Sebagus Apakah Tingkat Kepemimpinan Anda? Apa yang perlu Anda Perbaiki

sebaguskah apakah tingkat kepemimpinan andaApa yang akan Anda lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.  Tipe Pemimpin seperti apa yang Anda inginkan.  Apakah Anda akan menolak setiap permintaan tim, ataukah Anda akan memenuhi semua keinginan masing-masing individu.  Terlepas posisi Anda saat ini, apakah seorang profesional, politisi, businessman atau publik figur, kepemimpinan akan melekat dalam keseharian Anda.  Anda akan menjadi pemimpin ataupun Anda akan dipimpin.  Dan jika Anda mempunyai tanggungjawab sebagai pemimpin, apakah tingkat kepemimpinan Anda sudah baik dan dapat diterima banyak orang ataukah masih cukup banyak Improvement Area yang harus Anda lakukan.

Meski seseorang mempunyai tanggungjawab akan posisi kepemimpinannya, tidak serta merta menjadikan mereka sebagai Effective Leader (Pemimpin yang Efektif).  Bagaimanapun dengan sedikit usaha, maka sikap Rendah Hati (Humility) dan Kerja Keras (Hard Work) akan mengajarkan Anda menjadi pemimpin yang efektif.

Seberapa baguskah ketrampilan kepemimpinan Anda? Berikut ini beberapa area spesifik yang dapat Anda perbaiki untuk menjadi Pemimpin yang Efektif.

1.  Personal Characteristics (Karakter Pribadi)

Seorang pemimpin yang baik adalah pribadi dengan karakter dan sikap tertentu, dan menjadi kunci pengembangan diri serta keberhasilan dalam memimpin, yakni : Percaya Diri (Self Confidence) dan Sikap Positif (Positive Attitude).

#Percaya Diri

Percaya diri terbentuk karena ketrampilan dan situasi, dimana Anda paham dan mengerti nilai-nilai dari apa yang Anda kerjakan. Meningkatkan percaya diri adalah dengan selalu peduli terhadap pencapaian Anda, baik atau buruk. Sedemikian Anda akan mengetahui titik-titik keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialami.

#Sikap Positif

Positive Attitude menjadi paradigma yang paling kuat dalam kepemimpinan. Sebagai sosok yang dilihat banyak orang dan akan diikuti banyak orang, Anda tidak mungkin berlaku buruk dan bersikap negatif. Ucapan dan Tindakan Anda akan menjadi senjata kemenangan atau senjata makan tuan. Sikap positif tidak hanya bermuka manis, namun juga mampu menyeimbangkan kondisi dan situasi yang ada, mengatasi masalah-masalah dengan segala macam perbedaannya.

#Kecerdasan Emosional

Konsep dari kecerdasan emosi terkait dengan soft skills, character atau communication skills. Kecerdasan emosi lebih tepatnya adalah kemampuan Anda memahami individu lain, baik talenta dan kapasitas atau emosi mereka.

2.  Transformational Leadership (Kepemimpinan Transformasi)

Kepemimpinan Transformasional adalah gaya kepemimpinan di mana Anda sebagai pemimpin menciptakan visi yang menginspirasi masa depan, memotivasi orang-orang untuk mencapainya, mengelola implementasi dengan sukses, dan mengembangkan anggota tim menjadi lebih efektif di masa depan.

#Visi Masa Depan

Kemampuan Anda menciptakan visi yang kuat dan menarik untuk masa depan, dan mampu menyajikan dengan cara yang inspiratif bagi orang-orang yang Anda pimpin. Anda perlu memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bidang kerja yang dilakoni. Untuk menjual visi, Anda harus dapat menyusun sebuah cerita yang menarik sehingga membantu Anda membuka pikiran orang-orang yang tertutup.

#Motivasi Orang melihat Masa Depan

Sangat terkait dengan kemampuan Anda menjual ide atau visi masa depan. Anda perlu meyakinkan orang lain dengan visi misi agar mereka termotivasi melakukannya. Libatkan masing-masing orang dalam tim, dengan kapasitas mereka, meraih impian bersama.

#Role Model yang Baik

Sebagai pemimpin, Anda adalah role model, dan Anda harus Walk to Talk. Pemimpin yang baik memimpin dengan contoh, melakukan apa yang dikatakan, dan mengatakan apa dilakukan. Pemimpin harus dapat dipercaya, dan menunjukkan integritas. Anda terlibat dalam pekerjaan sehari-hari di mana diperlukan, dan tetap berhubungan dengan apa yang terjadi pada organisasi.

Sebagaimana membangun visi, bagian penting menjadi panutan yang baik adalah memimpin dari depan dengan mengembangkan daya ahli.  Seorang pemimpin tidak dapat mengandalkan posisi saja, Anda akan menginspirasi orang karena layak melakukannya.

#Mengelola Performa dengan Efektif

Pemimpin efektif mengelola kinerja dengan menetapkan harapan yang jelas dan ringkas. Ketika semua orang tahu apa yang Anda harapkan, hal itu akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan kinerja tinggi. Performa baik atau buruk harus dikelola dengan bijak, karena yang utama adalah orang-orang Anda. Pembinaan dan Dukungan dapat mengangkat performa buruk seseorang, dan semakin memperjelas kapasitas Anda sebagai pemimpin sejati bukan hanya seorang bos.

#Memberikan Dukungan dan Stimulus

Agar termotivasi di tempat kerja, orang membutuhkan lebih dari sekedar daftar tugas (to do list) yang harus diselesaikan setiap hari. Mereka membutuhkan tantangan dan pekerjaan yang menarik. Mereka perlu untuk mengembangkan keterampilan, dan merasa didukung dalam upaya mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

Leave a Reply