Sepuluh Cara Tampil Cerdas dalam Rapat di Kantor

cara tampil cerdas dalam rapat
cara tampil cerdas dalam rapat

Tampil pintar dan cerdas hanya dalam waktu kurang dari separuh waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar belajar sesuatu yang baru.   Saat Anda akan belajar presentasi menggunakan powerpoint, Anda perlu waktu seharian atau bahkan lebih, pun demikian dengan pelajaran baru lainnya.  Sedangkan dalam hal ini, Anda dapat belajar menjadi orang pintar dalam sebuah rapat hanya dengan separuh waktu rapat.

Semua orang, ingin tampil pandai dalam rapat, dan itu menjadi prioritas mereka.  Menurut Sarah Cooper, penulis buku 100 Tricks To Appear Smart in Meetings, berikut ini adalah cara tampil pintar dalam rapat dan dia berbagi melalui beberapa tip terbaik dan paling lucu miliknya:

1.  Buatlah Diagram Venn

Tidak masalah jika diagram Venn Anda sangat tidak akurat, sebenarnya lebih akurat, lebih baik. Bahkan sebelum Anda menurunkan penanda itu, kolega Anda akan mulai bertanya-tanya tentang apa sebenarnya label itu dan seberapa besar lingkarannya seharusnya, dan seterusnya. Pada titik ini, Anda bisa kembali ke kursi Anda dan kembali bermain Games Android.

2.  Terjemahkan Persentase menjadi Pecahan

Jika seseorang mengatakan, “Sekitar 25% dari semua pengguna mengklik tombol ini,” maka cepat tanggapi dengan “Jadi sekitar 1 dari 4,” dan catatlah itu. Semua orang akan mengangguk setuju, diam-diam terkesan dan iri dengan kemampuan matematika cepat Anda.

3.  Ajak setiap orang untuk “Ambil Langkah Mundur”

Ada satu titik dalam kebanyakan pertemuan di mana semua orang berbicara atau lantang bersuara kecuali Anda. Ini adalah poin bagus untuk tampil, “Bpk-Ibu sekalian, bisakah kita kembali kelangkah awal saat sini?” Lalu ikuti dengan cepat, “Masalah apa yang sebenarnya yang ingin kita selesaikan?” Dan boom! Anda telah menambah lagi satu jam untuk terlihat cerdas dalam rapat.

4.  Mengangguk sambil Mencatat

Selalu bawa notepad bersama Anda. Penolakan terhadap teknologi akan selalu dipuja. Catatlah secara manual dengan menuliskan satu dua kata dari setiap kalimat yang Anda dengar. Teruslah mengangguk sambil melakukannya.

5.  Ulangi hal Terakhir dengan sangat Pelan

Setelah seorang presenter mengucapkan kata-kata mereka, maka padu padankan dengan pernyataan, “Biarkan saya mengulanginya lagi,” dan ulangilah apa yang mereka katakan tapi dengan sangat lambat. Sekarang, kecemerlangannya [Presenter] telah ditransfer ke Anda.  Hal ini akan tampak makin gemilang manakala Anda mengulangi kata-kata atasan yang tengah berbicara.

6.  Tanyakan “Apakah ini Berharga?”

Tidak peduli apapun permasalahan yang tengah dibahas, namun tidak ada yang benar-benar tahu apa arti dan tujuannya, kecuali Anda merangkum semua pertanyaan-pertanyaan yang muncul dan menggerakkan ide-ide brilian lainnya.

7.  Berjalan di sekitar Ruangan

Ketika seseorang bangun dari duduknya dan berjalan-jalan, tentunya Anda ingin langsung komplain atau berkomentar?.  Cara yang unik sepertinya, namun dengan Anda pergi ke pojok ruangan dan bersandar di dinding, mengambil desahan nafas yang dalam, Anda telah membuat semua orang panik dan bertanya-tanya apa yang sedang Anda pikirkan.

8.  Mintalah Presenter kembali kepada Slide sebelumnya

Tidak masalah slide presentasi mana yang Anda ingin lihat kembali, hal itu cukup membuat Anda terlihat lebih memperhatikan sang presenter daripada orang lain. Jika tidak ada yang bisa Anda katakan, maka cukup katakan saja seperti, “Saya tidak yakin arti angka-angka ini.”

9.  Keluar untuk Panggilan Telepon sangat Penting

Saat Anda keluar dari pertemuan untuk mendapatkan panggilan telepon “penting”, semua orang akan menyadari betapa sibuk dan pentingnya Anda. Mereka akan berkata, “Wow, pertemuan ini penting jadi jika dia memiliki sesuatu yang lebih penting dari ini, nah, sebaiknya kita tidak mengganggunya.

10.  Bersenang-senanglah

Orang menyukai humor yang “mencela” diri sendiri. Ucapkan hal-hal seperti, “Mungkin kita bisa menggunakan pengacara dari perceraian saya” atau “Tuhan, saya berharap sudah mati.” Mereka akan tertawa, menghargai kejujuran Anda.  Humor yang ringan akan membuat suasana menjadi lebih cair dan Anda akan tampak sebagai orang cerdas dalam ruangan tersebut.

Leave a Reply