Solusi Kokoh atau Solusi Instan

solusi kokohMenjadi seorang Pemimpin perlu memiliki Intuisi, seperti kemampuan yang baik dalam Problem Solving atau Solusi Masalah.  Karyawan Anda tentu senang dengan Atasan yang sangat Kreatif dan Intuitif, sehingga pekerjaan mereka dapat berlangsung Efektif dan Efisien.  Dan Anda pun tentu senang dengan memberikan Dukungan dan Bantuan pada Tim dalam mencapai Kinerja yang baik.

Namun akankah Anda lupa bahwa Sustainable itu berlangsung untuk Jangka Panjang dan berlangsung Berkesinambungan. Sedemikian, ketika Anda tidak lagi menjadi seorang Atasan, maka Kinerja Tim harus tetap dalam Performa Terbaik.  Untuk itulah Tugas Anda membuat sebuah Program Jangka Panjang.  Satu diantaranya adalah Solusi Masalah, agar dapat menjadi referensi bagi Masalah yang akan datang.

Dalam Bisnis dan Kehidupan, Masa Depan adalah milik mereka yang siap.  Siap Bekerja Keras dan Siap Berinvenstasi.  Namun dengan maraknya budaya instan, membuat banyak orang selalu lebih memilih Jalan Pintas (Shortcuts).  Sebagai seorang pimpinan yang Visioner membangun Organisasi, maka berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat Solusi Kokoh demi Tumbuh Kembang Organisasi Berkelanjutan.

1.   Komitmen terhadap Rencana Jangka Panjang.

Buatlah program yang bersifat Jangka Panjang tahunan atau lima tahunan.  Jangan pernah berpikir dangkal dengan melakukan PHK demi mengurangi Pengeluaran, atau Memangkas Harga demi menjaga Posisi Pasar (Market Share).

2.   Pembaruan Peralatan dan Metode Kerja secara Reguler.

Jangan pernah berpikir bahwa Peralatan kerja seperti Komputer, Mesin dan lainnya sebagai Beban Operasional, sehingga Anggaran Anda selalu minim untuk Pembaharuan Peralatan Kerja.  Ibarat Anda beradu balap menggunakan Motor Honda 80cc dibandingkan dengan Honda CBR 250cc.  Investasi Mesin Kerja tidak akan pernah mengurangi Potensi Keuntungan Perusahaan dalam Jangka Panjang.

3.   Perlakuan terhadap Karyawan sebagai Aset Penting.

Karyawan dengan Talenta dan Kapasitas baik adalah Aset Penting Pertumbuhan Perusahaan.  Perbaiki secara teratur Kemampuan dan Ketrampilan mereka dengan Pola Pelatihan atau Pembinaan yang tepat.  Anda tetap membutuhkan Man Behind The Gun.

4.   Komitmen Pengembangan Produk dan Jasa Baru.

Dinamika Dunia ekonomi dan bisnis yang sangat agresif, inovatif dan kreatif sangat menuntut Anda agar berlaku sama, dengan menjadikan Inovasi Produk dan Jasa sebagai bagian Jangka Panjang.  Anda tidak akan bertahan lama dalam Bisnis jika hanya mengandalkan satu atau dua produk dan jasa dalam kurun waktu lama.

5.   Program Pelayanan Pelanggan untuk Repeat Order.

Pelanggan adalah Raja dan Pelayanan adalah Ratu.  Tak dapat dipungkiri bahwa perusahaan besar selalu memiliki Komitmen Tinggi terhadap Pelayanan Pelanggan.  Buatlah Program All In untuk Pelanggan Anda, baik berupa Permintaan Berulang (Repeat Order) atau Permintaan Tambahan (Additional Order).

6.   Stabilitas Harga demi Loyalitas Pelanggan.

Pelanggan selain mengharapkan Pelayanan Prima tentu juga sangat sensitive dengan Harga dari Pelayanan dan Produk tersebut.  Hindari sedemikan mungkin menaik turunkan harga dalam waktu singkat.  Hal ini sangat berpengaruh terhadap Psikologi Pelanggan.

7.   Segmentasi Bisnis sesuai Kemampuan Perusahaan.

Bank dengan jumlah asset trilyunan, tentu tidak akan beralih fungsi menjadi perusahaan Distribusi, walau mampu melakukannya dengan jumlah asset berlimpah.  Ini menunjukkan Fokus Bisnis yang aneh, jika sebuah Bank Besar mengerjakan Bisnis Distribusi sebagai Segmen lain dari Bisnisnya.  Tetaplah Anda Fokus dengan Kemampuan Perusahaan yang telah terjadi dan tengah dilakoni.  Tidak perlu terpengaruh dengan Pendapat Ahli Keuangan dengan menjanjikan Hasil Cepat dan Resiko Rendah.

8.   Penghargaan terhadap Karyawan Inovatif.

Ide dan Saran Brilian adalah Emas, dan akan menjadi Berlian ketika di Eksekusi.  Hargailah Ide dan Saran dari Karyawan Anda, walau hanya berupa sebuah Saran Kecil.  Penghargaan akan membangun Budaya Inovasi dalam Lingkungan Perusahaan, dan menjadi Modal Process Improvement Berkelanjutan.

9.  Kualitas Kerja untuk Produktivitas.

Quality First, adalah Pedoman Utama dalam Total Quality Management.  Tanpa sebuah Kualitas, maka berapapun Kuantitas Produk dan Jasa Anda, lambat laun akan hilang dari pasaran.  Kualitas akan meningkatkan Produktivitas dan hal ini sudah terbukti.  Jangan pernah melakukan Pengiriman Barang dengan Kualitas Seadanya karena menghindari Tenggat Waktu.

10.  Sistem Saran yang Terbuka.

Keterbukaan atau Accountability menjadi cara sebuah Organisasi Berkembang di Masa Depan.  Berikan kesematan bagi Karyawan Anda untuk tahu permasalahan dan menyumbang ide saran mereka untuk perbaikan.  Lakukan Brainstorming dalam area terbatas dalam Proses Perbaikan (Improvement Process).  Jangan pernah berpikir sebagai seorang manager Anda memiliki semua pengetahuan dan Solusi Masalah.  Ajaklah Tim Pendukung Anda dalam Bekerja Bersama membangun Organisasi.

Solusi adalah bagian penting untuk Proses Berkelanjutan dalam Organisasi Anda, namun Solusi Instan bukanlah pilihan terbaik.  Pertimbangkan Kebutuhan Jangka Panjang dengan Membangun dan Mengembangkan Solusi Masalah yang Kokoh.  Solusi Kokoh adalah salah satu bagian penting dari Manajemen Strategi.

ikhtisar.com

Leave a Reply