Sederhanakan Analisa Strategi Bisnis Anda, Gunakan Teknologi sebagai Alat Bantu

sederhanakan strategi analisis bisnis andaPertumbuhan ekonomi ditunjang salah satunya dengan kebutuhan masyarakat.  Semakin banyak keinginan customer terhadap sebuah produk dan servis, maka akan semakin menggeliat dunia bisnis dan ekonomi memenuhinya.  Melihat hal tersebut maka akan makin banyak pula analisa strategi bisnis yang dilakukan, baik terkait langsung dengan produk dan servis, maupun pemasaran dan penjualan.

Pertumbuhan ekonomi dan bisnis akhirnya membuat ketertarikan pelaku pasar makin tinggi terhadap analisis dan manfaatnya.  Sedemikian makin banyak analisis pasar atau produk yang ada, akan makin membuat kompleksitas dan kebingungan menghasilkan analisis.  Perusahaan Anda dapat terjebak mencoba untuk menganalisis semua kemungkinan dan semua yang bisa dilakukan melalui analisis, sementara Anda harus mengambil langkah berikutnya mencari tahu apa yang penting dan apa yang dilakukan untuk Pelanggan, StakeHolder, dan karyawan.  Menemukan peluang bisnis yang nyata dan mencapai hasil yang diinginkan menjadi sulit dipahami.

Menghadapi hal ini, perusahaan perlu membuat a simpler path sehingga dapat mengungkap intisari dari data yang dimiliki dan membuat nilai tambah (add value).  Dikutip dari hbr.org, tulisan dari Narendra Mulani, Accenture Analytics, berikut ini langkah-langkah dalam melakukan penyederhanaan strategi analisis bisnis Anda.

1.  Mempercepat Data : Fast Data = Fast Insight = Fast Outcomes

Semakin handal teknologi yang Anda miliki dalam menyediakan data, akan semakin cepat pula keputusan diambil.  Dengan semakin cepat eksekusi akan mempercepat pula peningkatan kualitas pelayanan organisasi Anda, internal atau eksternal. Teknologi harus mampu menunjang percepatan proses kepada customer, efisiensi biaya dan sumber daya, efektivitas kerja dan produktivitas.

2.  Delegasikan Tugas Anda pada Teknologi

Jika Anda sudah berinvestasi pada teknologi dalam pengelolaan data, maka manfaatkan mereka sebagai penunjang analisa strategi.  Gunakan teknologi mencari insight dari Bank Data sehingga Anda mampu membuat keputusan yang lebih strategis.

3.  Pahami bahwa setiap hal mempunyai keunikan

Bisnis, Teknologi, Tipe Data, Sumber Data dan lainnya akan selalu bergerak dan mengalami perubahan cepat.  Anda perlu paham bahwa setiap hal, seperti Pattern, Formula, Culture dan lainnya akan mengalami perubahan, cepat atau lambat.

Leave a Reply