Temukan Kekuatan Anda dengan Umpan Balik

your strengthsUmpan Balik adalah cara Efektif dalam Menemukan Kekuatan dan Kelemahan Anda dalam Karir Profesional.   Umpan Balik adalah Bentuk Masukan dan Inputan yang Konstruktif yang dapat Anda peroleh dari Rekan Kerja, Kolega, Atasan bahkan Bawahan.  Namun pada umumnya Umpan Balik atau Feedback diperoleh dari Supervisi Anda.  Kebanyakan diantara Anda membangun Karir berdasarkan Kualifikasi dan Pengalaman yang ada dan sedikit melupakan dan mengesampingkan Potensi Diri Sendiri yang sangat Besar yang hanya dapat diketahui dengan adanya Umpan Balik atau Feedback.  Banyak orang yang mengabaikan Kekuatan Diri Sendiri dan Fokus pada Kelemahannya.

Banyak faktor yang membuat Anda tidak mengetahui dan mengelola Kekuatan Diri, diantaranya adalah Sejarah atau Latar Belakang Keluarga.  Semisal seorang Pedagang akan memberikan Nasihat dan Anjuran agar anak mereka juga menjadi Pedagang, seorang Petani mengajari anaknya untuk Bekerja di Sawah dan Kebun sehingga Pola Pikir atau Paradigma Sang Anak akan menjadi Petani Kelak.  Namun saat ini dimana Dunia semakin Cepat Berubah, Anda tidak dapat lagi memakan Mindset Kuno tersebut, karena suatu waktu Anda akan tenggelam dalam Ketidakpuasaan atau Kekecewaan.  Anda tidak mungkin mengambil Risiko menjadi Orang yang Biasa-biasa sementara Potensi dan Bakat Besar belum ter-eksplorasi maksimal.  Anda tidak mungkin menjalani Pekerjaan dan Profesi yang tidak sesuai atau tidak disukai.

Bagaimana Anda dapat Mengetahui Kekuatan Diri Sendiri?

Menurut Peter Drucker Penemu Metode Feedback Analysis, yang diambil dari seorang Theolog Jerman pada Abad 14, menjelaskan cara kerja Metode ini.

#Pertama, Ketika Anda mengambil Keputusan atau Tindakan Penting, maka Tuliskan apa yang Anda harapkan Terjadi.

#Kedua, Setelah melalui beberapa Hari, Minggu atau Bulan setelah Kejadian, maka Anda perlu bandingkan Hasil Aktual dengan Harapan Anda Sendiri.

Menurut Drucker jika Anda melakukan Cara ini secara Konsisten maka akan terungkap hal berikut :

  1. Apakah Kekuatan Anda
  2. Apa yang Anda lakukan Berhasil atau Gagal, akan menunjukkan Manfaat Penuh dari Kekuatan Anda
  3. Dimana Anda tidak Berkompeten dengan Sesuatu, akan mengungkap pula daerah mana yang Anda tidak Memiliki Kekuatan dan Gagal untuk Perform.

Drucker juga menyarankan tindakan berikut setelah Anda tahu akan Kekuatan Sendiri:

  1. Berkonsentrasilah pada Kekuatan Anda. Tempatkan diri Anda di mana Kekuatan dapat memberikan hasil.  Anda jangan berpusat bagaimana mengurangi Kelemahan, namun Lebih Fokus untuk Meningkatkan Kekuatan.
  2. Bekerjalah pada Perbaikan Kekuatan Anda, sehingga mendapatkan Hasil yang jauh lebih Besar lagi.
  3. Jauhkan Aktivitas yang mana Anda menemukan Titik Lemah dan sedikit kesempatan menjadi sekdar Orang-orang Kebanyakan (Mediocre Performer).

Sejauh ini Feedback Analysis akan membantu Anda mengungkap Aset Terbesar Diri Sendiri, yakni Kekuatan Anda.  Umpan Balik adalah Cara Efektif untuk Menemukan dan Memanfaatkan Kekuatan Anda yang Sebenarnya.

ikhtisar.com

Leave a Reply