Tanda-tanda sebuah Tim Super

Tim Hebat dan Handal tentu menjadi Idaman setiap Pemimpin Perusahaan dalam menjalankan Organisasinya, karena tentu hal ini mempermudah terwujudnya Visi Misi Perusahaan, Tujuan Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang Organisasi dan Tumbuh Kembang Tim.  Tim Super adalah harapan dan cita-cita setiap Individu yang tergabung dalam Kelompok Kerja, sehingga bermanfaat bagi Pribadi dan Kelompok.  Tim Super ini memiliki Karakter dan Perilaku yang sangat Kompak, Kreatif dan Inovatif mencapai Performa.  Sinergi dan Kerjasama antar anggota membuat Tim Super menjadi Tim Idaman.  Berikut tanda-tanda Tim Super yang dapat Anda pahami dan pelajari untuk menjadi Tim Pendukung Anda. 

1.  Kepemimpinan yang Baik (Good Leadership)

Sudah pasti setiap Organisasi akan sukses ketika memiliki Pemimpin dengan Kepemimpinan yang Baik dan Handal.  Kepemimpinan yang baik merupakan sebuah Proses yang Progress tiada henti, namun untungnya setiap Karakter Pemimpin yang baik dapat dipelajari.  Kepemimpinan perlu diwariskan dan ditularkan dalam masing-masing Individu dalam Tim.

2.  Tujuan yang Selaras dan Jelas (A Common Goal)

Tujuan yang Sama, Jelas dan Selaras akan menjadikan Landasan yang kuat dalam Pembangunan dan Pengembangan Tim.  Pemimpin bukan hanya perlu memberikan Pemahaman, namun juga mendorong Rasa Memiliki Tujuan Bersama terhadap masing-masing Pribadi dan Tanggung Jawab ber Kontribusi.

3.  Kepercayaan dan Rasa Hormat (Trust and Respect)

Rasa Percaya dan Rasa Hormat menjadikan setiap Individu akan memberikan Ketrampilan Maksimal tanpa perasaan takut bersalah, sehingga Kreativitas dan Inovasi dari masing-masing Pribadi akan membangun Tim menjadi Handal dan Hebat.

4.  Komunikasi yang Baik (Good Communication)

Dengan adanya Rasa Percaya dan Rasa Hormat akan berdampak pada sebuah Komunikasi yang baik antar anggota Tim.  Setiap anggota akan memberikan sebuah Harmonisasi Hubungan antar manusia yang hangat.  Kedekatan akan menghasilkan chemistry dan pada akhirnya membawa Tim Sinergi.  Pemimpin Tim akan mendorong setiap anggotanya untuk meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Verbal dan Non Verbal.

5.  Pemberdayaan dan Dorongan (Encouragement and Reinforcement)

Individu tentu ingin merasakan bahwa banyak orang yang mendukungnya dalam setiap tindakan.  Pemberdayaan dan Penguatan tidak selalu dengan materi, namun dapat dilakukan dengan hal mudah dan murah, seperi ucapan Tulus Terima Kasih setiap sebuah Kegiatan selesai dengan Tepat dan Akurat.

6.  Displin (Dicipline)

Disiplin adalah fundamental membangun Konsistensi, dan konsistensi adalah jalan menuju Sukses.  Disiplin dengan tindakan kecil, target mingguan dan tenggat waktu yang dilakukan setiap anggota tim, akan berhasil memberikan Dampak Luar Biasa terhadap Kelompok Besar Organisasi.

7.  Keterbukaan yang Seimbang (Balanced Accountability)

Budaya Akuntabilitas adalah Budaya Modern yang sudah umum dijalankan disetiap Organisasi.  Keterbukaan memberikan Kemudahan Proses Monitoring dan Kontrol terhadap Kinerja masing-masing anggota Tim dan Kinerja Tim secara keseluruhan.

ikhtisar.com

Leave a Reply