Membangun Tim Kepemimpinan Generasi Berikutnya

Membangun Tim Kepemimpinan Generasi Berikutnya
Membangun Tim Kepemimpinan Generasi Berikutnya

Anda tidak pernah tahu kapan perlu seorang pemimpin pengganti, namun Anda bisa siap setiap saat waktunya tiba.  Tim kepemimpinan terbaik berasal dari bakat-bakat internal yang sehat, di mana para pemimpin telah mengembangkan pengetahuan institusional yang hanya muncul dari perusahaan.  Membangun Tim Kepemimpinan Generasi Berikutnya merupakan sebuah obyektif penting dalam organisasi Anda.

Tantangan bagi tim yang bergantung pada promosi dari dalam adalah mereka harus pandai mengembangkan pemimpin. Kegagalan untuk melakukannya berarti Anda telah mempromosikan seorang manajer yang lemah atau tanpa pilihan lain kecuali mencari dari luar.

Semua CEO akan memberi tahu Anda bahwa bagian dari pekerjaan mereka adalah memandu serta membuka jalannya organisasi selama seperempat abad berikutnya. Dengan pemikiran tersebut, setiap strategi jangka panjang yang tidak memasukkan investasi pada generasi pemimpin berikutnya dalam bisnis maka akan kehilangan bahan bakar utama. Berikut ini empat kunci untuk membangun prakarsa pengembangan kepemimpinan bagi perusahaan Anda terhadap generasi berikutnya.

1. Komit dan Mulailah

Ada dua jenis orang: pertama, mereka yang menyelami isi kepala terlebih dahulu dan kedua, mereka yang sangat hati-hati dalam merencanakan dan menentukan jalur mereka sebelum mengambil satu langkah pun. Ketika sampai pada pengembangan kepemimpinan, cara yang pertama pastilah yang harus dipilih segera. Anda tidak akan pernah bisa sempurna dalam proses penentuan waktu, kurikulum, format atau seleksi kelayakan.

Program yang tidak akan sempurna, memang tidak perlu dibuat demikian juga. Pengembangan kepemimpinan generasi berikutnya yang hebat akan mempercepat organisasi Anda pada banyak tingkatan.  Tidak hanya tingkatan kemampuan yang diajarkan pada kurikulum kelas. Ini akan menciptakan kegembiraan dalam organisasi Anda yang mempromosikan dari dalam, tidak hanya Prediksi Hasil namun juga Tujuan Akhir. Selain itu, Anda akan takjub melihat bagaimana program ini mampu memacu penguasaan pengetahuan kepemimpinan tim.

2. Buatlah Terus menerus dan Konsisten

Memulai adalah langkah yang paling penting, maka buatlah Frekuensi dan Ritme program secara berdekatan (kontinu). Kursus atau seminar kepemimpinan yang jarang atau acak mungkin lebih baik daripada tidak sama sekali, tapi lebih baik bila Anda membiarkan sebuah program membangun momentum berkelanjutan. Lupakan retret kepemimpinan tahunan dibandingkan instruksi bulanan (atau bahkan mingguan).

Juga, turunkan filosofi kepemimpinan organisasi Anda. Ketergantungan pada instruktur luar atau pembicara tamu untuk melatih pemimpin Anda, cenderung menghasilkan pesan yang tidak konsisten. Meski demikian instruktur tamu yang tepat, bisa memberikan perubahan yang sehat, pastikan tim kepemimpinan Anda yang ada mempunyai fondasi yang baik.

3. Terlibat Percakapan mendalam dengan Tim Anda

Ketika program pendaftaran kepemimpinan diadakan, sebagian besar pemimpin Anda akan dapat dengan cepat mengidentifikasi batasan yang jelas di tim mereka, sehingga Anda perlu berkerumun dengan mereka untuk menentukan siapa menjadi siapa.

Program pengembangan kepemimpinan bukan tiket emas untuk masuk ke dalam manajemen eksekutif. Sebagai gantinya, program harus menjadi tambahan cara untuk membantu memenuhi syarat-syarat promosi di masa mendatang.

Dengan pemikiran tersebut, sebaiknya Anda menghasilkan jaring yang luas pada tahap awal karir karyawan Anda. Program seperti ini dirancang untuk membangun pemimpin masa depan, bukan hanya sekedar meminta tenaga kerja paling siap pakai. Seorang karyawan bintang, mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk masuk program, namun jangan abaikan orang-orang biasa, bijaksana dan kurang tertangkap radar, akan tetapi dapat tumbuh menjadi pemimpin dengan bimbingan dan dorongan yang tepat.

4. Jaga Semuanya Tetap Fresh

Begitu Anda membuat keputusan membuat program pengembangan kepemimpinan dan menetapkan peserta, saatnya untuk memberikan perhatian terhadap struktur programnya. Melatih tim Anda berdasarkan filosofi dan nilai manajemen organisasi menjadi sangat penting.

Namun, cara Anda harus beragam, dengan mencampurkan (1) cara kuliah berupa lingkungan kelas; (2) diskusi kelompok lebih kecil (Forum Group Discussion); dan (3) pengembangan one-on-one (Coaching & Counseling). Dengan berbagai metode tersebut, Anda telah menjaga agar siswa tetap terlibat (engage) dan memiliki kemungkinan terbesar berkomunikasi dengan semua orang.

Dengan semangat variasi yang sama, Anda harus mencampurkan dalam pekerjaan rumah, seperti proyek kerja kelompok dan ditugaskan study luar. Dapatkan pemimpin masa depan Anda dalam praktik kolaborasi dan investasi bagi pertumbuhan mereka di luar tempat kerja, yang akan membantu membangun kebiasaan kepemimpinan yang sehat pada tahun-tahun mendatang.

Tidak ada satupun organisasi yang bisa memiliki terlalu banyak pemimpin berkualitas, dan Anda pun tidak akan pernah tahu kapan harus siap.  Siap mencari pengganti, menambah atau mempromosikan seseorang. Organisasi yang dengan sengaja melakukan pengembangan pemimpin generasi berikutnya akan siap untuk kondisi apapun. Kepemimpinan generasi berikutnya berguna untuk kelanjutan perusahaan ditahun mendatang.

Membangun kepemimpinan generasi berikutnya adalah sebuah program yang sangat menarik dilakukan.  Tidak hanya oleh tim HRD, namun langsung oleh para pemimpin disetiap lini bisnis.

Leave a Reply