Strategi Mengurangi Stres Pekerjaan yang Bertumpuk

strategi mengurangi stres pekerjaan
strategi mengurangi stres pekerjaan

Siapakah yang tidak pernah mengalami Tekanan (Stress) dalam Pekerjaannnya..? Ada banyak cara atau strategi mengurangi stres pekerjaan yang bertumpuk.  Anda bisa mencari cara termudah dan paling Anda sukai, agar kerjaan tetap selesai tepat waktu dan Anda nyaman.

Stres menimpa semua orang, bahkan seorang pemilik perusahaan pun akan tetap merasakan hal ini yang mungkin sepele yaitu Stress.  Stress kecil atau besar tetap berdampak pada individu dan kelompok organisasi Anda.

Stress atau Tekanan karena Performa Buruk lebih berat diatasi dibandingkan Stress atau Tekanan karena Menghadapi Kompetitor yang Agresif.  Tekanan Kerja sudah menjadi EPIDEMIK di seluruh dunia dan mampu membuat seseorang tidak lagi mendasari kebutuhan Diri Sendiri dan Keluarga.

Anda mungkin dengan adanya Tekanan melakukan istirahat siang yang singkat demi tenggat waktu laporan kerja.  Hal ini sangat berakibat pada gaya hidup yang sarat stres dan berpotensi mengganggu kehidupan keluarga.  Terkadang stres mampu mengangkat kinerja lebih baik dan menantang persepsi bagaimana kemampuan Anda sebenarnya.

Yang utama Anda mampu mengelola tekanan dan menghasilkan WORK-LIFE BALANCE.  Tekanan cenderung terjadi karena skala PRIORITAS dalam hidup Anda yang tidak seimbang antara pekerjaan dan Lainnya.  Bagaimana Anda mampu mengatasi tekanan kerja, berikut sarannya:

#Di Tempat Kerja

Stres jika terjadi di tempat kerja Anda, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan.  Pastikan saat tekanan itu datang, Anda masih bisa berpikir LOGIS dan SADAR.  Faktor emosi sangat dominan mempengaruhi keputusan Anda saat stres.

1)  DELEGASI-kan beban kerja Anda, dan jangan pernah menilai bahwa Anda satu-satunya orang yang mampu melakukan pekerjaan tersebut.  Atasan dan Bawahan Anda mungkin juga berpikir hal yang sama, sehingga dapat memperburuk keadaan.  Alih-alih stres berkurang, malah beban kerja bertambah dan tingkatan stres naik.

2)  BOSAN dan JENUH dalam Pekerjaan dapat menjadi sumber utama stres yang harus ditanggapi serius.  Ketika Karir Anda saat ini tidak lagi menantang dan tidak berkembang, pada akhirnya Anda akan LELAH.  Profesi Anda tidak lagi PROSPEKTUS, maka sudah saatnya Anda mencari pekerjaan baru.  Atau Anda dapat memperluas wawasan dengan mengikuti TRAINING.

3)  KRITIKAN dan MASUKAN tidak perlu dijadikan sebuah personalisasi.  Bentuk apapun dari sebuah kritikan perlu Anda jadikan sebagai sebuah hal KONSTRUKTIF yang PRODUKTIF.  Umpan balik bertujuan membangun diri Anda lebih MUMPUNI dan HANDAL.

#Di Rumah

Stres dirumah adalah bahan kesulitan esok, jika Anda tidak selesaikan segera.  Jangan pernah membawa masalah kantor ke rumah dan sebaliknya tinggalkan masalah pribadi di rumah pada tempatnya.  Kalau memang beban Anda cukup besar, berikut hal yang perlu dipahami sebagai strategi mengurangi stres di rumah.

1)  Istirahat atau TIDUR yang cukup sangat penting bagi tubuh untuk meremajakan diri dan memberikan energi.  Jika Anda dapat meluangkan sedikit istirahat tidur siang, maka hal ini lebih membangkitkan FOKUS dan PIKIRAN hingga sore hari.

2)  MEDITASI untuk menenangkan pikiran, melemaskan otot badan dan peregangan ringan antar sendi anggota tubuh.  Tubuh yang bugar lebih mampu bertahan dalam menghadapi tekanan kerja.  Meditasi lebih efektif dilakukan di rumah, walaupun Anda bisa mencobanya pada waktu luang di kantor.

3)  Latihan RELAKSASI dengan berenang dan berendam sangat bermanfaat bagi kesegaran tubuh Anda.  Rutinkan kegiatan ini, misal seminggu sekali, sehingga perasaan Anda akan lebih dingin dan segar.

4)  PLESIRAN akhir pekan untuk menikmati alam, bersama keluarga di sebuah resort atau tempat wisata.  Manjakan diri Anda dan dapatkan perubahan yang mengejutkan setelahnya.

5)  Anda adalah apa yang Anda makan, sehingga konsumsilah BUAH segar serta AIR PUTIH yang cukup.  Sesekali coklat hangat akan membantu pikiran Anda lebih tenang menghadapi pekerjaan.

6)  Pada akhirnya PRIORITAS dan TUJUAN diri sendiri saat menjalani waktu kerja dan waktu pribadi.  Anda pasti mampu mengelola waktu untuk masing-masing kegiatan tersebut.

Tekanan atau Stress adalah bagian yang wajar dalam kehidupan Professional, dan PRIORITAS kerja akan menentukan keberhasilan Anda.  Keseimbangan adalah pola utama sebagai strategi mengurangi stres. Menjalani Work-Life Balance jadi keinginan semua orang baik karyawan atau pengusaha.  Prestasi kerja Anda terkadang ditentukan sejauh mana Anda mampu mengatasi tekanan kerja yang tinggi.

Leave a Reply