Temukan Kembali Arah Karir Anda Tahun Depan

menemukan arah karir tahun depanMenjelang akhir tahun mungkin banyak orang-orang yang tengah berusaha menemukan atau mencari kembali karir yang tepat untuk tahun depan.  Pergantian tahun dapat menjadi sebuah momen bagi Anda mencari peruntungan baru, mendapatkan kompensasi lebih baik atau posisi lebih tinggi.  Penemuan arah karir menjadi makin penting ketika akhir tahun merupakan tekanan besar dalam peforma kerja Anda.

Menemukan kembali arah sebenarnya dari karir yang Anda inginkan merupakan sebuah pencarian yang sangat emosional.  Apakah hanya sisi Kompensasi dan Benefit yang Anda incar, ataukah ada sisi Work Life Balance yang dominan.  Kembali semuanya pada prioritas Anda dalam mencari arah karir profesional ditahun depan.

Mengutip dari hasil survey dan penelitian, banyak orang yang tidak paham apa tujuannya dalam bekerja dan apakah pekerjaan mereka sekarang sudah memenuhi aspirasi profesional yang diinginkan.  Apakah profesinya sekarang merupakan panggilan dalam hidup atau hanya sebuah kewajiban semata sebagai kepala rumah tangga atau anak tertua dalam keluarga.

Proses mencari kembali tujuan dan arah dari pekerjaan yang Anda lakukan, baik saat ini atau saat akan datang merupakan sebuah pendekatan bagaimana Anda ingin mengembangkan diri dalam karir dan pekerjaan.  Pertanyaan berikut akan memudahkan Anda menemukan kembali arah dan tujuan karir Anda.

  1. Siapakah Anda
  2. Apakah yang Ingin Anda Lakukan
  3. Bagaimana Anda dapat Bekerja

#Menemukan Kembali Diri Sendiri

Sebelum mencari pekerjaan yang diidamkan, pertama kali Anda harus menemukan jati diri sebenarnya.  Who am I ?” adalah pertanyaan dasar yang harus Anda jawab, sebelum latah melamar kerja pada perusahaan besar.  Pertanyaan berikut ini akan memandu Anda mencari tahu jati diri terlebih dahulu sebelum menemukan pekerjaan yang tepat.

  • Kapankah Anda merasa paling “Komitmen”, “Bersemangat” dan “Antusias”
  • Kapan Anda meras paling “Kreatif”
  • Kapan Anda merasa paling yakin dengan “Diri Sendiri” dan “Keputusan Sendiri”
  • Apakah yang paling penting bagi Anda dalam mencapai “Pencapaian Terbesar”

Pertanyaan tersebut merupakan formula dasar pencarian jati diri yang terkait dengan karir profesional yang Anda inginkan.  Jika Anda merasa nyaman dan yakin dengan profesi sebagai Programmer, maka tidak seharusnya Anda melamar sebagai Akuntan meski dengan Kompensasi dan Benefit dua kali lipat.

#Mencari Tahu Apa Yang Ingin Dilakukan

Setelah Anda menemukan diri sendiri dengan segala kemampuan dan keinginannya.  Selanjutnya muncul pertanyaan baru yakni “what you want to do ?”.  Karir atau Profesi Anda harus selaras (Allign) dengan diri Anda.  Tidak mungkin rasanya skill seorang teknisi sipil harus mengerjakan pembukuan, sungguh sangat bertolak belakang dan sia-sia.  Bagaimana cara Anda mendapatkan pilihan karir yang tepat bagi diri sendiri.  Lakukanlah brainstorming pada diri sendiri terhadap pekerjaan yang menurut Anda cocok dan tepat, kemudian lakukan beberapa test psikometrik yang sudah umum.

1.  Eksplorasi Lebih Dalam akan Pilihan Anda.  Evaluasi dan Analisa lebih jauh beberapa pekerjaan yang “mungkin” cocon dan sesuai dengan keinginan, kemampuan dan kapasitas Anda.  Memulai dengan analisa mendalam merupakan langkah awal menjalani karir yang sukses.  Mulai dengan pengalaman kerja Anda dan manfaatkan orang-orang yang dikenal sebelumnya sebagai starting.  Mulailah dengan pertanyaan apakah peran Anda saat ini dalam perusahaan, apakah Anda dapat berperan lebih baik, ataukah Anda perlu mencoba peran baru dalam perusahaan, ataukah peran yang sama pada organisasi lain.

2.  Gunakan Test.  Perangkat ini dapat Anda cari diberbagai referensi, baik offline atau online.  Berikut salah satu Careers Test yang dapat dipergunakan.

3.  Berpikir Lebih Jauh.  Meski hasil test menunjukkan Anda mempunyai potensi dan kapasitas yang memadai dengan pilihan karir, namun hasil test merupakan rangkaian formulasi dari data-data history.  Dan percaya pada diri sendiri jauh lebih efektif dalam menentukan pilihan karir Anda tahun depan.

4.  Kumpulkan Semua Pilihan.  Pilihan beberapa karir yang Anda inginkan, selanjutnya dapat dikomparasi satu dan lainnya.  Anda tidak harus memilih sekarang, namun tentukan 4 atau 5 pilihan yang dapat menjadi pertimbangan.

5.  Lakukan Penelitian Karir.  Setelah Anda mendapatkan pilihan-pilihan yang menjadi tujuan karir masa tahun depan, maka saatnya melakukan penelitian terhadap performa karir yang diincar.

  • Carilah situs-situs yang valid dan terpercaya mengenai karir Anda, pelajari tren industri, tingkat kompensasi dan benefit, kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan dan ketersediaan pekerjaan dilapangan.
  • Lakukan PEST Analysis lebih lanjut sebelum memutuskan.  PEST (Political, Economics, Social, Technological) merupakan alat ukur terhadap organisasi yang akan Anda tuju.
  • Mengunjungi situs perusahaan yang dituju.  Mencari lebih jauh mengenai performa dan kondisi aktual saat ini.

#Bagaimana cara Anda dapat diterima Bekerja

Yang terakhir inilah sebagai tujuan dari pilihan karir Anda.  Setelah melakukan penelitian lebih jauh dan analisa lebih dalam, kemudian ujungnya adalah bagaimana Anda dapat diterima bekerja pada perusahaan pilihan tersebut.  Tidak serta merta Anda langsung melamar, namun harus ada perencanaan matang dan strategis.

  • Mulailah menuliskan visi misi kerja Anda, tujuan jangka panjang dan program yang akan dilakukan setelahnya.
  • Kualifikasi apa yang diperlukan, Pengalaman yang harus dibangun dan Organisasi seperti apa yang menjadi awal terbaik.
  • Tujuan jangka pendek dan tetapkan dengan SMART.
  • Siapkan pula rencana darurat, jika Anda tidak mendapatkan yang diinginkan.

Menemukan kembali arah karir Anda tahun depan merupakan sebuah proses.  Anda perlu perencanaan yang matang dan analitis.  Tidak perlu terpancing emosi dan situasi, namun berpikirlah secara matang dan dewasa.  Tujuan Anda mencari karir yang lebih baik, harus menjadi sebuah pilihan yang memang lebih baik dibandingkan saat ini.  Tidak salah Anda berganti perusahaan, namun jika memungkinkan Anda mendapatkan peran baru dalam perusahaan yang sama, maka proses adaptasi akan lebih cepat dan lebih mudah sehingga peningkatan karir Anda tentunya akan lebih progressif pula.

Leave a Reply