Pentingnya Anda untuk Tetap Berpikir Positif setiap saat

positive thinkingKrisis Ekonomi, suatu yang ditakuti setiap orang, Profesional, Pengusaha, Penguasa bahkan hanya seorang Ibu Rumah Tangga.  Krisis akan membawa suasana Tidak Nyaman, dalam Kehidupan sehari-hari.  Krisis dan Resesi Ekonomi tidak dapat dihindari jika terjadi, sama hal nya seperti Ledakan Ekonomi.  Dinamika Perekonomian suatu Negara atau Bangsa tidak dapat diprediksikan secara tepat, walau indikator-indikatornya telah dipelajari dengan seksama.  Sebagai Pribadi yang Profesional, Anda hanya dapat melakukan Persiapan Pencegahan Kemungkinan Peristiwa yang akan dialami jika terjadi Gelombang Resesi Ekonomi berikutnya.  Berkaca dari Pengalaman orang yang telah mengalami langsung efek krisis, maka berikut beberapa saran dan tips yang dapat Anda pergunakan, baik sebagai Profesional maupun Pengusaha.

#Pertama, Berpikiran Positif setiap Hari.

Badai selalu akan surut, tak peduli seberapa besarnya dia datang dan menghantam.  Jika Anda mendapatkan kondisi sebagai Jobless karena dampak resesi, yang perlu Anda lakukan adalah “Menerima Kondisi tersebut dengan menganggur penuh-waktu dan tetap optimis bahwa hal-hal ini akan segera berubah”.  Pikiran harus Tetap Terbuka dan Belajar sesuatu Ketrampilan Baru.

#Kedua, Mempertahankan Kebiasaan Latihan atau Memulai Latihan Baru.

Bangkitkan Kebahagiaan dalam Diri Anda dengan berolahraga, yang telah terbukti akan menghasilkan hormon bahagia dalam tubuh. Selain itu, olahraga membuat Anda tampak Lebih Segar dan Awet Muda.  Mungkin banyak orang resisten dengan kegiatan olahraga, namun coba perhatikan hasil akhirnya jika Anda tampak Lebih Ceria dan Riang ketika datang kesempatan wawancara pekerjaan baru.

#Ketiga, Proaktif meninjau resume Anda.

Sekarang Internet adalah Barang Mahal yang Gratis.  Anda dapat melihat dari situs apapun, baik Instansi Swasta, Intitusi Pendidikan dan lainnya, yang mengarahkan Anda bagaimana membuat dan menjual Resume serta Pengalaman dan Ketrampilan Anda untuk para Pencari Tenaga Kerja.  Perbaikan Resume ini dapat membantu Anda lebih Percaya Diri dalam menghadapi kemungkinan Pekerjaan Baru.

#Keempat, Potong Pengeluaran Pribadi.

Tagihan Bulanan tetap tidak mengenal Krisis.  Tagihan Listrik, Telepon, Kebersihan dan lainnya, belum lagi Kebutuhan Pokok Makan dan Minum.  Kondisi dengan sumber pemasukan “NOL” akan memungkinkan Anda mengalami Defisit Neraca Keuangan.  Perlakukan Cadangan Kas Anda secara Bijaksana dan Sangat Teliti.  Penggunaan Mesin Cuci dapat digantikan Tangan, Matikan AC pada saat Malam Hari, Padamkan Lampu Tengah Rumah jika Istirahat, dan kegiatan lainnya yang dapat mengurangi Pengeluaran Anda.  Anda tidak perlu gengsi dengan kondisi krisis, karena orang lain tidak akan peduli terhadap Anda.

#Kelima, Cari Iklan Lowongan Kerja Apapun.

Walau sebagai Lulusan Teknik, Anda mungkin perlu pertimbangkan menjadi seorang Marketing misalnya, kemudian teliti persyaratan pekerjaan secara hati-hati. Dunia semakin global dan kompetitif, dan semakin banyak tuntutan ketrampilan yang mungkin tidak Anda pelajari di sekolah.  Anda dapat menambah Ketrampilan dengan Pelatihan Singkat yang sangat berguna mendongkrak Performa pada saat Wawancara nanti.  Tambahan Ketrampilan sangat pasti tidak merugikan Anda pada masa datang.  Kemampuan MultiTasking sudah merupakan Persyaratan Wajib Dunia Kerja saat ini.

#Keenam, Kesampingkan Ego dan Buka Komunikasi dengan Keluarga, Kerabat dan Teman.

Budaya Timur mungkin membuat Anda mengurung diri dan menghindar dari Keluarga dan Kerabat Dekat karena menganggur.  Namun ketahuilah bahwa Sahabat Sejati adalah mereka yang peduli pada Anda bagaimanapun kondisinya.  Anda tidak tengah menghadapi Kematian yang setiap orang ingin hindari.  Peristiwa ini akan berlalu dan Anda tengah masuk dalam pergantian tersebut, sehingga mau tidak mau perlu dihadapi dengan bijak.  Yang Penting adalah Respon dan Pengelolaan Anda terhadap kondisi ini sehingga dapat kembali Bertumpu pada Kaki Sendiri.

#Last but not least, Perlakukan Diri Sendiri dengan Nyaman.

Anda harus berusaha keras mendapatkan pekerjaan baru secepatnya.  Tagihan dan Biaya Hidup semakin membebani Pikiran dan Perasaan.  Namun perlakukan Diri Anda dengan Adil pula, jangan terlalu keras terhadap diri sendiri.  Semangat dan Motivasi Anda tetap harus terjaga walau kondisi belum pulih.  Sesekali Anda meluangkan diri Nonton Film atau Makan di Tempat Favorit adalah cara yang cukup efektif meyakinkan diri Anda bahwa ini akan segera Berlalu.

Resesi akan Anda hadapi dan Resesi pun akan Anda lalui, cobalah hidup senormal mungkin. Pada saat yang sama, carilah peluang untuk Meningkatkan dan Membuktikan Diri. Albert Einstein berkata, di tengah-tengah kesulitan terletak peluang. Memang, jika tidak ada kesulitan dalam tempat pertama, maka tidak ada kesempatan akan tumbuh sebagai hasilnya.  Pada saat Anda memperolah Pekerjaan, segera Ambil Kesempatan Tersebut dengan Percaya Diri dan menjadikannya Batu Loncatan kelak.

ikhtisar.com

Leave a Reply