Pentingnya Menemukan Passion dalam Pengembangan Karir Profesional Anda

Menemukan Passion ibarat pencarian seumur hidup, karena sangat berbeda dengan Hobi, Kesenangan ataupun Keinginan. Seorang jutawan setelah bertahun-tahun mencari uang dan membangun bisnis, ternyata menemukan passion setelah menjelang akhirnya masa produktifnya yakni dengan mengelilingi dunia. Atau seorang presiden direktur perusahaan multinasional, mendapatkan passion menjadi seorang pastur dan tenaga pendidik. Dan masih banyak lagi passion yang akhirnya ditemukan setelah sekian tahun waktu berlalu.

passion findingPassion bukanlah barang hilang yang harus ditemukan, karena semuanya telah ada dalam diri Anda, dan berupa sebuah keunikan khusus. Passion merupakan sesuatu yang Anda sangat nikmati mengerjakannya, bukan sesuatu yang Anda sangat ahli dibidangnya. Passion ibarat kesukaan anak kecil akan perilaku mereka, entah siang, malam atau tengah pagi buta. Dan seiring dengan bertumbuhnay usia, kematangan, kedewasaan dan norma serta adat istiadat, maka akan muncul hambatan mental dalam memenuhi panggilan hati. Dan dengan perkembangan serta tuntutan jaman, Anda akan ditantang untuk memenangkan Passion dan Kebutuhan Hidup.

Manfaat passion dalam hidup berkarir sebagai profesional diantaranya adalah :
1. Optimalisasi Potensi Diri Anda, karena melakukan sesuatu yang Anda sangat sukai dan sangat menikmatinya. Ide dan Kreativitas akan tertantang jika semua pekerjaan Anda adalah Gairah dan Semangat mencapai keberhasilan.
2. Karir dan Kehidupan akan berjalan seiring. Anda akan mampu menunjukkan ekspresi dan aktualisasi diri tanpa adanya batasan dan hambatan yang bersifat ekstrim, semisal kompensasi, benefit, pangkat dan jabatan.
3. Kepercayaan dan Keberanian yang meningkat. Mengerjakan sesuatu sesuai dengan passion Anda tentu sangat mendorong rasa percaya diri dan keberanian dalam bertindak ,karena adanya keyakinan akan sebuah pencapaian yang gemilang.
4. Kejujuran dan Keikhlasan dalam Bekerja. Sudah pasti jika pekerjaan adalah Passion Anda, maka nilai kejujuran dan integritas sudah pasti menjadi prioritas, dan lapang dada atau ikhlas merupakan kebutuhan Anda dalam sebuah prestasi.

Bagaimana Anda dapat menemukan Passion dalam diri pribadi, jika memang sudah ada sebelumnya. Hal ini ibarat pencarian cinta sejati yang hanya perlu waktu untuk menemukannya.

1. Perluas Horison dan Wawasan Anda, dengan sering bertemu orang, berdiskusi apa saja, sering membaca buku, belajar bahasan dan sejarah, mencoba makanan baru, mendatangi tempat baru dan lainnya. Lakukan segala sesuatu yang tentu tidak akan banyak menyita waktu dan energi. Lakukan semuanya dengan rangkaian yang bersifat natural tanpa dipaksakan.
2. Jangan setengah-setengah dalam bertindak. Proses memunculkan Passion ke permukaan merupakan sebuah proses yang tidak boleh setengah-setengah, karena pada akhirnya Anda tidak dapat merasakan Passion sesungguhnya. Jangan pernah lewatkan waktu Anda untuk melakukan sesuatu sampai tuntas, dan dapat menikmatinya.
3. Berpikiran Positif dan Antusias. Meski Anda belum mendapatkannya, namun tidak perlu marah dan emosional. Perjalanan waktu pasti akan membuka jalan menemukan Passion Anda walau bertahun lamanya.
4. Nikmati dan Selami. Proses penemuan Passion adalah tiada akhir, sehingga cukup lakukan dan rasakan. Meski pekerjaan saat ini cukup menyita energi Anda, namun lakukanlah dengan Tulus dan Ikhlas, karena mungkin disinilah Anda akan bertemu dengannya. Tidak perlu berhenti dari pekerjaan hanya karena overload, waktu yang ketat dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apa yang menjadi alasan terciptanya Anda, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk kemashlahatan sekitar. Apakah makna hidup Anda bagi orang lain, dan masih banyak pertanyaan lainnya yang perlu dijawab. Semakin Anda mampu mempertegas jawabannya, maka akan makin tampak Passion Anda dalam menjalani Hidup sebagai Pribadi atau Profesional.

ikhtisar.com

Leave a Reply