Tanyakan Diri Anda saat ada Tawaran Kerja

tanyakan diri anda saat ada tawaran kerja

tanyakan diri anda saat ada tawaran kerja

Dunia kerja saat ini sangat kompetitif, dan tidak mudah bagi kita memperoleh kesempatan kerja yang baik dan yang sesuai dengan passion.  Ketika Anda menghadapinya, maka tanyakan diri Anda saat ada tawaran kerja datang, sebelum memutuskan apakah akan menerima ataukah akan menolaknya.

Tawaran Kerja bisa jadi datang menghampiri tanpa terduga, hal ini dikarenakan dunia teknologi sudah sangat penetratif dan informatif, sehingga tidak aneh manakala profil diri atau data diri Anda mudah diketahui oleh banyak perusahaan.  Pertemanan atau hubungan personal melalui media sosial menjadi salah satu jembatan yang mempercepat aliran informasi tersebut.

Selanjutnya yang terpenting adalah bagaimana Anda akan menyikapi diri ketika tawaran kerja datang menghampiri.  Perlu sikap yang bijak untuk bertanya pada diri sendiri sebelum memutuskannya.  Terlepas dari kesempatan kerja tersebut Anda yang mencari atau Anda yang dicari, maka pemikiran matang dengan bertanya pada diri sendiri saat tawaran kerja datang adalah sebuah keniscayaan yang bijak dan dewasa.  Berikut ulasan mengenai pentingnya Anda bertanya pada diri sendiri saat menerima tawaran kerja.

1.  Apakah tawaran gaji sudah sesuai dan pantas?

Tawaran gaji adalah prioritas Anda.  Mengapa Anda berpindah perusahaan dengan gaji lebih kecil, jikalau memang tidak ada masalah di perusahaan lama.  Jika penawaran yang Anda terima adalah pantas dan layak, serta setara dengan posisi ditempat lainnya, maka tidak salah Anda menerimanya.  Jika ternyata nilai tawar Anda masih lebih rendah dan merasa “tidak pantas” maka jangan dipaksakan tawaran tersebut.

2.  Apakah Anda akan dapat bekerja baik dengan calon atasan baru?

Gaji mungkin menjadi prioritas utama Anda menerima tawaran kerja.  Yang kedua adalah sejauh mana Anda menilai akan mampu bekerjasama denan atasan baru.  Kemungkinan ini dapat ditelaah ketika Anda bertemu calon atasan pada saat wawancara berlangsung.  Jika sesi wawancara tidak menunjukkan ketertarikan Anda terhadap calon atasan, maka meski nilai kompensasi yang ditawarkan sangat menarik, lebih bijaksana kiranya Anda mencari peluang lain.

3.  Apakah yang Anda tahu tentang kolega dan rekan kerja?

Cari tahu rekan kerja Anda yang akan menjadi tandem dan partner sehari-hari.  Apakah mereka akan mempunyai visi sama dalam bekerja ataukah bertolak belakang. Jika Anda hanya mementingkan salary tanpa melihat kemungkinan rekan dan tim kerja nantinya, maka akan tercipta suasana kaku dalam pengembangan Teamwork.  Anda dapat bertanya untuk mencari tahu potensi rekan kerja nantinya, sehingga proses adaptasi kelak akan terjadi lebih smooth.

4.  Apakah Anda akan nyaman dengan lingkungan baru?

Perubahan lingkungan menjadi salah satu kendala utama yang harus dihadapi saat Anda menerima tawaran kerja.  Ketika sesi wawancara berlangsung, mindset atau paradigma Anda akan selalu memunculkan semangat positif.  Hal ini akan berbeda ketika telah masuk dan “nyemplung” dalam kolam permainan sesuangguhnya.  Tanyakan diri Anda siap berbaur dengan lingkungan baru.

5.  Apakah Budaya perusahaan akan sesuai dengan nilai dan pribadi Anda?

Kompensasi yang Anda peroleh perlu dibandingkan dengan budaya perusahaan.  Jika Anda merasa menemukan Nilai dan Karakter yang sesuai dengan pribadi Anda, maka menerima tawaran kerja adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.  Tujuan akhir Anda bekerja adalah mencapai aktualisasi diri yang tidak hanya terkait dengan kompensasi dan benefit semata, namun juga akan berhubungan dengan masa depan yang Anda akan raih kelak.

6.  Apakah Anda siap pulang-pergi setiap hari demi pekerjaan ini?

Saat interview mungkin perjalanan satu jam bukan kendala berarti, namun akan sangat berbeda jika Anda melakoninya setiap hari, dua kali sehari, dan dari senin sampai jumat.  Apakah Anda sudah mempersiapkan mental dan fisik jika lokasi kerja saat ini cukup jauh waktu tempuhnya?  Apakah Anda sudah menghitung biaya yang akan dikeluarkan jika membawa kendaraan sendiri ataupun menggunakan kendaraan umum lainnya?

http://careerplanning.about.com/od/joboffers/a/offer_questions.htm

Leave a Reply