Sukseskan Organisasi Anda dengan Karakter-karakter berikut ini

karakter organisasi suksesKetika Anda membangun atau memimpin sebuah organisasi, tentu tidak hanya menginginkan keuntungan semata namun juga dapat bertahan lama atau tumbuh dalam jangka panjang.  Dan setiap organisasi akan mempunyai cara sendiri dalam membangun nilai-nilai uniknya.  Ada bagian yang mengembangkan konsep dan perencanaan, ada yang membangun platform dan alat bantu, akan tetapi ada pula yang hanya menjadi penonton.  Semua akan terbentuk secara unik dan berbeda-beda.  Dikutip dari entrepreneur.com berikut beberapa karakter penting untuk mensukseskan organisasi Anda.

1.  Kepemimpinan (Leadership)

Makin besar organisasi Anda, maka akan bertambah rumit dan komplek tantangan yang dihadapi.  Tidak hanya masalah sales dan marketing, namun akan berpengaruh pada seluruh aspek proses yang terjadi.  Untuk mempertahankannya Anda perlu nilai kepemimpinan yang tersebar merata ke seluruh lapisan organisasi.  Tidak hanya Anda sebagai pemimpin atas, namun seluruh karyawan dan anggota tim perlu mengadopsi perilaku kepemimpinan efektif.  Organisasi yang sukses sangat mengedepankan kepemimpinan efektif untuk mencapai hasil maksimal.

2.  Kebijaksanaan (Wisdom)

Makin bertambah usia organisasi Anda, tentu akan makin dewasa dan matang dalam menjalankan roda bisnis dan proses.  Dengan semakin berkembangnya perusahaan maka orang-orang dalam organisasi tentu diharapkan bertambah dewasa dan bijak melakukan tugas dan kewajibannya.  Setiap kebijakan perlu diselaraskan secara proporsional kepada masing-masing lini, sehingga hasil-hasil perbaikan dapat teraplikasi baik.

3.  Komunikasi (Communication)

Komunikasi diperlukan agar setiap lini dalam organisasi Anda paham dan mengerti strategi perusahaan.  Setiap lini organisasi harus memahami posisi dan fungsi mereka dalam strategi perusahaan, dan Anda memandu masing-masing tugas dan fungsi tersebut membentuk komunikasi efektif, yakni komunikasi yang memerlukan keterbukaan dan kejujuran.

4.  Optimalisasi (Optimization)

Saat ini dengan kondisi pasar yang makin kompetitif dan agresif, Anda perlu menganalisa kapan harus bergerak cepat dan kapan harus bertahan dengan konsep yang ada.  Indikator internal dan eksternal akan menjadi dasar Anda memutuskan sebuah kebijakan, apakah perlu akselerasi atau menjaga kecepatan.  Kombinasi Biar Lambat Asal Selamat dan Lebih Cepat Lebih Baik adalah kombinasi dinamis yang Anda perlukan untuk sebuah organisasi sukses.

5.  Kesempatan (Opportunities)

Setiap komplain pelanggan adalah sebuah peluang, dan peluang merupakan jalan awal Anda membangun keuntungan.  Fokus tidak hanya pada Customer Retention namun juga konsen pada Customer Service.  Dengan memperhatikan setiap kejadian maka Anda dapat memperoleh sebuah kesempatan atau peluang untuk menciptakan benefit (profit).  Pada akhirnya Anda akan menciptakan Customer Experiences yang berdampak pada tumbuh kembang perusahaan.

Karakter sukses organisasi Anda tergantung sejauh mana Anda mampu membangun Kepemimpinan, Kebijakan Aplikatif, Komunikasi Efektif, Optimalisasi dan Kesempatan.  Karakter tersebut mempermudah Anda mengembangkan sukses demi sukses organisasi.

One thought on “Sukseskan Organisasi Anda dengan Karakter-karakter berikut ini

  1. tipskarir.com May 14, 2014 at 10:09 PM

    Menarik sekali tulisan Anda tentang manajemen organisasi ini. Mungkin di sini saya hanya akan menambahkan sedikit, yaitu tentang budaya organisasi. Tak dapat dipungkiri, setiap organisasi, baik itu organisasi profesional, sosial, politik bahkan gank, mempunyai budayaya sendiri yang khas. Pemahaman akan budaya organisasi ini penting sekali dipahami oleh para pimpinan dalam menjalankan roda organisasi sehingga dapat selaras dengan budaya organisasi yang telah ada. Mungkin point ini hanya sebagai sub point untuk point leadersip yang telah disinggung di atas. Terima kasih atas tulisannya yang bagus 🙂

Leave a Reply