Sikap Buruk Yang Bisa Menghancurkan Peluang Sukses

Sikap Buruk Yang Bisa Menghancurkan Peluang Sukses
Sikap Buruk Yang Bisa Menghancurkan Peluang Sukses

Ikhtisar.com – Sikap dan tingkah laku Anda akan mempengaruhi karir. Apabila berperilaku baik, maka karir juga akan naik, sebaliknya jika buruk, akan menjadi terhambat, bahkan dapat menghancurkan juga. Fakta menunjukkan bahwa 85% kesuksesan seseorang lebih dominan karena Faktor Karakter dan Sikap Perilaku, dan sisanya 15% adalah Kompetensi berupa Ketrampilan dan Pengetahuan Kerja. Oleh karena itu, Anda harus menjauhi beberapa sifat buruk yang menjadi penghambat karir itu. Berikut beberapa sifat buruk yang harus Anda hindari di kantor, antara lain :

Malas

Sifat pemalas dapat menyerang siapa saja, tetapi apabila sifat malas ini dibiarkan, maka akan menyebabkan kerugian yang besar pada diri Anda. Sifat malas di tempat kerja akan membuat menjadi lebih sering menunda pekerjaan daripada menyegerakannya untuk dikerjakan. Akibatnya Anda akan kehilangan kesempatan yang berharga untuk berkarya dan maju. Apabila ada waktu untuk bermalas-malasan, maka manfaatkan untuk mereview dan merencanakan apa yang sebaiknya akan dilakukan.

Rakus

Sifat yang rakus adalah sifat yang membuat Anda ingin memiliki semua yang diinginkan, baik materi atau jabatan. Selalu memiliki keinginan mengerjakan semua tugas-tugas penting di kantor, bahkan pekerjaan yang semestinya bukan untuk Anda juga akan dikerjakan demi ambisi. Biasanya sifat ini akan didasari oleh egoisme bahwa Anda ingin menonjol sendiri di tempat kerja. Mungkin akibatnya sudah tidak bisa membedakan mana pekerjaan yang harus dilakukan dan mana yang bukan. Kerakusan dalam hal materi adalah ingin mendapatkan keuntungan yang sebanyak- banyaknya dari pekerjaan, supaya dapat memiliki materi yang banyak. Jika Anda salah langkah, bisa-bisa akan melakukan perbuatan korupsi.

Marah

Marah yang terlalu berlebihan dapat merusak hubungan kerja dan membuat emosi Anda menjadi kacau balau. Tentu saja kondisi seperti ini akan menyebabkan pekerjaan terganggu. Sebisa mungkin hindari orang yang dapat memancing amarah dan memperkeruh keadaan serta tindaklanjuti amarah Anda dengan hal bersifat positif. Selain itu tetaplah bersikap secara profesional dengan tidak mencampuradukkan kemarahan pribadi ke dalam pekerjaan, sehingga hubungan kerja dan rekan-rekan di kantor tetap selalu aman dan damai.

Terlalu bangga

Bangga dengan prestasi yang diraih memang wajar dan semestinya. Lagipula pasti Anda juga membutuhkan pengakuan atas prestasi dan kemampuan tersebut. Tetapi jangan sampai kebanggaan itu terlalu sering untuk digembar-gemborkan. Tanpa perlu diumumkan, teman-teman tentu saja sudah mengetahui jika Anda memiliki nilai lebih. Sikap bangga yang berlebihan atas prestasi yang Anda miliki, bukannya membuat rekan Anda menjadi kagum, tetapi justru akan membuat rekan menjadi sebal. Bersikaplah ‘low profile’, maka rekan-rekan kerja akan semakin menghargai Anda.

Itulah beberapa sikap buruk yang bisa menghancurkan peluang sukses. Jika Anda sudah sadar bahwa sifat-sifat buruk di atas lebih banyak merugikan, maka sudah seharusnya untuk ditinggalkan. Sikap dan perilaku menjadi fundamental keberhasilan Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain, dan komunikasi adalah jembatan penyebrangan mencapai sisi sukses didepan Anda.

Leave a Reply