Temukan Tips Sukses dalam Karir Anda

tips karir suksesBekerja seolah tiada henti terbahas dalam kehidupan Anda.  Bekerja menjadi kehidupan yang harus dilalui setiap hari, dan bekerja terkadang sudah menjadi darah daging kehidupan Anda.  Adakalanya Anda bekerja dengan passion dan adakalanya hanya sebagai status sosial atau bahkan gugur kewajiban.

Akan tetapi ketika Anda telah memutuskan bekerja sebagai profesional dalam bidang ilmu tertentu, maka perlu adanya langkah-langkah praktis agar Anda bisa sukses dalam karir tersebut.  Dikutip dari forbes.com berikut cara praktis Anda melangkah sukses dalam pengembangan karir profesional.

1.  Ungkapkan Terima Kasih.

Seseorang telah berbuat baik atau membantu Anda, dengan meluangkan waktu menyampaikan rasa terima kasih Anda melalui surat, SMS, Chat atau ucapan langsung, maka Anda tengah membangun jalan sukses dalam karir.

2.  Hidup Terus Berjalan.

Tidak perlu bersedih atau terlalu bergembira dengan keadaan.  Saat Anda beruntung atau mengalami kesulitan di pekerjaan, ingatlah bahwa hidup akan terus berjalan.  Bersyukurlah selalu di saat semuanya baik, Anda pun harus bersyukur pula ketika menghadapi masa-masa sulit.  Seluruh kejadian dalam kehidupan Anda ada hikmah dibalik itu semua.

3.  Anda yang membuat Keputusan.

Anda yang paling tahu apa yang paling dibutuhkan. Ambillah waktu untuk melakukan analisa, belajar dan membuat beberapa pilihan. Kemudian, baru tentukan keputusan yang terbaik untuk Anda.  Kehidupan sukses kelak yang menikmati ada Anda sendiri, dan jikalau pun terjadi kegagalan maka Anda pula yang pertama menghadapinya.  Karena itulah keputusan karir ada di tangan Anda bukan orang lain.

4.  Pertahankan Reputasi Anda.

Reputasi adalah salah satu nilai jual Anda, maka hindari masalah dengan rekan kerja. Luangkan waktu untuk menjalin kembali hubungan dengan rekan lama. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan berhubungan lagi dengan mereka.

5.  Lakukan Hal Positif setiap hari.

Setiap malam, pikirkan hal-hal positif yang Anda raih hari ini, sekecil apa pun itu. Ini adalah cara lain untuk menunjukkan rasa syukur sekaligus melakukan introspeksi. Rasa syukur telah terbukti mampu meningkatkan kesuksesan seseorang.

6.  Tunjukkan Percaya Diri Anda.

 Ketika Anda merasa nyaman dengan diri sendiri maka berdampak pada rasa percaya diri Anda, dan akan dapat membangkitkan kepercayaan orang-orang lain di sekitar Anda.  Rasa Percaya Diri dan sikap-sikap positif dapat ditularkan kepada lingkungan Anda.

7.  Lingkungan Sekitar.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendorong dan mendukung Anda menjadi lebih baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Orang yang berpikiran dan bersikap negatif bisa mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal baik dan hanya menguras energi Anda.

8.  Sayangi Diri Sendiri.

Bukan berarti Anda harus membeli berbagai barang mahal. Lakukan saja dengan hal-hal kecil. Misalnya dengan merapikan tempat tidur di pagi hari. Jadi ketika Anda pulang kerja dan merasa sangat lelah, Anda akan bisa langsung beristirahat dengan nyaman. Sebaiknya Anda juga rutin berolahraga agar tubuh Anda senantiasa dalam kondisi bugar.

9.  Memahami Wawancara Kerja.

Wawancara kerja sejatinya adalah proses dua arah. Perusahaan berusaha memahami Anda sebagai calon pegawai. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami perusahaan tersebut. Bagaimanapun, kalau Anda berencana menghabiskan waktu Anda sekurangnya 40 jam per minggu, sebaiknya Anda benar-benar memahami bagaimana perusahaan bisa membantu Anda dalam mengembangkan karier.

10.  Positif tentang Kesalahan.

Setiap kesalahan yang Anda buat selayaknya menjadi pengalaman belajar berharga dalam hidup Anda. Jangan takut berbuat salah, tetapi pastikan Anda tidak membuat kesalahan yang sama dua kali.

Leave a Reply