Tahukah Anda tentang Office Politics, dan Bagaimana Menyikapinya

office politics dan bagaimana menyikapinyaDalam setiap kesempatan pastilah ada orang-orang dari departemen lain dengan santainya mengakui bahwa “Itu sudah saya sampaikan sebelumnya lho..Pak?” atau mungkin Anda akan mendengar seorang rekan kerja yang berkata, Saya sudah siapkan laporannya, Bu”, sementara bukan dia yang harus mengerjakannya.  Masih banyak lagi hal-hal yang akan Anda jumpai dalam perjalanan karir yang menantang ini.

Karir Anda tidak akan terasa manis sebagai sebuah perjuangan jika hanya melalui jalan lurus dan datar, tanpa adanya bebatuan dan kerikil tajam, lubang dan genangan air, jalur mendaki atau turunan curam.  Jika karir Anda hanya dilalui dengan kemenangan demi kemenangan, dan hanya sedikit usaha, pastinya Anda memiliki pendamping yang sangat kuat dan lindungan dari sang Kuasa.  Jika itu terjadi, banyaklah bersyukur, tidak setiap orang mempunyai anugerah seperti itu.

Dalam kehidupan profesional akan banyak terjadi manuver atau tingkah laku yang bertujuan demi kepentingan pribadi.  Office Politics mempunyai konotasi negatif, dikarenakan bertujuan memanfaatkan kelebihan atau kinerja orang lain demi keuntungan pribadi.  Dampaknya jelas akan merusak hubungan personal dalam pekerjaan, terlebih jika atasan atau supervisor Anda tidak melihat kondisi yang sebenarnya.

Sebagai profesional Anda tidak perlu menghindarinya, karena justru orang lain yang akan mengambil keuntungan tersebut.  Mengapa Office Politics tidak terelakkan. 

1.   Adanya Struktur Organisasi yang membuat orang lain lebih kuat dengan pengaruh dan kuasanya.

2.  Sebagian orang menjadikan promosi jabatan dan pangkat adalah “harga mati” sehingga akan menciptakan persaingan individual yang terkadang tidak sehat.

3.  Orang sangat senang pengambilan keputusan terlebih dalam lingkungan kerjanya.  Hal ini akan mendorong mereka pada perilaku politik sebagai usaha mendapatkan jalan keputusan.

4.  Keputusan dalam pekerjaan selalu terkait dengan kepentingan kerja dan kepentingan pribadi, dan ini menjadi pemicu konflik personal.

5.  Persaingan kelompok dengan adanya keterbatasan sumber daya, sementara target harus tercapai, sehingga menimbulkan persaingan antar kelompok.

Bagaimana Anda dapat Menyikapi Office Politics

Pertama kali Anda harus dapat menerima kenyataan adanya Poltik Kantor dilingkungan kerja.  Politik kantor yang terjadi bisa dari rekan kerja, atau dari departemen lainnya.  Jadilah seorang pengamat yang handal mengumpulkan jaringan yang kuat disekitar Anda.  Dengan demikian efek dari Office Politics tidak akan menjadi PR besar dalam pengembangan karir Anda.

1.  Petakan Ulang Struktur Organisasi

Office Politics selalu bermain secara informal dan lepas dari struktur organisasi.  Seorang supervisor bisa saja langsung menemui kepala divisi demi pekerjaannya dibandingkan berdiskusi langsung kepada manajernya.  Coba Anda lihat struktur organisasi yang berjalan saat ini, dan perhatikan

  • Siapakah yang Paling Berpengaruh
  • Siapakah yang Punya Otoritas
  • Siapakah yang Dihormati
  • Siapakah Otak dibalik Organisasi

2.  Pahami Jaringan Informal

Setelah Anda paham struktur organisasi, selanjutnya pahami jaringan kerja informal diantara orang-orang dalam struktur tersebut.

  • Siapa bergaul dengan Siapa
  • Adakah Kelompok yang sudah terbentuk
  • Siapakah yang sulit Bergaul secara personal
  • Siapakah yang terlibat konflik
  • Hubungan apa yang terjadi diantara mereka

3.  Bangunlah Relasi yang Kuat

Dengan telah mengetahui jaringan tersebut, selanjutnya Anda akan membangun jaringan sendiri dari orang-orang tersebut.  Tidak perlu takut membangun relasi dengan orang yang berbeda struktur dengan Anda.  Bangunlah dengan dasar respek dan kepercayaan, tidak memihak pada salah satu kelompok, namun Anda membina hubungan dengan setiap orang.

4.  Dengarkan dengan Seksama

Menyikapi Ofice Politics diantaranya dengan mendengarkan orang berbicara.  Setiap orang ingin didengarkan, dan inilah kesempatan Anda mencari tahu lebih banyak mengenai lawan bicara dan menyikapi jika ada office politics dibalik pembicaraan.

5.  Manfaatkan Jaringan Anda

Jaringan yang telah dibentuk dipergunakan untuk mempromosikan Diri dan Tim Anda.  Dengan begitu mereka akan terhindar dari politisasi negatif.  Gunakan jaringan Anda untuk

  • Menjelaskan Project Anda
  • Mendapatkan Akses informasi
  • Meningkatkan hubungan personal yang sulit
  • Mencari Peluang Anda dapat bersinar dan menjadi Rock Star

6.  Netralisir Permainan Negatif

Jika Anda mengetahui beberapa pihak yang ingin bermain politik, maka jangan menjauh dan menghindari mereka, justru semakin dekatlah Anda dengannya.  Namun ada beberapa hal yang harus sangat hati-hati dilakukan.

  • Hati-hati dengan ucapan Anda
  • Pelajari motivasi dan tujuannya, dan belajar menghindari efek negatif politisasi
  • Orang dengan tipe ini tidak memahami bakat mereka, selain politisasi agresif untuk maju

7.  Atur Perilaku Anda

Untuk menyikapi Office Politics tiada lain adalah dengan memperkuat benteng pertahanan Anda.  Jagalah perilaku dan sikap Anda sehingga tidak ada celah bagi pencari peluang memanfaatkannya.

  • Jangan bergosip atau menyebarkan desas desus
  • Hindari konflik pribadi
  • Pertahankan Integritas Anda
  • Positif, tidak mengeluh dan komplain
  • Percaya Diri dan Asertif, tidak Agresif dan Reaktif

Positif atau negatif, politik kantor selalu terjadi. Filsuf Plato mengatakan, “One of the penalties for refusing to participate in politics is that you end up being governed by your inferiors”,  Anda akan berakhir menjadi diatur oleh bawahan jika tidak berpartisipasi dalam politik. Dan ini berlaku saat ini di tempat kerja.   Jika Anda tidak berpartisipasi dalam permainan, Anda berisiko tidak memiliki suara dan memungkinkan orang dengan sedikit pengalaman, keahlian atau pengetahuan untuk mempengaruhi keputusan yang dibuat di sekitar Anda.

Politik Kantor adalah fakta kehidupan. Berpolitik bijaksana akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan di dunia kerja tanpa mengorbankan orang lain dalam prosesnya. Belajar menggunakan kekuatannya secara positif sambil menyebarkan upaya mereka yang menyalahgunakannya.

Leave a Reply