Seorang Introvert pun bisa menjadi Pembicara Publik.

Ada beberapa Tips dan Cara untuk dapat menguasai Seni Berbicara di Depan Umum dengan Tenang.  Anda tentu tidak dapat memilih Bakat yang diinginkan, namun Anda dapat memilih bagaimana memanfaatkan Bakat dan Keunggulan yang dimiliki sehingga akan membuat Perbedaan Besar.

Memberikan sebuah pujian pada anak Anda bahwa mereka anak yang pintar dan cerdas, terdengar bagai sebuah cara yang baik, namun ternyata hal ini justru akan membawa efek psikologis anak dalam kecemasan, kurang motivasi dan akhirnya tidak perform.

Prestasi tidak lepas dari Kerja Keras dan Latihan.  Keyakinan Anda akan Potensi Diri tentu memberikan Hasil lebih bahkan dari Bakat Alami sekalipun. Dan adalah benar bahwa seorang anak kelas lima SD atau pemain biola muda dapat menjadi Public Speaker.  Walau Anda terlahir sebagai seorang Introvert, dan bahkan tidak terlalu mau mendengarkan suara sendiri, bukan berarti Anda tidak mampu menjadi seorang Pemibicara Publik yang baik. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat anda pelajari.

Langkah Pertama yang paling penting adalah Anda sadar bahwa tidak ditakdirkan hanya untuk “DIAM”.  Usaha dan Ketrampilan lebih utama daripada sekedar Perilaku atau Kepribadian.

Langkah Kedua adalah Anda pelajari Teknik Dasar menangani Tantangan Mendekati orang banyak.

Berikut beberapa metode yang dapat dipelajari dalam menghadapi Sifat Introvert Anda. 

1.  Jadilah Diri Sendiri, terkadang Pembicara yang Baik tidak selalu Alami.

Ketika Anda hadir dalam sebuah Forum dan dengan sangat bersemangat melihat sang pembicara berapi-api dalam orasinya.  Apakah seketika Anda akan berkata “Saya tidak dapat melakukannya”. Ya Anda mungkin benar tidak mampu melakukan yang mereka lakukan.  Namun itu bukan masalah.  Pembicara Publik yang baik tidak selalu DINAMIS dan LUCU, mereka hanya MENARIK.  Mereka mampu mengkomunikasikan Informasi Berharga dengan Sederhana dan Jelas.  Anda tidak perlu berpikir menjadi seorang yang LUCU dan FASIH.  Ketika Anda menjadi pembicara publik jadilah Diri Sendiri dan kemukakan Informasi Berharga yang Menarik.  Pembicara terbaik adalah Menarik karena Pendengar Anda cenderung meremehkan Kekuatan Isi dan Dongeng.

2.  Apakah ada Kesamaan diantara Pembicara Publik?

Berbicara didepan Publik adalah Kinerja bahkan walau Anda seorang aktor Alami.  Ibarat pada saat pesta kostum, Anda melihat bahwa setiap orang akan merasakan kebebasan berekspresi dari balik topeng.  Coba pikirkan bahwa panggung tempat Anda berbicara adalah ibarat lantai pesta, Anda bebas berekspresi.  Inilah persamaan Pembicara Publik yakni Kemampuan Membebaskan Ekspresi mereka didepan umum.

3.  Layani Pendengar Anda.

Seorang Introvert adalah Pendengar yang baik dan selalu menyesuaikan dirinya kepada orang lain.  Inilah mengapa seorang Introvert pada saat berbicara (bukan mendengarkan) cenderung merasa tidak nyaman bahkan merasa tidak natural.  Akan tetapi perlu Anda pahami bahwa Pembicara Publik tidak hanya tentang Anda sendiri melainkan mengenai Audiens (Penonton).  Kewajiban Anda melayani dan mengurus mereka, bukan untuk dihakimi atau untuk menghibur.  Sebagai Pembicara Publik Anda adalah Seorang Guru, Pemberi Pencerahan.

Introvert bukan berarti Anda tertutup dan tidak mampu menjadi Pembicara yang Baik.  Dengan Kemampuan Anda mendengarkan orang lain, dan sedikit Latihan Ketrampilan akan menjadi Anda seorang Pembicara Publik yang Baik.  Seorang Introvert pun bisa menjadi Pembicara Publik.

ikhtisar.com

Leave a Reply