanya apakah mereka memerlukan bantuan dan dukungan untuk memperbaiki kinerja dan meningkatkan produktivitas.
  2. Gambarkan Permasalahan Kinerja secara Gamblang kepada karyawan Anda. Tidak perlu ditutupi apa yang sudah terjadi dan apa yang harus dibenahi.  Fokus pada masalah dan solusi bukan pada orangnya.  Berikan kesempatan mereka untuk melihat situasi dan koindisi yang terjadi.
  3. Pastikan apakah Masalah akan membatasi kemampuan karyawan mencari solusinya dan mencapai tujuan. Batasan yang sering menjadi penghalang dikenal dengan sebutan 4T (Time, Tools, Training, Temperment).  Jika Anda sebagai pemimpin tim, maka berikan dukungan Anda untuk mereka menyelesaikan masalah tersebut.
  4. Diskusikan Potensi Penyelesaian Masalah, dan berikan mereka kesempatan untuk menunjukkan ide dan masukannya. Selanjutnya dengan karyawan yang lebih kompeten (High Skills) Anda dapat berdiskusi mengenai Continuous Improvement.  Yakni Program-program Perbaikan Berkelanjutan untuk hasil makin optimal.
  5. Tentukan Waktu dan Tanggal kapan Anda akan melakukan Tindak Lanjut (Follow Up). Coaching efektif akan selalu disertai dengan proses monitoring, bukan hanya proses implementasi atau eksekusi semata.  Perlu dilihat hasil kerja yang sudah dilakukan dan apakah terjadi perubahan yang diinginkan.

Dengan semkin meningkatnya performa dan kinerja anak buah Anda, akan membantu memperbaiki perencanaan karir mereka sekaligus meningkatkan nilai kepemimpinan Anda.  Inti dari Coaching adalah membentuk pribadi yang kompeten yang berguna bagi perkembangan organisasi.

Leave a Reply