Pentingnya Sikap Mental yang Menentukan Sukses Anda dalam Karir dan Hidup

Anda tentu menginginkan banyak Hal yang Tercapai dan Terwujud dalam Kehidupan, baik Hal Pribadi, Keluarga, Lingkungan atau Profesional.  Sukses sebagai Pribadi adalah Sikap Mental Anda yang mampu menggiring ke dalam Sukses diluar Diri Anda, seperti sebagai Kepala Keluarga, Sebagai Orang Tua, sebagai Kakak atau Adik, dan mungkin sebagai Seorang Pimpinan Perusahaan.  Perbedaan Anda sebagai Orang Sukses dan Tidak atau Belum Sukses (jika Anda tidak ingin disebut “GAGAL”) hanya terletak pada Cara Pandang dan Pola Pikir terhadap Lingkungan Sekitar, baik dalam Urusan Keluarga atau Pekerjaan atau urusan Pribadi.  Cara Pandang dan Pola Pikir inilah yang membedakan setiap Langkah menuju Sukses.  Anda mungkin saat ini mengatakan bahwa Sukses adalah Materi, Pangkat dan Jabatan, Status Sosial dan lainnya yang bersifat Kasat Mata dapat terlihat dan dapat dirasakan.  Namun Hakikinya Sukses merupakan Kebahagiaan Anda menjadi Pribadi yang berguna bagi Diri Sendiri, Keluarga dan Lingkungan.  Materi dan Benda Kasat Mata merupakan Alat yang mungkin membantu Anda menjadi Pribadi Sukses.  Namun Kesuksesan selalu terkait dengan Sikap Mental, dan itulah yang membawa Anda mencapainya, Cepat atau Lambat, Segera atau Tertunda.  Sikap Mental Positif merupakan Alat Pengembangan Diri yang penting dalam Hidup.

Beberapa Sikap Mental yang dapat menjadi Acuan Pengembangan Diri Anda menjadi Pribadi Sukses adalah sebagai berikut:

mental sikap positif1.  Selalu berkata BISA, dan Yakin akan apa yang dikatakannya akan terwujud.  Orang Sukses dalam Pengembangan Diri nya akan berkata BISA dan Tidak Ada yang Tidak Mungkin.  Sementara orang yang menghindari Sukses selalu mengeluhkan pertama kali apa yang dihadapinya.

2.  Sikap Proaktif.  Sikap yang tidak pernah menunggu dalam melakukan sesuatu kegiatan perbaikan.  Sikap Proaktif merupakan Sikap yang selalu mempertimbangkan hal apa yang akan terjadi jika melakukan Tindakan, sehingga selalu menjaga agar Perilaku dan Tindak Tanduknya Positif.  Sementara Pengembangan Diri Anda akan mengalami Kemunduran jikalau setiap Stimulus dari luar pribadi Anda akan ditanggapi dengan Spontan dan Emosional.  Sikap Negatif ini adalah Perilaku Reaktif yang sangat mengurangi Keberhasilan Mental Anda menjadi Individu Sukses.

3.  Sikap Dinamis.  Dalam Kehidupan tidak semua akan berjalan sesuai keinginan dan harapan Anda.  Untuk itulah diperlukan Perilaku Dinamis menanggapi Kondisi yang ada, sehingga hal-hal yang mungkin mengganggu Stabilitas Kinerja dapat diminimalisasi.  Sikap Dinamis seakan mengarahkan Anda menjadi Pribadi yang Flesibel dan Adaptif dengan Lingkungan.  Hindari Sikap Statis, terlebih dengan Perkembangan Dunia yang sangat cepat ini.

4.  Sikap Optimis.  Keyakinan selalu berasal dari Dalam Hati Anda, dan Lingkungan hanya akan memperkuat atau memperlemahnya.  Optimis adalah Perilaku penting dalam mencapai Sukses.  Anda yakin akan keberhasilan, walau banyak sumber daya yang telah dihabiskan, namun semua tentu dengan perhitungan dan analisa yang tepat.

5.  Memiliki Prioritas.  Sebagai Insan Manusia yang banyak Keterbatasan, Anda perlu memilih beberapa hal Penting yang ingin dicapai.  Tidak semua hal tersebut penting bagi Pengembangan Diri Anda, karena hanya akan menghabiskan Waktu dan Tenaga.  Diperlukan Sikap Mental yaitu Memiliki Prioritas dalam bekerja dan berkarya.

6.  Disiplin.  Sikap Fleksibel dengan Lingkungan dan Kondisi Sekitar tentu tidak mengajarkan Anda berlaku Malas dan Santai.  Sikap Mental Disiplin adalah Mutlak demi keberhasilan Anda.

7.  Percaya Diri.  Optimis dan Percaya Diri ibarat dua sisi Mata Uang, karena Perilaku ini saling menguatkan dan tidak terlepas satu dan lainnya.  Percaya Diri akan ditunjang dengan Optimisme Anda, dan demikian sebaliknya, Anda yang Optimis tentu mempunyai Rasa Percaya Diri dalam menggapai Impian dan Harapan.

8.  Berani Mengambil Keputusan.  Decision Making tidak mudah, terlebih jika terkait dengan orang lain.  Anda diminta menjadi Bijaksana dalam Mengambil Keputusan, namun untuk Sukses dan demi Pengembangan Diri, Anda perlu belajar berani Mengambil Keputusan.  Tidak perlu merasa takut salah, karena semua akan menjadi Pembelajaran Berharga.

9.  Mandiri.  Sikap Optimis dan Percaya Diri sangat berperan dalam keberhasilan Anda, dan ini akan memudahkan Anda menjalin hubungan dari setiap individu yang terkait.  Sikap Mandiri adalah Sikap Mental seorang Sukses, dimana tidak tergantung dengan orang lain dan selalu berusaha tidak tergantung orang lain.

10. Belajar dari Orang Lain.  Pengalaman adalah Guru yang sangat berharga, dan pengalaman orang lain pun dapat Anda jadikan Pembelajaran.  Keberhasilan Orang lain adalah Role Model penting bagi Anda.

Sikap Mental Sukses adalah Sikap Mental yang bermanfaat bagi Pengembangan Diri Anda sebagai Individu, Profesional atau Sosial.  Sukses tidak selalu terkait Materi, Pangkat dan Status Sosial, namun Sukses adalah Citra Diri Anda yang mampu mengalahkan Sikap Mental Negatif.

ikhtisar.com

No Responses

Leave a Reply