Ketahuilah Korelasi antara Sukses dan Potensi Diri Anda

potensi suksesSukses tidak akan datang sendiri, semua harus diperjuangkan dengan kerja keras dan kerja cerdas.  Sukses tidak datang hanya dengan angan-angan dan impian kosong tanpa tidakan.  Sukses perlu dicanangkan dan ditentukan, dituliskan dan ditegaskan.  Anda harus menetapkan tujuan, menentukan waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sukses, terlepas definisi sukses menurut Anda.  Dengan jelasnya tujuan Sukses Anda, maka hari demi hari akan terlalui penuh semangat dan antusias.  Tujuan Sukses Anda tentu perlu terukur dan realistis dengan kondisi saat ini, dan dengan mengacu pada definisi sukses Anda, maka cari tahu pula potensi yang Anda miliki saat ini untuk dipergunakan mencapai sukses. 

Mengutip Ed Engstrom, Sukses adalah mengetahui atau memahami potensi apa yang tersedia dan bagaimana menggunakannya sebaik mungkin. Bayangkan hasil yang dapat dicapai jika Anda dapat mengeksplorasi dan menemukan potensi yang dimiliki secara penuh.  Sukses dan Potensi Diri adalah pasangan yang perlu berjalan beriringan dan sinergi.

1.  Carilah jauh dalam Sanubari dan buatlah Daftar apa yang Anda suka dan tidak.

Keterampilan, Bakat, Keinginan, bahkan Keunikan Anda perlu dituliskan dengan jelas sehingga menjadi acuan dalam membuat definisi sukses.  Informasi ini akan membantu Anda menentukan cakupan pilihan pekerjaan yang Anda inginkan. Carilah seorang mentor dalam bidang pekerjaan yang diminati dan pelajari rahasia untuk menjadi orang tersebut. Gunakan waktu dengan mentor Anda untuk menantang Anda bekerja lebih keras dan cerdas mengeluarkan potensi yang tersembunyi.

2.  Bersedia Belajar dan Bekerja Keras untuk mencapai Tujuan.

Tidak hasil instan dalam sebuah pencapaian, semua memerlukan kerja keras dan kesabaran.  Waktu adalah tantangan utama yang tidak mungkin Anda lewati begitu saja.  Cerita sukses tidak pernah terjadi dalam satu malam, dan cerita sukses adalah konsistensi dan komitmen dengan tujuan.  Untuk mencapai tujuan, Anda harus siap untuk menyerahkan semua yang telah diterima sebagai ganti apa yang akan Anda peroleh kelak.  Belajar dan Bekerja Keras, diiringi Waktu, Tenaga dan Pikiran adalah senjata yang akan selalu Anda gunakan.

3.  Menghadapi Tantangan untuk Mengembangkan Karakter.

Tantangan adalah pembelajaran yang sangat efektif membentuk jiwa Anda untuk siap Sukses.  Tantangan memerlukan ketekunan.  Ketekunan dalam menyelesaikan pekerjaan, ketekunan dalam menjalani waktu, ketekunan menghadapi orang-orang, dan akhirnya Anda akan terlihat makin dewasa dan lengkap, dan Anda tidak kurang satu halpun.  Ketika Anda dihadapkan dengan masalah dan Anda tidak membuat kemajuan sama sekali, tinjau kembali tujuan atau rencana anda. Konsultasikan dengan mentor Anda atau orang lain yang dapat diandalkan untuk meminta nasihat bijak. 

Orang sukses tidak pernah berhenti dan tidak kalah sebelum berjuang. Kehilangan muka bukan masalah jika Anda memiliki hasrat dalam pekerjaan, Anda memiliki kekuatan dan tekad untuk tetap teguh pada komitmen karena ingin sukses.  Sukses dan Potensi Diri perlu berjalan seiring sehingga hasil yang Anda dapatkan akan terasa manis, semanis kemenangan setelah perjuangan yang dilalui. 

Leave a Reply