Manfaat adanya Target dalam Hidup dan Karier Profesional Anda

resolusi hidupPerubahan Resolusi setiap tahun mungkin Anda lakukan dengan tidak sadar.  Setiap pergantian Tahun Anda mungkin telah berpikir apa yang akan dilakukan tahun ini.  Setiap membuat Rencana Baru atau Target Baru yang berhubungan dengan Hidup dan Karir tentu Semangat Menggebu akan muncul.  Namun tanpa sadar, hari demi hari setelah melakoni kesibukan, Anda telah lupa dengan Target tersebut dan pada akhirnya hanya menjadi sebuah daftar yang tak kunjung diwujudkan dalam sebuah Aksi dan Tindakan.  Tinggal Wacana dalam Relung Hati Anda.

Bagaimana Anda dapat mewujudkannya? Sehingga tidak hanya Karir Profesional yang bertumbuh namun Kehidupan Anda juga makin Berkualitas.  Ada tiga prinsip penting sehingga Anda dapat lebih nyaman menjalankan Target yang telah dicanangkan dalam Kehidupan Individu atau Karir Profesional.

Tentukan Tujuan yang Jelas
Ketika Anda menuliskan rencana liburan tentu penuh semangat dan antusias tinggi dibandingkan ketika menuliskan rencana hidup tahun depan dan lima tahun berikutnya.  Target Hidup jauh lebih penting daripada Target Kesenangan.  Tidak ada salahnya Anda memikirkan apa yang ingin diraih dalam hidup ini, baik dalam Kehidupan Keluarga atau Karir Profesional.  Pengalaman Hidup Anda akan menunjukkan arah terbaik dalam hidup.

Buat Tujuan yang jelas untuk Jangka Pendek maupun Jangka Panjang dengan menetapkan Dateline atau Batas Waktu Pencapaiannya.  Tuangkan cara Anda melakukannya serta tahapan-tahapan yang akan dilakukan hari demi hari dan waktu demi waktu.  Target Hidup ibarat sebuah Proyek dalam Karir Profesional Anda yang memiliki Rundown langkah Pelaksanaan.

Tetapkan Prioritas Kegiatan

Tidak mungkin Anda mampu melakukan setiap aktivitas dengan sekaligus, semua harus berdasarkan Prioritas, karena itulah inti dari Manajemen Efektif.  Yaitu Manajemen yang menetapkan segala sesuatu secara Prioritas, Bertahap, Sesuai urutan Kepentingannya.
Maka Anda buatlah langkah-langkah mewujudkannya, hari per hari, atau bulan per bulan. Jika hari ini langkah tersebut sudah dilaksanakan, segeralah buat langkah berikutnya untuk hari esok.

Ciptakan Kebiasaan Baik
Peribahasa : “Bisa Karena Biasa” menjelaskan bahwa Kebiasaan diartikan dilakukannya suatu kegiatan secara berulang-ulang. Suatu kegiatan dapat dilakukan, setidaknya jika dilakukan sampai 21 kali dalam waktu yang berdekatan atau berkesinambungan. Kebiasaan ini tentu saja membutuhkan Disiplin Tinggi, juga Niat Teguh. Pada akhirnya, kebiasaan akan membawa Anda pada kesuksesan meraih target yang diidam-idamkan.  Awal sebuah Kegiatan jauh lebih sulit dibandingkan setelahnya karena Anda butuh Momentum untuk melakukan hal tersebut.
Dorothy Lehmkuhl, penulis “Organizing for the Creative Person” mengatakan ada tiga kekuatan yang harus dimiliki agar Manajemen Waktu dan Target bisa tercapai. Yaitu :

(1) Keinginan untuk Berubah menjadi Lebih Baik.

(2) Percaya dan Yakin bahwa Sukses Kecil akan Mengiringi Sukses Besar.

(3) Usaha untuk Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas.

Perubahan Karir

Setelah menjalankan tiga hal penting dalam perubahan Hidup Anda maka khusus dalam Perubahan Karir Profesional sebagai salah satu fenomena yang umum dilihat dalam dunia kerja Anda juga perlu melakukan beberapa Prinsip Penting. Hal apa sajakah yang diperlukan jika Anda memutuskan untuk merubah Arah Karir yang ada sekarang, pertanyaan berikut ini perlu Anda jawab sebelum melakukan Perubahan Karir:

  1. Apakah Anda sungguh-sungguh ingin Merubah Karir?
    Pelajari Situasi dan Pilihan Anda, Pastikan karir yang dipilih benar – benar Cocok dan Sesuai dengan Keinginan dan Harapan Anda.
  2. Apakah Anda Paham apa yang Anda diinginkan?
    Lakukan Analisa terhadap diri Anda, apa yang Anda suka, Tujuan dan Motivasi, satukan dengan Kekuatan dan Kelemahan yang dimiliki.
  3. Apakah Bayangan Karir nanti menurut Anda?
    Pilihlah karir yang cocok dengan Anda, Baca dan Pelajari mengenai Minat dan Bakat yang Anda miliki untuk menentukan Target Karir.  Anda perlu memahami tentang Karir tersebut agar tercipta Visuliasasi yang mendekati Kenyataan.
  4. Dapatkah Anda menguasai Ketrampilan yang dibutuhkan?
    Beberapa jenis  skill akan berguna tak peduli dalam industri apapun Anda bekerja. Semisal Kemampuan IT, Ketrampilan Komunikasi atau Lainnya.  Anda perlu menambah beberapa Ketrampilan lainnya dalam mempersiapkan Perubahan Karir ini.
  5. Siapkah Anda Memulai Kembali dari Awal?
    Pada saat Anda memutuskan merubah Karir, bukan tidak mungkin tawaran yang muncul akan dimulai dari level paling bawah. Hal ini merupakan sesuatu yang positif jika Anda dapat mempelajari lebih dalam tentang perusahaan baru tersebut.  Anda perlu mempersiapkan Diri setidaknya melakukan sesuatu dari awal lagi.

ikhtisar.com

One thought on “Manfaat adanya Target dalam Hidup dan Karier Profesional Anda

  1. Burhan Muljanto September 13, 2013 at 7:15 PM

    Trima kasih, saya akan menerapkan apa yg ditulis dalam makalah ini

Leave a Reply