Saya adalah Boss, Kenapa harus Peduli Anda Menyukai?

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus mempedulikan orang menyukai Anda, sementara Anda adalah Pimpinan atau Boss sebuah Organisasi.  Banyak orang beranggapan dia dapat menjadi Pemimpin Efektif tanpa harus disukai orang lain.  Teknisnya adalah Mungkin Benar, namun Anda perlu memperhatikan Peluang yang ada dari sebuah Penelitian, bahwa hanya 1 dari 2000 orang secara Keseluruhan mampu dalam Hal Efektivitas Kepemimpinan.  Bagaimana Anda dapat meningkatkan Kesukaan (Likeability) pada Diri Anda, berikut kutipan dari Harvard Business Review.

1.  Tingkatkan Hubungan Emosional Positif dengan Orang Lain.

Emosi adalah Menular ibarat Virus Flu, sehingga pada saat Anda sebagai Pemimpin sedang Marah atau Frustasi, maka hal ini akan menyebar kepada orang lain.  Sebaliknya jika Anda Pemimpin yang Positif dan Optimis, maka Emosi tersebut juga menyebar pada orang lainnya.  Waspadalah dengan Emosi Anda dan Tebarkan Emosi Positif.

2.  Tampilkan Integritas yang Solid.

Kejujuran sudah menjadi Fundamental Sukses Karir Anda, baik Pribadi atau Kelompok. Integritas adalah Perilaku yang harus dijaga dan diperkuat.  Orang akan Percaya kepada Anda yang menjaga komitmen dan janji. Orang akan menyukai Pemimpin yang Dipercaya dan Tidak Suka dengan Pemimpin yang Tidak Terpercaya.  Jagalah Integritas Anda sebagai Pemimpin.

3.  Bekerjasama dengan Orang Lain.

Beberapa Pemimpin percaya bahwa mereka satu dan lainnya saling Berkompetisi dalam Organisasi.  Namun Sasaran dan Tujuan Organisasi adalah Menyatukan seluruh Karyawan dan Bekerja Sama mencapai Tujuan yang sama.

4.  Jadilah Pelatih, Mentor, dan Guru.

Kebanyakan orang memiliki Kenangan Tersendiri pada saat mendapatkan Pelatihan dan Mentoring.  Membantu orang lain adalah sebuah Karunia yang tidak terlupakan.  Anda perlu mencoba membantu orang lain Mengembangkan dan Belajar Ketrampilan Baru.

5.  Jadilah Inspirasi.

Pemimpin tentu tahu betul cara mengemudikan kendaraannya.  Pemimpin menginginkan Kesempurnaan dalam Organisasinya, Pemimpin Bersikeras setiap Individu mencapai Target.  Sebagai Pemimpin Efektif Anda akan menjadi Pendorong Semangat, menyingsingkan Lengan Baju ketika diperlukan di Lapangan, Berkomunikasi Kuat dan menjadi Inspirasi bagi setiap anggota Timnya.  Inspirasi Anda akan membuat Anda menjadi Pemimpin yang Disukai.

6.  Jadilah Visioner dan Fokus Masa Depan.

Pandangan Jauh kedepan, Mengedepankan Kepentingan Organisasi, dan selalu memahami Kendala karyawan mereka, sehingga tidak terjadi Frustasi dan Ketidakpuasan dalam Tim.  Berbagi Visi Masa Depan dan Menggiring setiap Individu memahami Tujuan yang diyakini.  Sungguh tidak mudah menjadi Pemimpin yang Kehilangan Arah di Padang Gurun.

7.  Mintalah Umpan Balik dan Usaha untuk Berubah.

Kebanyakan orang menilai diri mereka lebih disukai daripada Atasan, Boss dan Rekan Kerjanya.  Kesenjangan ini perlu disikapi dengan Umpan Balik (feed back).  Umpan Balik dari orang lain sangat membantu Anda memahami Dampak Positif dan Negatif dari apa yang dimiliki orang lain.

ikhtisar.com

Leave a Reply