Team Management Skills sebagai Inti dalam Pengelolaan Tim Anda

team management skills, inti pengelolaan timSelamat Anda dipromosikan sebagai manajer, dan bersiaplah mengelola orang-orang dengan menggunakan cara-cara Manajemen Tim yang efektifTeam Management Skills merupakan Inti Dasar bagi Anda dalam pengelolaan tim.  Meski Anda memiliki tim yang handal dan solid, namun masih banyak tugas selanjutnya yang perlu dikerjakan, seperti memilih orang yang tepat, menentukan tugas, berkomunikasi dan bekerjasama, serta mengembangkan dan memotivasi tim.

1.  Hal Pertama (First Things First)

Sebagaimana pemahaman dari Warren G Bennis, “Leaders are people who do the right things; managers are people who do things right”, menunjukkan perbedaan antara seorang Manager dan seorang Leader.  Akan tetapi keduanya perlu Anda pahami, meski berbeda peran yang cukup jelas.

2.  Pentingnya Delegasi (The Importance of Delegation)

Prioritas utama seorang manajer adalah kemampuan melakukan delegasi.  Anda tidak hanya seorang dengan wewenang instruksi, namun harus paham kapasitas masing-masing tim, sehingga dapat menempatkan orang pada porsi pekerjaannya.  Anda harus mampu meningkatkan performa tim dengan memberikan kepercayaan kepada orang-orang, sehingga pencapaian organisasi akan lebih besar.

3.  Motivasi Tim (Motivating Your Team)

Tugas penting lainnya seorang manajer adalah memotivasi anggota tim.  Pendekatan yang berbeda terhadap orang-orang yang bekerja dengan Anda.  Pemahaman akan Teori X dan Y akan cukup membantu Anda memotivasi tim.

4.  Pengembangan Tim (Developing Your Team)

Tim Anda berisikan orang-orang dengan kemampuan berbeda.  Ada yang menjadikan pekerjaan sebagai tantangan dan ada pula yang menganggap sebagai beban.  Inilah kesempatan Anda menjadi seorang manajer yang sanggup mengembangkan kemampuan dan ketrampilan masing-masing anggoa tim.

5.  Komunikasi dan Bekerjasama (Communicating and Working with)

Komunikasi dengan tim Anda dan dengan Tim lainnya adalah sebuah ketrampilan yang esensial.  Komunikasi dengan tim sendiri, maka Anda harus hadir dalam sesi briefing pagi, atau konsolidasi sore misalnya.  Komunikasi dengan orang-orang dalam tim Anda, maka yang terpenting Anda harus Aktif Mendengar.

Komunikasi dengan orang diluar Tim seperti atasan atau rekan dari departemen lainnya sangat membantu keberhasilan Tim Anda.  Atasan menjadi salah satu orang terpenting yang harus diajak dalam komunikasi ini.  Pelajari ketrampilan asertif dan win-win negotiation, sehingga mengangkat performa tim keseluruhan.

6.  Pengelolaan Disiplin (Managing Discipline)

Anda harus berani bertindak dalam mendisiplinkan orang-orang, meski banyak orang berharap tidak melakukannya.  Disiplin agak berbeda dengan umpan balik (feedback), karena tidak selalu berhubungan langsung dengan pekerjaan.  Feedback dapat diberikan melalui email atau telepon, namun perilaku dan sikap harus dihadapi dengan cara personal yang berbeda.

Saat Anda mendapatkan posisi sebagai manajer, dari sebelumnya sebagai pelaksana lapangan (officer), maka Anda memerlukan alat-alat bantu dan teknik-teknik khusus.  Sebagai manajer Anda harus mulai mengorganisir, memotivasi, membangun dan berkomunikasi dengan Tim Anda.  Anda harus belajar mendelegasikan efektif, berkomunikasi efektif dan mengelola disiplin.

Leave a Reply